After Sales Service Terbaik karena Fokus

Sebuah wawancara dari majalah bisnis lokal bertanya :
Selama ini Layanan After Sales Service CV Carmel Hill Machinery dikenal cukup baik.Para teknisi mesin Carmel juga memiliki skill diatas rata-rata teknisi pada umumnya.

Kira-kira apa nihh tips-nya bisa membangun layanan purna jual yang boleh dikatakan mendekati sempurna ??

— “Kami fokus di mesin-mesin tertentu saja.Secara garis besar, hanya ada 5 jenis mesin yang kami jual.
Karena fokus dan terspesialisasi inilah, kami di-mampukan untuk membangun layanan after sales service yang baik.
Seandainya kami tidak fokus.Mesin proses makanan dijual, mesin pertanian dijual, mesin kemasan dijual, alat dapur dijual, dan masih banyak lagi …. tentu akan sulit juga bagi kami untuk bisa membangun layanan after sales yang baik.” —

Itulah jawaban singkat yang kami berikan dalam sebuah wawancara kecil tersebut.

mesin filling filing otomatis

Sangat sulit bagi sebuah perusahaan yang tidak fokus pada bidang tertentu untuk membangun Layanan After Sales Service yang baik.
Bayangkan saja ada sebuah perusahaan perdagangan mesin yang menjual Aneka Warna-Warni
Alat pertanian, mesin kemasan, mesin roti, alat dapur, mesin teknologi tepat guna, mesin pemroses makanan …. Semua Dijual.Dan teknisinya hanya ada 5 orang
Bagaimana 5 orang teknisi ini akan mampu mengatasi dan menjadi ahli di bidang yang begitu banyak ??

Kunci dari Layanan After Sales Service yang baik di sebuah perusahaan penjualan mesin seperti kami adalah FOKUS …. fokus dan fokus.
Kuasai bidang yang dijual, dan juallah Hanya apa yang Anda kuasai … inilah artinya fokus
Dan karena menguasai luar dalam, akhirnya Layanan after service yang memang bentuknya adalah layanan teknis bisa diberikan secara maksimal.

Sebuah perusahaan elektronik yang hanya fokus membuat AC tentu akan memiliki kemampuan berbeda dalam layanan after sales service dengan perusahaan elektronik yang membuat AC, televisi, kulkas, mixer roti, oven, dll.
Yang tidak fokus, akhirnya hanya mampu menjual, tetapi kurang mampu dalam perbaikan/after sales service maupun pengadaan spare partnya.