Apa itu After Sales Service dan Bagaimana Melakukannya ?

report online 4

Hampir setiap calon pembeli yang baru dalam tahap awal menanyakan tentang mesin sambil mencari pembanding ke kiri dan ke kanan selalu menanyakan ‘Bagaimana Garansinya ?’ atau ‘Apa ada after sales servicenya ?’ dan seputar pertanyaan sejenis.
Dan karena ini adalah pertanyaan yang biasa-biasa saja, semua pedagang mesin atau alat elektronik dengan mudah menjawabnya.Karena dalam satu hari bisa mendapat pertanyaan yang sama hingga 10-15 kali.

Tentu yang keluar adalah jawaban-jawaban hafalan seperti :
1. Ada pak, 3 tahun service
2. Tenang saja, after sales service tersedia di berbagai kota di Indonesia
3. Ohh, after sales service ada
Dan tentu masih banyak lagi model jawaban hafalan lainnya

Namun pertanyaannya, ketika barang sudah dibeli …. benarkah apa yang dikatakan oleh penjual akan diberikan ?

Di industri mesin pabrik ada sebuah fenomena yang sudah lazim …. Perintah Boss kepada tenaga penjual begini “Jawab yang bagus-bagus dulu saja … ntar masalah lain dipikir belakangan”

Punya pengalaman kena model pedagang mesin yang seperti ini ???? Saya yakin yang tidak memilih Mesin merek Carmel atau Mesin77 pasti pernah kena …. hehehehe ….

Mengapa terjadi demikian ?? Apakah pedagang berniat menipu ??
Tidak, mereka tidak mengatakan bahwa ini sebuah penipuan.Ini sebuah trik selling penjualan yang Luar Biasa.Yang pernah diajarkan di seminar-seminar dimana penjual pernah mengikuti.Trik Penjualan tidak bisa diprotes.
Perusahaan besar sekalipun menggunakan banyak sekali Trik seperti ini.
Justru mereka adalah penjual yang hebat …. buktinya Anda kena ….. hehehe …. (Hayooo !!! siapa berani bilang tidak hebat ?? Kalau tidak hebat, lahh anda koq kena ?? )

Setiap tahun ada ratusan kisah rentetan korban seperti ini.Puluhan diantaranya membeli mesin lagi dari kami.

Pelaksanaan Garansi (pemberian Garansi) kepada pembeli tidak semudah ketika berbicara.Dimana ketika berbicara, kita hanya diminta membuka mulut dan mengeluarkan kalimat-kalimat lobi fantastis untuk mempengaruhi calon pembeli.
Tetapi ketika Garansi harus diberikan … dibutuhkan Skill khusus dan memadai untuk melakukannya.

Penjual mau service mesin tapi tidak punya teknisi yang mampu ???? Mana Bisaaa ???

Mesin terdiri dari 3 rangkaian komponen di dalamnya.Komponen Mekanik, komponen listrik, dan komponen elektronika.
Skill di ketiga bidang ini sangat dibutuhkan untuk memberikan Garansi
Tidak cukup hanya punya mulut saja

Bila ditambah kemampuan di bidang Program Mesin seperti teknisi mesin Carmel akan jauh lebih MAMPU lagi dalam memberikan Garansi.
Kalau toh tidak mampu, bisa sewa Programmer Freelance.Pembeli bisa diminta membayar jasa programmer tersebut.Tentu tidak bisa Gratisan seperti mesin Carmel, yang memang tenaga Programmernya teknisi internal.