AUTOMATIC VERTICAL FILLING & SEALING MACHINE – Mesin Pengisi dan Pembungkus Otomatis

AUTOMATIC VERTICAL FILLING & SEALING MACHINE – Mesin Pengisi dan Pembungkus Otomatis 

Mesin pengisian otomatis

Mesin sejuta umat … demikian mesin Automatic Vertical Filling and Sealing Machine ini sering disebut.

Penggunaannya yang luas, dan hampir bisa digunakan di semua pabrik … tinggal menyesuaikan dengan produknya apa dan isi per kemasannya seberapa banyak saja.

Fungsinya untuk mengisi sekaligus membungkus produk ke dalam kemasan.Jenis kemasan yang bisa digunakan pun sangat bervariasai menyesuaikan kebutuhan.

Namun di balik banyaknya pengguna mesin pengisi dan pembungkus otomatis model vertical ini, ternyata banyak kisah pilu di balik penggunaannya.

Penyebabnya tak lain dan tak bukan adalah memaksakan yang tidak mungkin dan tidak  bisa menjadi bisa.

Apa maksudnya ? 

Sejak tahun 2002 saya bekerja sebagai supplier mesin-mesin industri dan salah satunya adalah mesin jenis vertical filling and sealing ini, banyak calon pembeli yang ditanya tentang produknya apa dan isi kemasannya berapa banyak, namun merasa bahwa saya ini cerewet.

Mau beli mesin koq pakai banyak ditanya.Mereka berpikir bahwa seharusnya sebagai penjual, saya dituntut untuk bisa menjelaskan produk saya.

Yahh, pemikiran inilah yang membawa banyak korban dan kisah horor.

Mau gampang dan mudah untuk sebuah jenis mesin yang penggunaannya harus benar-benar disesuaikan dengan produk yang akan dikemas.
Dianggap gampang dan asal jalan, lalu setelah sekian minggu atau sekian bulan mesin digunakan, mulai menampakkan gejala-gejala kerusakan.

Sebenarnya bukan rusak, namun ini adalah kondisi dimana mesin tidak digunakan sebagaimana mestinya.Mesin untuk kopi dipakai untuk tepung, mesin yang semestinya untuk gula dipakai untuk kripik, dst.

Cerita ini sudah pernah ditulis sebelumnya, dan sudah menimbulkan omelan beberapa kompetitor CV Carmel Hill Machinery.Saya dikatakan membuka aib.

Namun semuanya memang kembali pada pilihan masing-masing pembeli.Setiap pilihan akan membawa konsekuensi masing-masing.

Oleh karena itu, pada artikel kali ini, saya hanya ingin membuat penegasan ulang bahwa Automatic Vertical Filling and Sealing Machine atau mesin pengisi dan pembungkus otomatis ini HARUS disesuaikan dengan jenis produk dan jumlah isi kemasan.Ini benar-benar serius dan penting.Pikirkan sebelum membuang uang percuma.

Mesin sejuta umat yang satu ini tidak bisa digunakan secara fleksibel untuk banyak produk dan banyak ukuran sekaligus. Umumnya satu mesin hanya untuk beberapa produk yang testurnya menyerupai dan ukuran kemasannya dalam selisih yang tidak terlalu jauh.

Keinginan untuk mendapatkan mesin vertical filling dengan kemampuan untuk berbagai produk inilah yang sering menjadi sumber bencana.
Kami biasanya membahasakan bahwa kalau pas ketemu dengan pedagang mesin yang asal laku, klop.Pembelinya punya keinginan satu mesin bisa untuk semua, penjual mesinnya menyanggupi.Klop … maka terjadilah penipuan tingkat tinggi yang pada akhirnya berakhir dengan sebuah kisah horor mesin tidak lagi bisa digunakan setelah membeli.

Hampir semua mesin pengisian model otomatis, baik yang digunakan oleh industri kecil maupun industri besar, baik mesin yang dibuat di China maupun yang dibuat di Jerman atau Jepang ….. TIDAK BISA SATU UNTUK SEMUA.Umumnya satu mesin hanya untuk satu atau dua jenis produk saja.

Yang membedakan adalah sistem pengisiannya.Seperti untuk powder halus, menggunakan model pengisian auger.Granule menggunakan model pengisian volumetrik.Cairan menggunakan pompa.Semi pasta menggunakan piston filler.Mixing 2 produk sekaligus menggunakan 2 hopper.Dst.

Yang membedakan lainnya adalah ukuran panjang sealer pada mesin dan model sealer.Untuk kantong besar, panjang sealer akan lebih panjang daripada kantong kecil.Bentuk sealer yang tidak bisa dirubah-rubah sewaktu-waktu pada mesin seperti : 3 side seal, 4 side seal, back seal,dll.

Hal lainnya lagi adalah gramatur pengisian.Cara mesin menakar isi produk sebelum masuk ke kemasan. Ada yang menggunakan timbang, ada yang menggunakan takaran, ada juga yang menggunakan jumlah putaran ulir.

TIDAK BISA SATU MESIN MAU DIPAKAI UNTUK SEMUA.Keinginan untuk menggunakan mesin pengisian dan pembungkus otomatis yang satu untuk semua inilah awal dari semua kisah horor di kemudian hari ketika mendapatkan klaim pembeli, produk rusah sebelum waktu expirednya, jumlah takaran isi yang tidak stabil, bentuk sealer yang tidak sesuai penggunaannya.Mengerikan sekali bagi sebuah usaha yang sudah berjuang untuk hidup dan produknya laku di pasaran, tiba-tiba hanya karena salah pilih mesin lalu produksi terhambat.
Beberapa kasus bahkan lebih fatal.Beberapa perusahaan minuman yang mencampur rasa menjadi kacau rasanya dan tidak stabil karena memaksakan mesin dengan 1 hopper untuk mencampur kopi, susu, dan kremer.Satu kemasan kebanyakan kremer, satu kemasan lainnya rasa kopinya lebih pahit karena kebanyakan kopi.Ini kasus yang sering juga terjadi yang pernah dikeluhkan kepada kami dari kesalahan pembelian mesin.

 

BEBERAPA GAMBARAN DIBAWAH INI MEMBERIKAN INFORMASI VISUAL UNTUK MENGENAL LEBIH DETAIL LAGI TENTANG MESIN PENGISI DAN PEMBUNGKUS OTOMATIS MODEL VERTICAL 

automatic vertical filling sealing
AUTOMATIC VERTICAL FILLING & SEALING MACHINE – Mesin Pengisi dan Pembungkus Otomatis untuk Cairan dan Semi Pasta seperti sabun cair, shampo, saos, kecap, dll produk dengan tekstur sejenis.

 

mesin pengisi dan pembungkus otomatis

AUTOMATIC VERTICAL FILLING & SEALING MACHINE – Mesin Pengisi dan Pembungkus Otomatis untuk Mixing 2 produk butiran dan serbuk.Mesin pada foto adalah milik customer yang membeli untuk produk kacang bumbu.Kacang dan bumbu ditakar masing-masing. 

 

mesin kemasan tepung otomatis

AUTOMATIC VERTICAL FILLING & SEALING MACHINE – Mesin Pengisi dan Pembungkus Otomatis untuk produk dalam bentuk serbuk yang halus dan berdebu seperti tepung, flavor powder, minuman serbuk, gula halus, lada serbuk, dll produk dengan tekstur sejenis. 


mesin pembungkus otomatis

AUTOMATIC VERTICAL FILLING & SEALING MACHINE – Mesin Pengisi dan Pembungkus Otomatis untuk produk dalam bentuk serbuk yang halus dan berdebu seperti tepung, flavor powder, minuman serbuk, gula halus, lada serbuk, dll produk dengan tekstur sejenis.Perbedaan dengan mesin sebelumnya diatas adalah Mesin ini untuk kemasan sachet sekali pakai (sachet kecil) 

 

automatic vertical packaging

AUTOMATIC VERTICAL FILLING & SEALING MACHINE – Mesin Pengisi dan Pembungkus Otomatis untuk campuran produk minyak dan granule sekaligus.Pada hopper minyak dilengkapi mixer, sehingga bisa digunakan juga untuk produk minyak dengan sedikit serbuk/rempah di dalamnya. Di beberapa kasus lainnya, mesin ini digunakan juga untuk mencampur gula cair dengan camilan kering, sehingga di dalam kemasan camilan kering dilumuri oleh gula cair. 

 

mesin teh celup

AUTOMATIC VERTICAL FILLING & SEALING MACHINE – Mesin Pengisi dan Pembungkus Otomatis untuk Teh Celup, kopi celup, dll produk sejenis. 

 

mesin pengemas kemasan kopi

AUTOMATIC VERTICAL FILLING & SEALING MACHINE – Mesin Pengisi dan Pembungkus Otomatis untuk produk granule dan powder kasar seperti gula, kopi, beras, kacang-kacangan, benih tanaman, dll produk sejenis. 

 

Dan masih banyak lain model dan type dari Mesin Pengisi dan Pembungkus Otomatis ini.
Mesin yang berjalan dengan Baik dan Lancar, akan sangat membantu dalam pengembangan usaha.Tetapi kesalahan pembelian mesin, akan merusak usaha.

Pembelian mesin jenis ini tidak bisa instan.

Konsultasikan dengan kami melalui call/chat WA di : 081252160260 

atau melalui email ke : carmelhill77@gmail.com