Beli Mesin Bagus terbentur budget ? Tenang, tidak semua yang Bagus itu Mahal

Mesin Bagus Tidak Selalu Mahal

industrial automation

Ini tentu menjadi sebuah berita baik khususnya bagi industri kecil dan menengah.

Mengapa bukan industri besar ? Umumnya industri besar bekerja dalam team.Dari pengalaman lebih dari 15 tahun menjadi partner bagi industri besar, kami mendapati bahwa keputusan pembelian mesin adalah keputusan bersama dari beberapa bagian.

Biasanya bagian purchasing (pembelian), bagian produksi, dan bagian teknik maintenance.Yang semuanya punya prinsip “takut salah beli” dan “pilih aman saja” 

Sehingga jarang sekali industri besar justru mencari mesin yang murah.Bahkan ketika ditawarkan yang murah, seringkali malah takut membelinya. 

Inilah yang kami pelajari dari pengalaman waktu ke waktu tentang perbedaan industri kecil dan mennengah dan industri besar dalam pembelian mesin.

Oleh karena itu, mesin murah dan berkualitas tentu menjadi sebuah kabar baik bagi pelaku industri kecil dan industri menengah.

Sekalipun tulisan ini tidak dimaksudkan untuk mengatakan mesin murah dan berkualitas.Karena umumnya murah dan kualitas adalah sebuah lawan kata.

Sehingga judulnya kami buat “Mesin Bagus tidak selalu Mahal” 
Memiliki arti bahwa mesin bagus namun masih dengan harga yang terjangkau 

mesin bagus berkualitas

Anda tidak mungkin mendapatkan mesin murah tetapi berkualitas.Tetapi masih memungkinkan mendapatkan mesin bagus dan tidak mahal (baca ‘harga terjangkau’) 

Kita langsung saja menuju inti dari pembicaraan 

Ada banyak jenis mesin yang bisa kita kategorikan sebagai mesin bagus.Salah satunya adalah mesin yang layak pakai.

Layak untuk digunakan berarti mesin tersebut bisa digunakan sesuai harapan dan fungsinya.Anda membeli mesin untuk produk kopi kemasan sachet dengan berat 25 gr per kemasan, maka mesin bisa digunakan untuk mengemas kopi sachet dengan range gramatur tiap sachet adalah 24-26 gram.

Namun bisa mesin tersebut bisa digunakan untuk kemasan kopi sachet, dan anda harapkan berat per kemasan adalah 25 gram tetapi hasil yang diperoleh adalah 22-23 gram atau bahkan 27-28 gram, maka mesin tersebut kami sebut sebagai mesin yang tidak layak pakai atau tidak bagus.

Ambil contoh lain misalnya mesin continuous sealer, yaitu mesin sealer sejuta umat yang menjadi primadona industri menengah.
Anda menggunakan plastik PP, dan penjual mesin mengatakan bahwa mesin bisa digunakan untuk plastik PP.

Ketika anda gunakan, hasil sealernya selalu putih dan jelek.Plastiknya tetap menutup sempurna, namun putih dan jelek.Ini juga bisa dikategorikan bahwa mesin tersebut Tidak Bagus atau Tidak Layak Pakai. 

Namun dengan harga yang sama atau sedikit lebih mahal, dan biasanya tidak terpaut banyak, dengan mengeluarkan jumlah uang yang hampir sama semestinya Anda bisa mendapatkan mesin yang lebih bagus.

Mesin dengan hasil sealer yang tidak putih dan jelek.Mesin sachet yang gramatur timbangnya lebih akurat.Mesin yang presisinya lebih tinggi.

Harga sama, hampir sama, atau sedikit saja lebih mahal.Namun Anda bisa mendapatkan yang lebih baik. 

Bagaimana caranya ?? 
Paling gampang dan mendekati realitas adalah melihat penjualnya.

Di perdagangan mesin industri yang fokus di bidang tertentu, umumnya lebih menguasai terhadap apa yang dijualnya.

Kemungkinan adanya masalah pada mesin ketika digunakan nantinya, sudah diatasi jauh hari sebelum anda pakai.Penjual tersebut mengerti apa yang harus dilakukan agar mesin nantinya tidak ada masalah pada akurasi, hasil sealer, dll.

Yang kedua perlu diketahui bahwa mesin adalah sebuah barang teknik.
Mencari penjual yang paham teknik, jauh lebih baik dan akan menjamin penggunaan mesin nantinya.

Bahkan beberapa industri besar seringkali melakukan cek sebelum membeli.Dan hebatnya yang di cek adalah owner perusahaan perdagangan mesinnya.

Mereka memahami bahwa ketika ownernya adalah seorang technical, hampir bisa dipastikan bahwa perdagangan mesin tersebut secara technical support bagus.Termasuk dalam hal membuat mesin yang tidak layak pakai menjadi mesin yang layak pakai. 

Ada sebuah quotes dari seorang pakar manajemen nasional yang mengatakan “Roh perusahaan dijiwai oleh Pendirinya” 

Kalau pendirinya orang teknik, perdagangan mesin tentunya dijiwai oleh roh teknik yang mendarah daging.

Ini adalah prinsip yang sudah umum di dalam sebuah manajemen.Dan cara industri besar dalam proses pembelian mesin ini juga bisa menjadi contoh bagi industri skala lainnya untuk mendapatkan apa yang terbaik bagi usahanya. 

Semoga !!!