Jangan Abaikan Faktor Teknis dalam Membeli Mesin Industri !! Tidak Ada Mesin yang Tidak Bisa Rusak

Siapa Bilang Mesin Awet itu Tidak Bisa Rusak ?

Seorang calon pembeli suatu hari berkunjung ke workshop Mesin 77 di Malang – Jawa Timur.Tidak jauh berbeda dengan beberapa yang umumnya memang menanyakan sebuah pertanyaan yang sama persis : Mesinnya pasti awet ya ?

“Betul Pak, mesinnya awet.Kami menggunakan komponen-komponen yang terbaik di dalam mesin.Kami juga menyediakan tenaga teknisi internal yang sudah terlatih.Tetapi saya boleh kali ini bicara sejujur-jujurnya ke Bapak ? Tidak ada mesin awet yang tidak bisa rusak”

Ada saatnya semua mesin pasti akan rusak.

Mesin buatan Toyota, Ford, Yamaha, dll merek teknologi kelas dunia juga bisa rusak.Kalau tidak bisa rusak, mereka tidak akan menyediakan bengkel.

HP merek terkenal seperti Samsung, Nokia, Alcatel, dll …. siapa yang berani bilang tidak bisa rusak.
Awet ??? Iya ….. Awet bukan berarti tidak bisa rusak.

Oleh karena itu … yuk, kita baca bersama-sama kalimat satu ini : 

Jangan Abaikan Faktor Teknis ketika Membeli Mesin Industri 

Pastikan juga membeli mesin dari supplier yang terpercaya.Yang memiliki skill untuk mendampingi Anda dalam jangka panjang.
Ingat !!! Mesin pasti ada saatnya akan butuh perbaikan, tidak ada mesin yang tidak bisa rusak. 

teknisi mesin 77


Bayangkan jika mesin rusak ketika ada kontrak komitmen dengan pembeli Anda, apa yang bisa dikerjakan penjual untuk membantu Anda ?? 
Tidak banyak penjual yang memiliki skill secara menyeluruh.

Umumnya teknisi mesin industri memiliki skill yang baik di bidang mekanikal, namun lemah di bidang kelistrikan.Ada yang kuat di kelistrikan, namun lemah di bidang program.

Mesin terdiri dari 3 sampai 4 bagian penting : 
Mesin manual dan semi otomatis – bagian mekanik, bagian kelistrikan, dan bagian elektronika.
Mesin Otomatis dan Full Otomatis : bagian mekanik, bagian kelistrikan, bagian elektronika, dan bagian program 

Jika sebuah perusahaan perdagangan mesin hanya memiliki teknisi di salah satu bagian, jangan terlalu berharap akan layanan after sales service yang memadai di kemudian hari.

Jika sebuah perusahaan perdagangan mesin memiliki semua teknisi yang punya keahlian, namun satu teknisi hanya satu bagian saja.Anda dipastikan akan mendatangkan 3-4 orang teknisi apabila permasalahan mesin tidak jelas.

Namun jika perusahaan perdagangan mesin memiliki teknisi yang setiap orang memiliki setidaknya 3 bagian, cukup satu orang teknisi yang akan menyesaikan permasalahan Anda.Biaya murah, karena hanya datangkan satu orang teknisi untuk semua permasalahan mesin. 

Tenaga teknisi CV Carmel Hill Machinery bekerja dalam sebuah team yang dipantau langsung oleh Owner.Owner CV Carmel Hill Machinery kebetulan juga seorang teknisi yang juga seorang praktisi di bidang elektronika industri dan pemograman mesin.

Dalam tugasnya di lapangan, para teknisi dibekali oleh dukungan manajemen yang memantau setiap perkembangan perbaikan yang dilakukan.

Proses pembelajaran para teknisi dibekali dengan peralatan yang lengkap dan dimentori langsung oleh owner. 
Karena owner juga seorang teknisi yang memiliki basis pendidikan di bidang elektronika dan program mesin, para teknisi sejak awal bekerja telah mendapatkan modal skill yang kuat. 

Ada seorang pakar manajemen yang pernah mengatakan bahwa Roh sebuah perusahaan ada pada pendirinya.

Di CV Carmel Hill Machinery, pendiri memberikan Roh sebagai seorang teknisi.Oleh karena itu, setiap teknisi memang dituntut menguasai minimal 3 bagian mesin.

Dengan cara inilah, dukungan teknis CV Carmel Hill Machinery diberikan kepada Customer / Pengguna Mesin. 

Ada saatnya mesin yang Anda beli memang bisa rusak.Karena tidak ada mesin yang tidak bisa rusak.
Namun banyak hal yang bisa kami lakukan untuk memulihkan kerusakan mesin Anda. 

Kami memiliki skill dan keahlian untuk itu.

Belum lagi didukung oleh mesin yang dari awal memang didesain dengan 100% komponen-komponen yang umum ada di pasaran.Ini menambah kecepatan kami dalam proses perbaikan mesin. 

Pernah sesekali memang teknisi kami menemukan komponen yang sulit ditemukan di daerah tertentu.Kebetulan mesin digunakan di tempat yang jauh dari kota.Jarak ke kota terdekat harus ditempuh dalam waktu 8 jam perjalanan darat dengan medan yang sulit.
Dalam kondisi seperti ini, teknisi kami dituntut oleh manajemen untuk menjadi seorang McGyver (pernah nonton filmnya ?? ….. ) 

Seorang McGyver bahkan dengan seutas tali bisa menghidupkan mesin mobil yang mogok.
Tenang … itu cuma ada di film.Teknisi kami tidak melakukan itu.Hal seperti ini perbaikan yang sifatnya sementara, tidak bisa jangka panjang. 

Teknisi kami akan memodifikasi wiring kelistrikan atau menggunakan bahan yang tersedia di lokasi.Dan mengajarkan kepada operator untuk di kemudian hari kalau pas ke kota untuk membeli komponennya dan memberikan informasi detail jenis komponen yang harus dibeli dan cara pemasangannya. Kecuali bila bahan yang tersedia dianggap layak untuk digunakan, penggantian tidak perlu dilakukan. 

Jadi apa kesimpulannya ??
Yahh betul ….. Jangan Abaikan Faktor Teknis dalam Membeli Mesin Industri !