Jurus Jitu Kejar Target Penjualan

Dalam teknik menjual, banyak sales melakukan kesalahan-kesalahan mendasar dalam menjual barang atau produk dagangannya dan tanpa sadar telah melakukan kesalahan yang mengakibatkan tidak terpenuhinya target seperti yang ia harapkan, susahnya mendapatkan konsumen baru, serta turunnya kepercayaan pelanggan. Padahal jika saja penjual atau sales mau berusaha dan belajar, kesalahan-kesalahan tersebut tidak mungkin terjadi sehingga target yang diharapkan dapat tercapai sesuai keinginan perusahaan.

Beberapa jurus jitu mendasar agar target bisa tercapai :

  1. Kenali dan pahami produk yang dijual. Cari tau dan kuasai mengenai pengetahuan apa saja tentang produk yang dijual. Dengan begitu, penguasaan pengetahuan mengenai produk bisa memperlancar dalam menjelaskan detail setiap produk yang akan dijual kepada calon pembeli baru ataupun pelanggan. Pertanyaan sulit ataupun sederhana mengenai produk yang akan ditanyakan oleh calon pembeli akan dengan mudah terjawab jika kita memahami betul produk yang dijual, sehingga pembeli lebih mudah percaya, tidak ragu, dan yakin dengan produk tersebut.
  2. Persiapkan segala sesuatu dengan sebaik-baiknya untuk menyambut calon pembeli. Persiapan yang baik dan matang dari seorang penjual akan mempengaruhi tingkat ketertarikan pembeli juga. Kesiapan itu diantarnya adalah : brosur, produk untuk demo, alat peraga, alat pendukung produk tersebut, bahkan jika perlu testimoni dari pelanggan-pelanggan yang sudah ada akan lebih membuat calon pembeli tertarik produk tersebut. Tidak lupa juga persiapkan waktu yang baik, buat janji dengan calon pembeli, berusaha disiplin dan tepat waktu itu juga jurus penting dalam menarik simpati pembeli.
  3. Jangan terlalu banyak berbicara, tetapi perbanyak mendengar keluhan dan kebutuhan pembeli. Berusaha mengerti kemauan dan keinginan pembeli maunya seperti apa, termasuk soal diskon atau potongan harga dan tambahan hadiah juga tidak boleh dilupakan. Pembeli akan sangat menyukai jika produk yang dijual diberi embel-embel diskon ataupun hadiah.
  4. Peduli dengan pembeli adalah sesuatu yang penting juga. Sayangnya kadang seorang penjual melupakan hal itu karena yang difikirkan hanya kejar target. Setelah produknya terjual, banyak penjual yang tidak peduli lagi dengan pembeli, apakah pembeli merasa puas, ataukah pembeli membutuhkan after sales dari produk yang ia beli. Penjual harus benar-benar peduli, peka, dan tulus kepada pembeli karena ini salah satu kunci agar tetap dipercaya pelanggan. Produk yang dijual tetap jadi langganan, serta pelanggan akan merekomendasikan ke orang lain untuk menggunakan produk kita. Ini salah satu bonus keuntungan bagi para penjual karena kita tidak perlu mengeluarkan budget yang mahal untuk pasang iklan.

Nah, itu tadi sedikit mengenai jurus mendasar mengejar target penjualan. Jika penjual atau sales perusahaan menerapkan hal ini, kemungkinan besar tingkat penjualan akan meningkat dan target penjualan akan terpenuhi sesuai keinginan.

Selamat berbisnis!