Lebih Murah Mana ? Mesin Label Manual atau Otomatis ?

MESIN LABEL MANUAL ATAU MESIN LABEL OTOMATIS ?

Ada rencana mau membeli Mesin Label Stiker ? Lebih murah mana antara Mesin Label Manual atau Otomatis ?

Anda bandingkan harga ? Atau yang penting bisa pasang label pakai mesin ? Kalau itu dasar pertimbangan dalam rencana membeli mesin, maka cukup pakai yang manual saja.

Dengan mesin manual, Anda bisa memasang label dengan baik.

Tetapi tidak dapat memasang label dengan cepat.

Mesin label stiker manual bekerja dengan cara menempatkan botol dan mengambil botol secara manual.Botol yang hendak diberi label ditempatkan di mesin secara manual, lalu selesai label terpasang botol diambil.Bila dihitung waktu, 1 kali proses botol ini setidaknya membutuhkan waktu sekitar 3 detik.Bahkan lebih kalau operator suka kerja santai.

Pada mesin otomatis, botol diletakkan di conveyor mesin dan proses pemasangan label akan dikerjakan oleh mesin.Cara menempatkan botol dilakukan secara continue sehingg tidak perlu dipikirkan tentang jarak antar botol dll.Hanya letakkan saja dan prosesnya akan diatur sendiri oleh mesin.
Untuk proses label per botol memerlukan waktu sekitar 1 detik saja.Dan hampir tidak ada ketergantungan dengan operator.Operator malas ataupun rajin, mesin tetap jalan terus.

Sekarang kita hitung perbandingan sebenarnya antara mesin label manual dan mesin label otomatis

Kita gunakan angka 1 detik dan 3 detik (kalau tidak lebih dari 3 detik).Perbandingannya tentu adalah 1 banding 3.
Jadi ketika mesin label otomatis mengerjakan 3 botol, dalam waktu bersamaan mesin label mengerjakan 1 botol.

Sekali lagi, ini dengan catatan operator mesin manual bekerja cepat.Sebagai pembeli, kita tentu mengambil sampel terburuk, setuju ? Kita anggap 5 detik per botol.
Sekalipun 5 detik ini masih dalam kategori operator bekerja dengan kecepatan normal, bukan malas.Tapi sekaligus untuk memudahkan simulasi perhitungan untuk membandingkan kecepatan mesin label manual dan mesin label otomatis.

Artinya dalam kondisi yang agak buruk sedikit, ketika mesin label otomatis mengerjakan 5 botol … mesin label manual mengerjakan 1 botol.

Lalu bagaimana dengan perbandingan harga mesin label manual dan otomatis ?

3 kali lipat.Yahhhh … harga mesin label botol otomatis 3 kali lebih mahal daripada mesin label manual.

Sama-sama memiliki operator yang normal dan tidak cepat.Harga 3 kali lipat namun kecepatan 5 kali lipat.

Bagi yang menginginkan kerja cepat, nyaman, stabil, mudah …. apakah masih ingin menjadikan harga sebagai satu-satunya pertimbangan ?

Kenyataannya, sebagian besar penguna mesin label yang benar-benar berhitung masalah efisiensi biaya akhirnya lebih memilih menggunakan mesin label otomatis daripada mesin label manual

Terutama apabila diperkirakan dalam waktu kurang dari 2 tahun jumlah produksi akan meningkat.Daripada beli mesin label manusl, lalu karena ada peningkatan produksi nantinya harus beli lagi yang otomatis.Kenapa gak sekalian beli yang otomatis dari awal.
Tidak buang-buang uang. 

Tinggal Anda sebagai pembeli.Pertimbangan jangka pendek ataukah pertimbangan jangka panjang yang menjadi prioritas ?