Macam macam Inverter Berdasarkan Gelombang yang Dihasilkan

Hasil gambar untuk ac drive

Nah kali ini kita bahas lagi mengenai inverter ya Sahabat, agar pemahaman kita bertambah mengenai inverter dan agar tidak terjadi kesalahan yang sama yang pernah tim divisi teknik saya lakukan. Yuk kita tambah dan kupas lebih detail mengenai inverter. Karena bagaimanapun inverter sangat banyak diaplikasikan pada banyak alat kerja. Nah sesuai judul diatas, berdasarkan gelombang keluaran yang dihasilkan, inverter dapat dibagi menjadi 3 macam yaitu square wave, modified sine wave, dan pure sine wave.

  1. Square Wave I

    Hasil gambar untuk square wave signal

inverter ini adalah yang paling sederhana. Walaupu inverter jenis ini dapat menghasilkan tegangan 220 VAC, 50 Hz namun kualitasnya sangat buruk. Sehingga dapat digunakan pada beberapa alat listrik saja. Hal ini disebabkan karena karakteristik output inverter ini adalah memiliki level ‘’total harmonic distortion’’ yang tinggi. Mungkin karena alas an itu inverter ini disebut ‘’dirty power supply’’.

  1. Modified Sine

    Hasil gambar untuk modified sign signal

Wave Modified Sine Wave disebut juga ‘’Modified Square Wave’’ atau ‘’Quasy Sine Wave’’ karena gelombang modified sine wave hamper sama dengan square wave, namun pada modified sine wave outputnya menyentuh titik 0 untuk beberapa saat sebelum pindah ke positif atau negatif. Selain itu karena modified sine wave mempunyai harmonic distortion yang lebih sedikit disbanding square wave maka dapat dipakai untuk beberapa alat listrik seperti computer, tv, lampu namun tidak bias untuk beban-beban yang lebih sensitive.

3 Pure Sine

Hasil gambar untuk pure sign signal

Wave Pure Sine Wave atau true sine wave merupakan gelombang inverter yang hampir menyerupai (bahkan lebih baik dibandingkan dengan gelombang sinusoida sempurna pada jaringan listrik dalam hal ini PLN. Dengan total harmonic distortion (THD) < 3% sehingga cocok untuk semua alat elektronik. Olen sebab itu inverter ibi juga disebut ‘’ clean power supply’’. Teknologi yang digunakan inverter jenis ini umumnya disebut pulse width modulation (PWM) yang dapat mengubah tegangan DC menjadi AC dengan bentuk gelombang yang hamper sama dengan gelombang sinusoida.

Nah semoga sedikit kupasan mengenai inverter tadi bisa lebih memberi pengetahuan dan bermanfaat pada kita semua. Jangan lupa juga ilmu harus diterapkan yah jangan hanya jadi teori saja Sahabat.