Masuk ke Era Industri 4.0 bersama MESIN 77

Era Industri 4.0 – Human to Machine Connection & Machine to Machine Connection

Definisi dasar dari Industri 4.0 di bidang teknologi permesinan industri adalah hubungan yang bersinergi antara Manusia dengan Mesin DAN Mesin dengan Mesin.

Hasil gambar untuk industry 4.0

Berikut gambaran perkembangan Industri dari 1.0 hingga 4.0.Dimana pada era industri 1.0 mesin bekerja sendiri secara manual.Manusia sebagai operator menjalankannya di dekat mesin.Tanpa adanya manusia yang menggerakkan, mesin tidak dapat beroperasi.

Pada perkembangan selanjutnya, dunia industri masuk pada era industri 2.0 dimana mesin digerakkan oleh tombol otomatis yang dioperasikan oleh manusia.

Selanjutnya industri berkembang di Industri 3.0 yang mana manusia menggunakan automatisasi untuk menjalankan sebuah mesin.Mesin dapat beroperasi dan dipantau di satu area dan bersinergi antara mesin yang satu dengan mesin lainnya dengan bantuan kabel.Jarak masih menjadi hambatan sehingga setiap mesin yang terkoneksi harus berada dalam jarak tertentu.Dan manusia sebagai operatornya harus berada di lokasi yang dinamakan Control Room.

Maka di jamannya Z Generation ini. lahirlah Industri 4.0 yang menghubungkan manusia dengan mesin maupun mesin dengan mesin dalam jarak yang tidak ditentukan.
Mesin di Kalimantan bisa terkoneksi dengan mesin di Jawa.Operator di Jawa bisa mengontrol mesin di Sumatera Utara.Begitulah kira-kira gambaran lebih jelasnya.

Menggunakan teknologi yang dikenal dengan sebutan IoT atau Internet of Things menjadikan jaringan internet sebagai penghubung antara manusia dengan mesin maupun mesin dengan mesin lainnya. 

Mengembangkan teknologi terkemuka buatan kota Velt, Jerman … CV Carmel Hill Machinery memasang unit IoT pada mesin yang membantu kerja mesin sebagai Teknologi Pintar dengan berbagai fitur yang sangat bermanfaat bagi kelangsungan produksi bagi pengguna mesin merek Carmel.
Dengan tetap menjadikan unit Development yang sudah dimiliki oleh CV Carmel Hill Machinery sejak tahun 2015 yang lalu menjadikan teknologi baru ini tidak sulit untuk digunakan dan dipahami oleh setiap pengguna mesin yang mesinnya terpasang IoT.

Salah satu yang membedakan IoT yang dikembangkan oleh CV Carmel Hill Machinery dengan IoT yang ada di mesin filling dan packaging pada umumnya, adalah kemampuan memenuhi request pengguna.

IoT CV Carmel Hill Machinery dikembangkan sendiri oleh team teknis bersama manajemen yang menjadikannya berbeda dengan IoT yang dibeli bebas di pasaran lalu dipasang pada mesin.
Perdagangan mesin tersebut umumnya hanya sebagai pemasang barang hasil beli dari pihak lain dan tidak memahami dengan baik cara mengembangkannya dan merubahnya.

Sama seperti di mesin-mesin merek Carmel yang dikembangkan berbasis Industri 3.0 sebelumnya.Dimana unit control seperti PLC dan HMI adalah hasil pengembangan dan develop dari team teknis internal.Sehingga ketika ada perubahan yang harus dilakukan, team teknis Mesin77 sendiri yang melakukan perubahannya dan Gratis.Tidak memerlukan biaya tambahan karena tidak memerlukan bantuan tenaga programmer external.Semua dari hulu ke hilir dikerjakan oleh internal engineer Mesin77 sendiri.

Menyambut era baru Industri 4.0, manajemen CV Carmel Hill Machinery telah menjadi pioneer di bidang mesin pengisian dan kemasan.Dan telah memulai developmennya sejak tahun 2015.

Kini ketika istilah industri 4.0 benar-benar ramai digadang-gadangkan, CV Carmel Hill Machinery siap menjadi partner terbaik.

industri 4 mesin 77

Apa saja yang bisa dikerjakan oleh mesin merek Carmel dengan teknologi IoT tersebut ?
1. Penyimpanan data produksi dan pengiriman ke database web yang bisa diakses kapan saja di semua tempat yang tersedia akses jaringan internet.

2. Peningkatan kecepatan mesin di luar spesifikasi dan akurasi pada kecepatan tinggi.

3. Pengurangan jumlah reject bahan.

4. Data Logging yang bisa disimpan ke dalam memory dalam bentul file .csv, ms excell, pdf, dan ms word.

5. Di dalam mesin ditanam teknologi berbasis PC dengan Processor Intel Core yang dapat bekerjasama dengan PLC menjadi pusat kontrol mesin dan menyimpan data dalam jumlah besar (Big Data) dari semua kegiatan yang dijalankan oleh mesin.

6. Mesin bisa dihubungkan dengan jaringan internet dalam bentuk apa saja, baik GSM modem, mikrotik, Fiber Optik, Frekuensi Radio, Local Wifi Area, dan lain sebagainya. 

7. Semua kerja mesin dapat dipantau dan dikontrol menggunakan Mobile Phone, Laptop, PC Home.

8. Mesin bisa dihubungkan sekaligus mengontrol mesin lainnya.Misalnya pada rangkaian unit pengisian dan penutup botol, ketika ada botol yang tidak terisi maka tutup tidak akan diproses atau mesin akan me-reject botol tersebut. 

9. Mesin dapat membaca kemasan yang cacat, produk yang tidak layak, pemasangan label yang tidak tepat, tutup yang bocor, dan lain sebagainya sesuai permintaan dan kebutuhan masing-masing pengguna mesin.

 

Hubungi kami untuk konsultasi lebih lanjut : 081252160260 (Call / Chat WA)