Mesin Bor – Bagian 1

Selamat pagi sahabat Carmel, pagi ini kita akan belajar mengenai dunia mesin bor. Pasti semua sudah mengenal mesin yang satu ini. Karena hampir setiap hari perkakas yang satu ini selalu menemani. Mesin bor adalah mesin perkakas dengan jenis mesin gerakanya memutarkan alat pemotong yang arah pemakanan mata bor hanya pada sumbu mesin tersebut (pengerjaan pelubangan). Sedangkan pengertian pengeboran adalah kerja mesin menghasilkan lubang berbentuk bulat dalam lembaran-kerja dengan menggunakan pemotong berputar yang disebut bor dan memiliki fungsi untuk membuat lubang sesuai yang kita inginkan dengan ukuran tertentu, membuat lubang bertingkatan misal dari tingkat 1 ke tingkat 3, membesarkan lubang agar dimensi lubang menjadi besar. Cara kerja mesin bor adalah dengan cara memutar mata pisau dengan kecepatan tertentu dan ditekan ke suatu benda kerja. Nah fungsi utama dari mesin bor adalah untuk melubangi benda kerja dengan ukuran-ukuran  tertentu pengertian secara sederhana. Pada mesin perkakas ini terdapat dua jenis yakni mesin bor duduk dan mesin bor  tangan. Kedua nya sama sama berfungsi untuk pengeboran atau melubangi hanya saja cara penggunaanya yang sedikit berbeda.

Hasil gambar untuk mesin bor

Nah untuk jenis-jenis mesin bor itu sendiri ada beberapa macam :

  1. Mesin Bor Meja : Dari namanya sudah dapat kita ketahui bahwa mesin bor meja adalah mesin bor yang diletakkan diatas meja. Iya ini pengertian secara gamblang dan sederhana. Mesin ini digunakan untuk membuat lobang benda kerja dengan diameter kecil (terbatas sampai dengan diameter 16 mm). Prinsip kerja mesin bor meja adalah putaran
    motor listrik diteruskan ke poros mesin sehingga poros berputar. Selanjutnya poros berputar yang sekaligus sebagai pemegang mata bor dapat digerakkan naik turun dengan bantuan roda gigi lurus dan gigi rack yang dapat mengatur tekanan pemakanan saat pengeboran.
  2. Mesin Bor Lantai : Mesin bor lantai adalah mesin bor yang dipasang pada lantai. Mesin bor lantai disebut juga mesin bor kolom. Jenis lain mesin bor lantai ini adalah mesin bor yang mejanya disangga dengan batang pendukung. Mesin bor jenis ini biasanya dirancang untuk pengeboran benda-benda kerja yang besar dan berat.
  3. Mesin Bor Radial : Mesin bor radial khusus dirancang untuk pengeboran benda-benda kerja yang besar dan berat. Mesin ini langsung dipasang pada lantai, sedangkan meja mesin telah terpasang secara permanen pada landasan atau alas mesin.
  4. Mesin Bor Koordinat : Mesin bor koordinat pada dasarnya sama prinsipnya dengan mesin bor sebelumnya. Perbedaannya terdapat pada sistem pengaturan posisi pengeboran. Mesin bor koordinat digunakan untuk membuat/membesarkan lobang dengan jarak titik pusat dan diameter lobang antara masing-masingnya memiliki ukuran dan ketelitian yang tinggi. Untuk mendapatkan ukuran ketelitian yang tinggi tersebut digunakan meja kombinasi yang dapat diatur dalam arah memanjang dan arah melintang dengan bantuan sistem optik. Ketelitian dan ketepatan ukuran dengan sisitem optik dapat diatur sampai mencapai toleransi 0,001 mm. Semoga bermanfaat yah Sahabat.