Mesin Carton Sealer – Menutup Kardus dengan Isolasi

Hampir semua industri yang menggunakan kardus membutuhkan mesin carton sealer.
Hanya saja tidak semua menyadari bahwa sedang membutuhkannya.

mesin carton sealer

Artikel kali ini akan memberikan beberapa alasan mengapa anda membutuhkan mesin Carton Sealer ? apa saja yang bisa diberikan untuk pengehamatan biaya ?

Dalam suatu meeting di pabrik customer, saya pernah mendapat pertanyaan seperti ini : Saya punya karyawan packing kardus sebanyak 5 orang.Dalam satu jam, 5 orang tersebut bisa menutup kardus dengan isolasi sebanyak 1500 kardus.Apa mesin carton sealer bisa ?

mesin isolasi kardus carton sealer machine

Kemudian saya diajak untuk melihat proses packing kardus dengan isolasi di lokasi pabriknya.Pemandangan yang sangat luar biasa, 5 orang anak manusia yang bisa membuka lipatan kardus, lalu menutup bagian bawah kardus dengan isolasi, lalu memasukkan produk ke dalam kardus, dan menutup bagian atas kardus dengan isolasi.Saya hitung satu siklus kerja ini memakan waktu kurang dari 10 detik.
Wow, super cepat.Saya acungi jempol dan saya bilang kalau ini snagat cepat.Dan saya berani pastikan bahwa mesin carton sealer yang saya tawarkan belum tentu mampu mengalahkan kecepatan kelima karyawan handal tersebut.

Kamipun lalu kembali lagi ke ruang meeting.Lalu meeting diserahkan kepada saya.Mereka sudah mengajak saya melihat bagaimana lima orang manusia super bekerja dengan kecepatan tinggi.
Para pimpinan pabrik berharap saya bisa memberikan solusi lebih.

Akhirnya saya punya kesempatan bicara dalam situasi yang sangat bagus.
Saya lemparkan beberapa pertanyaan sebagai berikut :
1. Ketika nanti kardus disusun di sebuah rak toko atau supermarket, ada berapa banyak kardus yang kelihatan isolasinya terlipat dan potongan isolasinya yang kelihatan tidak rapi satu sama lain ?
2. Berapa harga isolasi per roll ? Dan ada berapa puluh meter atau ratus meter hilang dan menjadi biaya dalam sehari ? Lalu hitung dalam sebulan ? dan hitung dalam setahun ?

Soal kecepatan, saya berani bilang bahwa mesin carton sealer belum tentu bisa mengimbangi kecepatan lima orang manusia super yang baru saja saya saksikan kecepatan kerjanya.
Tetapi soal cost, biaya , dan estetika saya berani jamin juga bahwa mesin carton sealer bisa melampaui jauh diatas kerja operator.

Karena artikel kali ini bermaksud membahas tentang bagaimana perhitungan balik modal 3 bulan dari penggunaan mesin carton sealer, jadi yang kita bahas adalah point nomor 2.Yaitu mulai dari berapa harga isolasi per roll dan ada berapa yang hilang dalam sehari, sebulan dan setahun.Lalu akan kita ambil acuan 3 bulan.

Harga isolasi per roll umumnya termurah bisa Anda peroleh dengan harga Rp.8500,-
Biasanya panjang real satu roll adalah 80 meter.Atinya harga per meter adalah Rp.106,25

Perhitungan yang pertama adalah membandingkan dengan isolasi sepanjang 1000 meter yang akan anda gunakan bila memakai mesin carton sealer.Harganya adalah sekitar Rp.35.000,- per roll.Berarti harga per meter adalah Rp.35.000,- : 1000 = Rp.35,-

Sekedar info, bahwa isolasi 1000 meter cukup berat untuk diangkat dengan tangan.Tanpa mesin carton sealer, akan menjadi beban kerja tersendiri bila menggunakan isolasi 100 meter.

Sekarang mulai kita hitung selisihnya.Dalam 1 meter, ada selisih harga Rp.106,25 – Rp.35,- = Rp.71,25
Kalau setiap kardus menggunakan 60 cm isolasi (saya memakai acuan jumlah pemakaian isolasi di kardus gelas air minum.Isolasi dibagian atas dan bawah kardus).Artinya untuk setiap kardus, ada perbedaan biaya sebesar Rp.71,25 x 60/100 = Rp.42,75

Jika per jam ada 1500 kardus yang ditutup isolasi, berarti penggunaan mesin carton sealer akan memberikan pengehematan sebesar Rp.42,75 x 1500 = Rp.64.125,- PER JAM

Mau dihitung per bulan ? anggap sehari 8 jam kerja.Berarti Rp.64.125,- x 8 = Rp.513.000,- PER HARI UNTUK 8 JAM KERJA
Rp.513.000,- x 24 hari kerja = Rp.12.312.000,-

Ini hanya dari selisih yang terjadi antara penggunaan isolasi 80 meter dengan isolasi 1000 meter
Belum menghitung selisih yang diakibatkan oleh kehilangan isolasi.Isolasi 1000 meter sulit hilang karena ukurannya besar.
Belum juga menghitung selisih yang dihitung dari kelebihan potongan isolasi akibat pengukuran posisi potong isolasi di kardus yang berbeda-beda antara operator yang satu dengan yang lainnya.

Apakah terlalu berlebihan bila saya katakan bahwa mesin carton sealer akan 3 bulan balik modal ? Dan dengan pengehematan seperti ini, masihkah akan dibandingkan dengan kerja cepat kelima manusia super ?

Layakkah mesin carton sealer menjadi bagian dari alat bantu kerja usaha Anda ??

Hubungi kami sekarang juga
Call / Chat WA : 081252160260

Baca juga : Paper straw machine – mesin pembuat sedotan kertas