Mesin Orisinil vs Mesin Modifikasian …. Bagusan Mana ?

Pembicaraan dengan salah seorang reseller kemarin siang :

“Ada permintaan tender pemerintah, tapi minta mesinnya orisinil.Saya bingung yang bagaimana yang orisinil itu ?”

Hasil gambar untuk tepok jidatSumber Gambar : https://www.memecomic.id/ 

‘Tender pemerintah itu biasanya ambil spesifikasi dari internet.Atau bisa juga dari salah satu supplier mesin yang memang niatnya mengikat spesifikasi.Itu sudah biasa.Dan cara mengikatnya biasanya dengan permainan kata saja, padahal mesinnya sama. 
Cuma kalau cara mengikatnya itu pakai kata Orisinil …. sama, saya juga bingung.Soalnya mesin yang diminta itu adalah mesin buatan China.
Lah kalau orisinil kan malah semua spare partnya asli dari China.Apa gak malah kesulitan nantinya ?
Mungkin cuma trik untuk melawan kita yang mengatakan bahwa mesin kita modifikasian.Jadi dia bilang Orisinil.Seakan-akan punya dia lebih bagus memang.
Lucunya, calon pembelinya ikut-ikutan tanpa ngerti artinya orisinil itu apa.
Kan jadinya orisinil China ?

Dikasih aja, malah kebetulan kita gak repot.Mesin datang, gak usah diapaka-akan, langsung dikirim apa adanya.’

“Jadi diambil ini ordernya. Kita bilang orisinil juga ?”

‘Ya iya lahhh, kebetulan malahan.Kita gak repot.Biasanya mesin dimodifikasi dulu komponennya supaya gampang cari pengganti di pasaran.Ini malah minta orisinil.Yah kebetulan malah.”

‘Pak bayu yakin kalau itu mesinnya buatan China ?’

“200% yakin.Saya 17 tahun jadi supplier mesin filling packaging di Indonesia.Lihat foto saja saya bisa tahu.Apalagi ini kelihatan jelas dari harga dan spesifikasinya.”

Lalu …. Mesin Orisinil dan Mesin modifikasian Bagusan Mana ??

Yahh tergantung buatan mana ? Yang lucu itu kan mesin buatan China atau rakitan Lokal diminta Orisinil ?? Ini bukan salah mesinnya.Yang lucu itu yang beli.

Kalau mesin buatan Jepang atau buatan Jerman …. ok lahh, orisinil itu berarti Bagus.Orisinil identik dengan Bagus.

Lahh kalau buatan China atau rakitan Lokal ??? Orang lokal merakit mesin pakai komponen China.Isi komponennya buatan China semua, diminta Orisinil ….. saya temani Tepok Jidat Dehhh …. hehehehe ….

Ingin tahu Lebih Detail ada apa dengan mesin china orisinil dan mesin rakitan lokal yang pakai komponen China ? Tanpa ada modifikasi sama sekali ?

  1. PLC Mesin Orisinil programnya di password.Apabila nantinya ada permasalahan mesin yang menyangkut program PLC, biayanya tinggi.
  2. Komponen mesin disamarkan kodenya dengan tujuan untuk menyesatkan.
  3. Beberapa komponen dicoret atau dihapus nomornya.
  4. Merek komponen dan type komponen tidak dikenali oleh pedagang spare part di Indonesia.

Masih mau minta mesin orisinil ? Jangan samakan seakan-akan hendak membeli mobil.Mesin mobil Toyota harus orisinil.Dan yang orisinil yang bagus.Ini benar dalam kasus mesin mobil.

Ini mesin industri.Buatan China.Rakitan komponen China di Lokal.
Bayangkan bagaimana yang Orisinil itu ?? 

Artikel ini tidak bermaksud menyudutkan mereka-mereka yang mencoba menjual mesin China atau merakit mesin di lokal yang menggunakan komponen China.Sekedar berbagi informasi dan pengetahuan bagi calon pembeli mesin mengingat banyaknya mesin yang dalam jangka waktu pendek tidak bisa digunakan lagi.

Pedagang mesin industri termasuk kami tentunya, tidak bisa egois hanya sekedar berpikir jualan dan jualan.Mereka yang beli meisn ini juga ada kalanya modal usahanya terbatas.Itupun dapat dari pinjaman bank yang harus dicicil setiap bulan.

Coba sedikit berpikir, seandainya kita ada di pihak mereka.

Kalau perusahaan besar yang duitnya banyak.Lalu salah beli mesin orisinil ala kita.Mereka tinggal gudangkan saja mesinnya dan beli baru.Nama kita dicoret dari deretan supplier.Itu saja yang terjadi.

Tapi kalau yang modalnya mepet.Bagaimana ?? 

Ceritakan saja apa adanya ke pembeli.Jangan pakai trik permainan kata Orisinil yang mengajak pembeli berpikir bahwa yang orisinil itu bagus.Kita tidak sedang jualan mobil toyota, atau suzuki, atau mesin yanmar.Kita sedang jualan mesin buatan china atau merakit komponen China di lokal. Kalau benar-benar orisinil, bukannya akan menyusahkan pembeli nantinya ?? 

Mikirrrr…….