Modifikasi Mesin – Perlukah ?

modifikasi mesin

Mengapa hampir setiap mesin yang dijual oleh CV Carmel Hill Machinery selalu di modifikasi ?? apanya yang di modifikasi ? dan apakah modifikasi itu harus ??

Dalam setiap perencanaan pembelian unit mesin, hampir semua calon pembeli akan membandingkan satu supplier dengan supplier lainnya.
Sangat jarang dijumpai ada calon pembeli yang bertanya mesin ke satu tempat penjualan lalu langsung membeli tanpa adanya pembanding terlebih dahulu

Banyak hal yang bisa menjadi tolok ukur pembanding.Bisa harga, bisa after sales service, bisa keberadaan stock mesin, bisa kecepatan delivery time, dan lain sebagainya.
Tidak ada yang salah dengan semua faktor pembanding itu tadi.
Pembeli berhak membandingkan dengan sudut pandangnya masing-masing.

Namun dari pengalaman lebih dari 14 tahun penulis bekerja di industri mesin kemasan di Indonesia, ada 3 unsur pembanding yang digarisbawahi sebagai unsur pembanding yang tepat dan akurat.
Ketiga unsur ini memiliki akurasi yang baik dalam memberikan jawaban atas pilihan yang tepat.

Yang pertama adalah Skill Penjual.
Unsur yang 1 ini sangat penting.Terbukti banyaknya mesin yang tidak dapat digunakan lagi bahkan sesaat setelah beroperasi karena penjualnya tidak mampu melakukan support perbaikan dan maintenance.
Perlu diketahui, bahwa tidak semua perdagangan mesin industri di Indonesia mengerti tentang apa yang dijualnya.Sebagian besar malah berkonsep membangun merek secara besar-besaran dan menjual apa saja yang bisa dijual.Akhirnya mereknya memang terkenal namun tidak paham dengan apa yang dijualnya.
Orang bilang celaka 12 kalau dalam proses membandingkan ketemu yang begini.Dan sebagai pembeli tidak menyadari karena kilauan nama dan mereknya telah menutup mata.

Yang kedua adalah After Sales Service yang NYATA
Yahh, kata NYATA ditulis dalam huruf besar.Mengapa ?? Karena setiap perdagangan mesin ketika ditanya adanya layanan after sales service, sudah tahu kan jawabannya ?? Pastis emua menjawab ada.Bahkan ada yang tidak logis memberikan garansi 5 tahun hingga 10 tahun
Pembeli yang cerdik, akan mampu membaca janji garansi seperti ini.Lebih baik mendapat garansi 3 bulan tapi NYATA daripada mendapat garansi 5 tahun tetapi garansi bayangan.

Yang ketiga adalah Harga
Maksudnya bagaimana ?? Harga yang Murah ??
Bukan …. bukan yang murah juga bukan yang mahal.Tapi Harga yang Pantas
Mengartikan Harga yang pantas memang tidak mudah.Namun harga yang pantas bisa dilihat oleh sebagian calon pembeli yang sedikit memahami teknik mesin.
Artinya dengan komponen pembangun dan material mesin yang ada, layanan after sales seperti apa, dan dengan harga sekian rupiah …. kira-kira pantas atau tidak.

Nahh, pada artikel kali ini, penulis ingin membahas tentang Unsur pertimbangan yang Pertama …. yaitu Skill Penjual.
Karena selain Skill dalam memberikan after sales service, Modifikasi juga merupakan unsur yang dibentuk oleh Skill dan Budaya Perusahaan

Bagaimana sebuah perusahaan akan memiliki budaya teknik bila pemiliknya bukan orang teknik ??? Demikian sering dilontarkan oleh divisi Engineer pabrik-pabrik besar yang sudah berpengalaman dengan mesin selama bertahun-tahun.

Dari sebuah usaha perdagangan mesin yang memiliki Skill Teknis lahhh, yang namanya Modifikasi bisa dilakukan

Mengapa sebuah mesin perlu dimodifikasi ?
Salah satu penyebab mesin perlu dimodifikasi adalah karena kurang sesuainya mesin dengan produk yang akan menggunakannya.
Tidak semua produk yang diproduksi oleh pabrik/industri tersedia mesinnya di pasaran.Bentuk produk yang spesifik atau perlakukan terhadap produk yang harus melalui penanganan tertentu …. untuk inilah mesin perlu di modifikasi.
Ada kalanya beberapa calon pembeli bertanya kepada penjual, dan penjual mengatakan bahwa mesin yang dimilikinya bisa digunakan untuk produk calon pembeli yang bersangkutan.Benar bisa, tetapi setelah jangka waktu tertentu, trouble mulai nampak.Atau kapasitas yang diperoleh tidak semestinya.
Beberapa contoh kasus adalah penggunaan mesin sachet kopi untuk tepung.Sebenarnya tidak bisa, tetapi kenyataannya di lapangan banyak pembeli dan penjual yang bertransaksi mesin sachet kopi untuk pengisian tepung.
Akhirnya setelah sebulan mesin digunakan, pembeli mendapat klaim dari customernya bahwa tepungnya lembab dan rusak.
Mesin yang seakan tampak bisa digunakan, ternyata menyebabkan masalah di belakang hari.

UNTUK INILAH MODIFIKASI SERINGKALI DIPERLUKAN

Lalu apa saja yang bisanya dimodifikasi ?

Dari catatan penulis yang diperoleh dari sumber terpercaya, yaitu Ibu Yosi yang senantiasa me-record catatan modifikasi teknisi mesin-mesin merek Carmel dan Mesin77 tercatat bagian-bagian ini yang dimodifikasi :

  1. Yang paling fatal, mesin dalam kondisi aslinya seringkali tidak mempertimbangkan aspek grounding pada sistem pengkabelannya.Bahkan banyak mesin murah dijumpai memiliki alur pengkabelan yang ngawur dan berbahaya.
    Modifikasi yang selalu kami lakukan adalah merubah jalur wiring pengkabelan sesuai urutan yang benar.Lalu memberikan grounding untuk keananan pengguna dan operator mesin
  2. Merubah menu tampilan layar sentuh dari bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia.Terutama untuk mesin-mesin yang digunakan di wilayah-wilayah dimana bahasa Inggris masih terasa asing bagi operator.Untuk menghindari kesalahan pengoperasian hanya karena masalah tidak memahami bahasa yang digunakan mesin, kami mengganti menu tampilan tersebut dalam bahasa Indonesia
  3. Mengganti komponen-komponen yang kami anggap rentan terhadap kerusakan dini.
  4. Menambah, merubah, atau bahkan mengurangi fungsi kerja mesin untuk mendapatkan kualitas dan kapasitas yang maksimal bagi produk pengguna mesin merek Mesin77 dan merek Carmel.