Modifikasi Pengisian Timbang – mengganti Weighing Kontrol dengan buatan Korea

Modifikasi weighing machine buatan China dengan perubahan Weighing Control dan Load Cell buatan Korea
Dimodifikasi karena kebutuhan akurasi timbang hingga 2 digit di belakang koma

Foto CV Carmel Hill Machinery.

Hampir setiap mesin yang dibuat di China, seringkali adalah standard pabrikasi di China.Tiap pabrik mesin mempunyai tingkat kemampuan dan standard pabrik mereka masing-masing.
Ada pabrikasi yang mampu menggunakan komponen-komponen buatan Eropa, Jepang, atau Amerika.Ada juga yang terbatas [ada kemampuan menggunakan komponen-komponen buatan lokal.

Disinilah kecerdikan kita sebagai pengguna, pembeli, dan importir diuji.
Ingin mendatangkan mesin buatan China yang memang dari sananya sudah terbangun dari komponen-komponen yang terbaik ?? ataukah mesin yang menggunakan komponen lokal China ?

Karena pilihan mendatangkan mesin dengan komponen Global Brand juga bukan tanpa konsekuensi.Seringkali pabrik di China menetapkan harga jual yang cukup tinggi untuk jenis mesin seperti ini.

Kami pernah mengunjungi sebuah pabrik di kawasan Nanjing yang membuat mesin-mesin pengisian untuk pasta dan cairan.Mereka secara khusus memproduksi mesin-mesin dari kategori tersebut dengan sebuah kebiasaan menggunakan komponen-komponen global brand.Ketika kami menanyakan harganya, luar biasa mahalnya untuk sebuah mesin buatan China.
Sebelum berkunjung ke pabrik ini, kami sudah sedikit tahu track recordnya.Memang selama ini mereka tidak menjual ke pasar Asia.Mereka menjual ke pasar Eropa dan Amerika.

Pabrk di China ada yang seperti ini, namun tentu dengan harga yang jauh lebih tinggi.

Ada lagi yang sudah standardnya membuat dan menjual mesin-mesin yang murah.Mereka banyak menjual mesin buatannya ke pasar Asia termasuk membanjiri Indonesia.

Seperti apa yang hendak kita bahas dalam artikel kali ini.Mesin Pengisian dengan sistem kerja Timbang, baru ada jenis seperti di foto ini yang harga dibawah 20 jutaan.
Dengan harga dibawah 20 juta, akankah mesin ini memiliki semua fitur yang bisa dilakukan oleh emsin dengan harga 50 juta ?? Tentu tidak mungkin
Sekalipun kami sebagai penjualnya, tidak pernah terucap dari kami bahwa ini adalah mesin pengisian timbang terbaik.Info yang kami janjikan sebatas bahwa mesin ini memiliki presisi timbang yang sudah lumayan bagus.Namun usia komponen kami tidak berani memberikan jaminan.Ada banyak faktor yang bisa saja menjadi penyebab kerusakan komponen.
Kami janjikan bahwa ketika ada masalah, kami memiliki tenaga ahli yang siap … dan masalah akurasi timbangnya saja.

Lalu bagaimana ketika ada pembeli yang meminta mesin tersebut bisa dijamin penggunaannya dalam 24 jam nonstop.Ataupun minta akurasi yang jauh lebih tinggi, seperti 2 digit di belakang koma seperti apa yang kami posting di foto kali ini.
Solusinya tidak lain adalah MODIFIKASI

Yahhh, merubah komponen yang dianggap rentan terhadap kerusakan dengan komponen yang sudah teruji ketahanannya.Itulah modifikasi yang biasanya kami kerjakan.
Untuk modifikasi lainnya seringkali mengikuti permintaan dan kebutuhan pembeli.

Pada modifikasi kami kali ini, kami memenuhi permintaan pengguna.
Mesin ini sudah dibeli dan digunakan, namun perusahaan yang menggunakannya merasa kurang dalam hal akurasi.
Mesin ini memiliki akurasi yang cukup baik dalam interval 1 gram.Namun tidak mengenal interval hingga 2 digit di belakang koma.
Perusahaan tersebut menginginkan mesin bisa melakukan timbang dengan ukuran 5,35 gram … atau 10,25gram … dst.
Produk yang dikemas akan mengalami banyak kerugian ketika pengisian timbang hanya diberikan pilihan 2 gram, 4 gram, 10 gram ….. tidak bisa sampai 2 digit di belakang koma.

Selama 2 minggu mesin dikirim ke workshop kami di kota Malang- Jawa Timur dan kami coba untuk lakukan modifikasi.

Setelah selesai, kami lakukan pengetesan selama 8 jam.Hasil pengetesan bisa dilihat di Channel youtube kami