Pengisian Beras ke dalam Kemasan Kantong Plastik

Beras dalam Kemasan Kantong Plastik

Kemasan kantong plastik adalah kemasan yang memang sudah umum digunakan untuk kemasan beras.
Oleh karena itu, bukan hal ini yang akan menjadi pokok utama pembahasan.Karena tentu sudah banyak yang tahu kalau kemasan beras itu ya kantong plastik atau karung.

Seperti yang sudah diketahui oleh banyak orang juga, bahwa beras selalu identik dengan kehadiran kutu beras.Sehingga beberapa produk beras, khususnya beras organik dikemas dalam kemasan vakum.

Perlukah kemasan vakum dilakukan pada produk beras non organik ? 
Tidak bergitu perlu …. inilah jawaban kami.

Beras baik organik maupun non organik asal menggunakan jenis plastik kemasan yang benar, sebetulnya tidak diperlukan kemasan vakum.

Kebanyakan pengguna kemasan vakum untuk beras organik sifatnya hanya untuk membangun brand image saja bahwa beras organik itu berbeda.

Namun sebetulnya asal digunakan kemasan plastik yang tersusun dari Nylon dan LDPE dengan ketebalan diatas 100 micron, kemasan sudah cukup aman untuk beras.

Memang pasti akan ada yang membantah bahwa kemasan vakum aman untuk jangka panjang.Baik, kami setuju.
Namun berapa lama kalau di Indonesia kita bicara mengenai beras bisa laku ?? Produk beras umumnya sudah habis terjual dalam kurun waktu kurang dari 1 tahun.Semua orang Indonesia makan nasi. 

Berbeda dengan kondisi di beberapa negara lain yang beras dikonsumsi sebagai pendamping dan bukan menu utama.
Mereka bisa makan sagu, roti gandum, dll.Sehingga di pasaran produk beras bisa ada saja yang laku 2-3 tahun.

Selama anda pastikan bahwa produk beras anda pasti habis dalam jangka waktu kurang dari 2 tahun, kemasan vakum tidak diperlukan. 

Kantong plastik dengan susunan Nylon dan LDPE dengan ketebalan diatas 100 micron seperti yang ditulis sebalumnya, sudah cukup aman untuk jangka waktu hingga 2 tahun. 

Anda cukup menggunakan mesin pengisian dengan setelan timbangan yang digabungkan bersama dengan mesin continuous sealer untuk pengisian dan pengemasannya.
Mesin kemasan vakum tidak diperlukan.Kecuali dengan pertimbangan lainnya seperti brand image.