Penjelasan Dasar Mengenai Kompresor – Bagian 1

Hasil gambar untuk air compressor

Apa sih kompresor itu? Kok setiap berkunjung ke toko mesin selalu ada alat ini? Nah apa sebenarnya alat ini dan bagaimana cara kerjanya? Kompresor adalah mesin atau alat mekanik yang berfungsi untuk meningkatkan tekanan atau memampatkan fluida gas atau udara di dalam tabung kompresor untuk dialirkan ke alat lain penerima udara tadi. Kompresor biasanya menggunakan motor atau dinamo listrik, mesin diesel atau mesin bensin sebagai tenaga penggeraknya. Udara bertekanan hasil dari kompresor biasanya diaplikasikan atau digunakan pada penambahan tekanan udara untuk pneumatic pada mesin yang menggunakan pneumatic, pengecatan dengan teknik spray/ air brush, untuk mengisi angin ban, pembersihan, pneumatik, gerinda udara (air gerinder) dan lain sebagainya.Nah sebenarnya prinsip kerja kompresor dapat dilihat mirip dengan paru-paru manusia. Aada yang tahu bagaimana alurnya?  Misalnya ketika seorang mengambil napas dalam – dalam untuk meniup api lilin, maka ia akan meningkatkan tekanan udara di dalam paru-paru, sehingga menghasilkan udara bertekanan yang kemudian digunakan atau dihembuskan untuk meniup api lilin tersebut. Setuju?

Tiap kompresor modelnya berbeda beda tergantung pabrik yang membuat, ada yang catnya hijau, orange yang sering kita jumpai saat tambal ban, biru, dll. Dari ukuran kompresor pun juga berbeda beda, ada yang 1/2Pk,1Pk, 2Pk, 10Pk, dll. Apa sih Pk itu? Dalam kehidupan sehari-hari banyak satuan selain watt untuk menyatakan daya, terutama pada mesin-mesin. Satuan daya itu seperti daya kuda atau horse power (HP), dan PK (paar de kraft -bahasa belanda yang artinya daya kuda). Berikut konversi satuan-satuan tersebut.

1 daya kuda (HP) = 745,7 watt
1 HP = 1,014 PK (atau dianggap sama)

Satuan PK biasanya digunakan pada daya kompresor sebuah AC. Umumnya, ada yang AC berukuran 1/2 PK, 3/4 PK, 1 PK, 1 1/2 PK , dan 2 PK. Ingat ukuran ini sebenarnya adalah daya dari kompressor AC, bukan daya pendingin AC. Satuan HP biasa kita temui pada mesin kendaraan. Mobil balap memiliki di kisaran 450-500 HP dan mampu melaju sampai 322 km/jam. Nah sekarang kita sudah sedikit tahu mengenai kompresor dan simbol daya pada kompressor.