PP Cup Making Machine – Mesin Pembuat Cup / Gelas Plastik dari Biji Plastik Tanpa Reject

PP Cup Making Machine


Mesin Pembuat Cup / Gelas Plastik dari Biji Plastik Tanpa Reject

Sudah cukup jelas dari namanya, yaitu berfungsi untuk membuat cup plastik atau gelas plastik dari materaial biji plastik PP.

Namun tidak banyak pengusaha pemula yang ingin produksi gelas sendiri paham bahwa reject atau sisa potong plastik yang tidak terpakai adalah biaya tersendiri dan membuat harga jual cup tidak bisa bersaing di pasaran.

Apalagi di Indonesia, dimana harga cup gelas plastik PP terkenal memiliki persaingan yang ketat.

Cara paling lazim untuk mengikuti persaingan pasar dan menang dalam persaingan harga cup adalah dengan menggunakan mesin yang bekerja dari A sampai Z tanpa reject.Plastik reject diolah kembali menjadi cup dan tidak ada sedikitpun bahan yang terbuang.

Karena mesin ini tergolong mesin yang rumit, pada artikel ini kami mencoba menyederhanakannya dalam bentuk tulisan yang mudah dipahami.
Sehingga nantinya bagi yang memerlukan penawaran lebih detail untuk mesin pembuat cup, bisa menghubungi kami via chat WA ke : 081252160260 atau telpon ke nomor tersebut.

Tidak memungkinkan kerumitan kerja mesin ini dibuat simpel dalam sebuah tulisan singkat.

Oleh karena itu, kami menceritakan dasar kerjanya saja.

cup making mesin pembuat cup

Extruder Machine

mesin pembuat gelas

Rangkaian unit dimulai dari Extruder Machine yang bekerja dengan memasukkan biji plastik PP ke hopper mesin untuk diproses menjadi PP sheet (lembaran plastik PP)

Thermoforming Machine

pp cup making machine

Lembaran plastik PP dipindahkan ke Thermoforming Machine untuk diproses dan dibentuk menjadi cup.
Thermoforming Machine adalah mesin utama dalam rangkaian yang berperan membuat lembaran sheet menjadi cup dan menyusunnya.

Sisa potong cup dari thermoforming dipindahkan ke unit Crusher untuk dipotong-potong menjadi plastik kecil untuk dimasukkan kembali ke extruder machine bersamaan dengan biji plastik baru.

Cup Counting and Packing

mesin cup gelas plastik

Susunan cup dari unit Thermoforming Machine kemudian dipindahkan ke Mesin Cup Counting and Packing untuk dihitung dan dipisahkan per 10-100 cup (di Indonesia umumnya 50 cup) untuk kemudian dikemas ke dalam kantong plastik (bag) 

 

Proses kerja pembuatan cup selesai sampai disini dan Anda tidak memiliki plastik sedikitpun yang harus di reject atau tidak terpakai.
Plastik yang tidak terpakai inilah yang menyebabkan biaya tinggi dalam pembuatan cup plastik sehingga pengusaha tidak mampu bersaing. 

Anda bisa membuat cup dengan berbagai berat gramatur serta ukuran.Batasan yang diberikan oleh mesin adalah ukuran cup yang sudah umum di pasaran Indonesia yang biasa digunakan untuk industri.