Vacuum Packing untuk Udang – Mengapa Bocor Terus ?

Sekitar tahun 2014 yang lalu, ada seorang customer yang memberikan kami sebuah kasus menarik dan tantangan yang saat ini membuat kami selangkah lebih maju lagi.Khususnya di bidang Teknologi Vacuum Packing Machine atau mesin kemasan hampa udara.

Hasil gambar untuk shrimp vacuum packing

Seorang customer membawa masalah bahwa dia belum mendapatkan mesin vakum yang bisa digunakan untuk udang termasuk ekor dan kepala udangnya ikut dimasukkan ke dalam kemasan.
Beliau mengatakan bahwa sudah keliling di pameran di Jakarta dan beberapa supplier mesin kemasan vakum yang katanya punya merek-merek hebat.Tapi tidak satupun berhasil membantu permasalahan yang beliau hadapi.

Waktu itu kebetulan saya yang menemui customer tersebut ketika datang ke kantor kami.Sehingga saya tahu persis permasalahan yang dihadapinya.

Setiap kali terjadi tekanan vacuum di dalam mesin kemasan vakum, plastik selalu bocor karena tertusuk ujung lancip di bagian ekor udang dan di ujung kepala udang.

Kami juga belum ada pengalaman menangani kasus udang di vacuum beserta kepala dan ekornya ketika itu.Kami bicara terus terang bahwa bila diijinkan, kami minta waktu 1 minggu untuk bantu modifikasi mesin.Setelah modifikasi selesai, kami minta bantu lagi untuk bisa trial dan dibawakan udangnya untuk dicoba di mesin.

Sempat gagal pada trial pertama, karena masih ada bagian plastik yang bocor.Namun kami sudah menemukan kendala utamanya.
Dan kami meminta waktu 1 minggu lagi untuk memperbaikinya.

Customer mengijinkan, dan kami kerjakan dalam waktu 1 minggu lagi.

Total 2 minggu, akhirnya ketika di trial ulang, kami sudah berhasil

Dan sungguh membanggakan ketika custome tersebut mengatakan bahwa kami baru satu-satunya di Indonesia yang berhasil vacuum udang beserta kepala dan ekornya.
Saya katakan ‘Wow, benarkah ?’ ketika itu …..

Setelah belajar dari kasus tersebut, kami tidak menyangka bahwa dari mulut ke mulut yang berawal dari customer tersebut …. kini mesin Vacuum Packing modifikasi merek Mesin77 sudah digunakan oleh pengusaha hasil laut di seluruh Indonesia.
Mereka bilang aman, tidak pilih-pilih produk.Bahkan ada kalanya ikan dengan sirip menusuk sekalipun, mesin kami bisa digunakan.