Cara Tes Kualitas Kemasan Vakum – Mesin Kemasan Vakum Terbaik

Artikel ini dibuat berawal dari pertanyaan seorang pengusaha industri rumahan yang baru saja membeli mesin kemasan vakum merek ‘Tetangga Sebelah” – “Saya baru seminggu membeli mesin kemasan vakum.Tapi kenapa ketika di konsumen, produk saya koq rusak dalam waktu yang sama seperti seakan-akan tidak dikemas vakum ?”

TES KUALITAS KEMASAN VAKUM

Pertama, tes dulu kualitas hasil kemasannya.Setiap mesin memang memiliki kemampuan maksimal masing-masing.

Ada yang vakumnya asal hisap asal kelihatan sudah ter vakum.Ada juga yang menghisapnya sampai benar-benar bagus dan nyaris tidak ada udara sama sekali.

Memang tidak bisa nol udara sama sekali.Kadar udara di dalam kemasan vakum sebagus apapun pasti tetap ada.

Namun semakin bagus kualitas mesin kemasan vakum, umumnya kadar udara pada hasil vakum jauh lebih sedikit.Bahkan bisa tampak nyaris tidak ada udara.

Hal ini bisa dibuktikan oleh mesin kemasan vakum Merek MESIN 77 di video ini :

Dengan menarik plastik hasil kemasan vakum seperti ditunjukkan di video diatas, akan kelihatan kualitas hasil kemasan vakum yang sebenarnya.

Untuk produk basah, hasil tarikan akan tampak seperti di video.Setelah tarikan dilepas, plastik akan kembali ke posisinya semula akibat tarikan vakum yang masih ada di dalam kemasan.Dan posisi produk tidak berubah dari tempatnya.

Untuk produk kering, plastik tidak akan bisa ditarik sama sekali.

Dan hasil sealernya benar-benar kuat hingga dengan ditarikpun tidak akan terkelupas.
Masalah hasil sealer ini memang ada pengaruh besar juga dari kualitas bahan kemasan (vacuum bag) yang digunakan.Tidak semata adalah hasil kerja mesin kemasan vakum.
Namun tes seperti ini adalah hal wajar yang dilakukan untuk melakukan tes kekuatan sealer sebuah kemasan kantong plastik, terutama kemasan vakum.

Kemasan Vakum yang tidak maksimal memang dapat menimbulkan masalah.Apalagi produk yang dikemas adalah produk pangan yang rentan dengan kerusakan kimiawi akibat kontaminasi dengan udara.

Semakin banyak sisa udara yang terkandung di dalam kemasan vakum, semakin cepat juga kerusakan produk terjadi.

Proses kimiawi yang terjadi pada produk pangan akibat kontaminasi dengan udara memang sangat cepat.Produk pangan olahan seperti daging, ikan, keju, dll tergolong sangat rentan dengan pembusukan.

Pada produk kering seperti beras, udara juga memberikan penghidupan bagi kapang atau kutu beras.

Sehingga memang wajar apabila hasil kemasan vakum yang kurang maksimal akan menyisakan udara yang tidak tampak oleh kasat mata.Sekalipun tetap seperti yang sudah disampaikan di awal artikel ini, bahwa secanggih apapun mesin kemasan vakum tidak dapat mengosongkan udara di dalam kemasan hingga 100%.

Namun dengan kadar udara yang semakin sedikit, pertumbuhan kutu dan mikroorganisme perusak makanan dapat dihambat.
Semakin sedikit kadar udara di dalam kemasan, semakin besar pula kemampuan kemasan vakum menghambat perkembangbiakan mikroorganisme merugikan tersebut.

Konsultasikan kebutuhan mesin kemasan vakum Anda dengan kami sebelum memutuskan untuk membeli.
Bagi yang sudah terlanjur membeli mesin kemasan vakum dan mengalami kesulitan, kami juga siap membantu dengan modifikasi mesin yang dikerjakan di workshop kami.

Call / Chat WA : 081252160260