“Kecewa berawal dari keinginan yang berlebihan” ATAU “Kecewa bermula dari keinginan yang Tidak Realistis”

Pernah mendengar 2 kalimat bijak tersebut diatas ? Betul, tidak semuanya pernah mendengarnya.Namun setidaknya tanpa ada kalimat bijak tersebut, sejak kecil kita sudah banyak mendengar orang-orang yang tidak bahagia hidupnya karena harapannya terlalu berlebihan.Bahkan mengharapkan sesuatu yang tidak bisa dan tidak ada.

Dalam beberapa kali kesempatan bertemu dengan calon pembeli, bahkan customer kami yang sudah beberapa kali membeli unit mesin …. masih sering terdengar permintaan mesin dengan banyak nozzle.Kalau bisa 10 nozzle atau 20 nozzle supaya cepat proses kerjanya.

Apakah salah ? Tidak.Sebagai seorang pengusaha tentu pertimbangan utama dalam pembelian mesin adalah kecepatan.Untuk apa membeli mesin kalau tidak bisa lebih cepat dari yang sekarang dikerjakan.
Pemikiran ini tidaklah salah bila kita merujuk dari kebutuhan.

Lalu dimana salahnya ? Salahnya adalah keinginan satu mesin bisa untuk mengisi 100ml, 300ml, 600ml, 1500ml, dst.
Beberapa jenis mesin tidak sulit untuk dilakukan perubahan antara tiap produk dan tiap volume pengisian.Namun sebagian besar adalah mesin-mesin yang memang didesain demikian dan umumnya memiliki harga jual yang tinggi.Karena penggunaan komponen-komponen pengaturan otomatis di dalamnya.

Yang tidak masuk akal adalah ketika unit mesin yang murah tetapi dituntut untuk bisa all in one.

Sering kami informasikan bahwa itu tidak mungkin untuk dilakukan.Sekalipun akhirnya atas jawaban kami ini, beberapa yang berpikiran pendek akhirnya pergi dan mencari dari yang lain.
Apakah menemukan di yang lain ? Biasanya menemukan yang lain yang berani berjanji tidak realistis.Ujungnya kembali pada apa yang pernah kami informasikan, dan akhir harus belajar dari pengalaman yang mahal.

Tidak semua mesin pengisian siap untuk digunakan dengan kondisi produk yang berganti-ganti dan volume pengisian yang bervariasi.
Mesin pengisian rotary monoblock seharga 400 jutaan umumnya bisa dan proses penggantian mudah.Itupun harus menambah biaya untuk pembelian star wheelnya, Tidak Juga Gratis.
Namun tidak demikian dengan mesin pengisian model linier dengan harga dibawahnya.
Apalagi dengan mesin-mesin pengisian dibawah harga 10 jutaan dengan pengaturan pengisian berdasarkan waktu.Sangan tidak mungkin menggunakan banyak nozzle untuk varian produk dan varian volume isi.

Dalam setiap kesempatan, untuk mesin pengisian cairan banyak nozzle yang menggunakan timer/pewaktu dan harga dibawah 10 jutaan kami sarankan untuk menggunakan bagi satu jenis produk saja dan satu ukuran volume isi.

Yang membutuhkan variasi jenis produk dan volume isi, lebih baik gunakan mesin dengan 1 nozzle atau paling banyak 2 nozzle saja.
Mesin dengan banyak nozzle yang dipaksakan digunakan untuk banyak varian produk atau banyak varian volume isi, umumnya tidak lebih cepat daripada menggunakan mesin pengisian dengan 1 atau 2 nozzle tetapi dengan jumlah pembelian unit mesin sesuai jumlah produk.Misalnya punya 5 jenis produk, lebih baik membeli 5 unit mesin dengan 1 atau 2 nozzle daripada membeli unit mesin dengan 10 nozzle.Pada kenyataannya jumlah nozzle banyak tidak lebih cepat bagi Bapak/Ibu yang varian produknya cukup banyak. 

Semoga Bermanfaat !! 
Konsultasikan dengan kami terlebih dahulu sebelum membeli.Menceritakan kekecewaan setelah membeli tidak akan membantu.

error: Content is protected !!