mesin kemasan vakum

Besar ?? Seberapa besar Mesin Kemasan Vakum-nya ? Apa manfaatnya kalau besar ?

FUNGSI MESIN KEMASAN VAKUM

Mesin kemasan vakum berfungsi untuk membungkus makanan yang biasanya berupa olahan hasil laut, hasil peternakan, hasil pertanian, dan lain sebagainya dalam kemasan hampa udara.
Kemasan hampa udara dibuat dengan cara mengosongkan udara di dalam kemasan kemudian menutupnya.

PENENTU KEKUATAN VAKUM DARI MESIN KEMASAN VAKUM

Seberapa besar kekuatan vakum yang dihasilkannya biasanya tergantung dari kekuatan pompa yang digunakan oleh mesin tersebut.

Biasanya spesifikasi pompa vakum tertulis dalam satuan berapa meter kubik per jam.Maksudnya adalah dalam 1 jam pompanya mampu menghisap udara sebanyak sekian meter kubik sesuai spesifikasinya.

Misal di sebuah mesin kemasan vakum menulis kemampuan pompanya adalah 20 meter kubik per jam.Artinya mesin tersebut memiliki kemampuan menghisap udara sebanyak 20 meter kubik dalam 1 jam kerjanya.

Namun lebih dari itu, RPM dari motor pompanya juga memiliki pengaruh yang besar.Tetapi kita jangan sesekali mencoba menambah RPM motor karena ingin pompanya lebih kuat ya.Karena ini tidak bisa dilakukan tanpa perhitungan yang baik.
Mengingat komponen mekanikal di dalam pompa sudah didesain dengan kemampuannya masing-masing.
Ketika dijalankan dalam putaran lebih tinggi, bisa jadi komponen mekanikal tersebut akan panas dan memuai atau bahkan patah.

MESIN KEMASAN VAKUM SERI DZ-800/2L

Nahhh, setelah kita tahu dasar dari kekuatan vakum, sekarang kita masuk pada pembahasan utamanya.Yaitu Mesin Kemasan Vakum dengan Chamber besar type DZ-800/2L merek MESIN77.

Kenapa sihh mesti pakai mesin pengemas vakum yang chamber besar begitu ? Dan kapan dipakainya ?
Jawabannya simpel sebetulnya : disesuaikan saja dengan ukuran produk kita.

Misalnya kita punya produk ikan asap yang rata-rata panjangnya 30 cm sampai 50 cm.Tidak mungkin bisa masuk di mesin kemasan vakum yang panjang chambernya cuma pas-pasan 30 cm kan ?

Jadi saat itulah kita harus dan mau tidak mau untuk memilih menggunakan mesin vakum kemasan besar seperti DZ-800/2L merek Mesin77 ini.

mesin kemasan vacuum ukuran besar
mesin pengemas vacuum
mesin kemasan vakum untuk kantong besar

SPESIFIKASI MESIN PACKING VACUUM SERI DZ-800L MESIN77

Type : DZ – 800/2L
Brand : MESIN 77
Power Supply : AC 380V / 50 Hz
Motor Power : 1800 W
Sealing Power : 1000 W
Vacuum Pressure : 1 KPa
Double Sealing Bar
Chamber Dimension : 806 x 606 x 190 mm
Sealing Length : 570 mm
Sealing Width : 10 mm
Vacuum Pump Rate : 20 m2/h
Chamber Materials : Stainless Steel
Machine Dimension : 886 x 724 x 1005 mm
Machine Weight : 235 kg

MAINTENANCE MESIN KEMASAN VAKUM

Hampir semua mesin kemasan vakum model chamber mewajibkan perawatan rutin yang sama.Yaitu penggantian Oli Pompa Vakum.

Kapan harus diganti ? Di setiap pompa vakum terdapat kaca bening yang biasanya berbentuk bulat untuk melihat Oli yang ada di dalam pompa.Kalau sudah kelihatan hampir habis atau kelihatan warna Oli sudah memutih atau berbuih cukup banyak, itulah saatnya mengganti Oli.

Perawatan lain adalah kebersihan mesin.Seringkali di bagian teflon yang untuk sealer kotor atau ada sisa-sisa plastik, menyebabkan hasil sealer bocor di titik tertentu.

Manajemen Mesin 77 menyediakan Tutorial Lengkap Perawatan dan Perbaikan mesin kemasan vakum dalam bentuk Video.Karena tidak mungkin Tips perawatan bisa ditulis secara lengkap dan menyeluruh disini.
Di setiap mesin kemasan vakum type apapun dari MESIN 77 selalu ada nomor seri yang biasanya terletak di bagian belakang unit mesin.Nomor seri tersebut adalah password yang digunakan untuk membuka Video Tutorial.

Video Tutorial tidak hanya berisi perawatan saja, tetapi juga mengenali gejala kerusakan sejak dini sehingga tidak menghabiskan biaya untuk perbaikan.Juga panduan lengkap cara perbaikan setiap masalah secara mandiri yang dijelaskan step by step.

Baca juga : Mesin Kemasan Vakum DDZP-260/PD Model Table Top

CARA KERJA MESIN KEMASAN VACUUM SERI DZ-800/2L MESIN 77

Mesin kemasan vacuum model chamber seperti type DZ-800/2L merek Mesin 77 ini adalah dengan memainkan tekanan atmosfer di dalam chamber.
Oleh karena itu sekalipun produk dalam bentuk cairan atau serbuk halus sekalipun, produk tidak terhisap oleh pompa seperti yang sering dibayangkan banyak orang.

Mesin kemasan vacuum model chamber memainkan udara sebesar 1 atmosfer yang dihisap dan dikembalikan lagi ke dalam ruang chamber.
Pada saat awal penempatan produk, letakkan bagian terbuka dari kemasan di sepanjang batang pemanas.Kemudian tutup chamber.Dan proses vakum akan dimulai dengan menghisap udara di dalamchamber hingga tekanan udara di dalam chamber tersebut mencapai hingga 0,2 s/d 0,3 atmosfer.

Pada saat tekanan di dalam chamber mencapai 0,2-0,3 atmosfer tersebut, kemasan ditutup dengan pemanasan oleh batang sealer/batang pemanas.

Setelahnya,udara bertekanan 1 atmosfer dikembalikan lagi ke dalam ruang chamber.Dan saat inilah proses vakum terjadi.Ditandai dengan kemasan yang mengempis dan hilang udara.

Untuk lebih mantab, simak sebentar video mesin packing vacuum dibawah ini :

Informasi dan Penawaran Lebih lanjut, Chatting Whatsapp ya :

Hits: 7

error: Content is protected !!