Strategi Ampuh Kalahkan Pasar Bisnis

Di era tahun 2016 ini, banyak UKM mulai mengeluh dengan persaingan di dunia bisnis yang semakin ketat dan kompetitif. Hal ini mendorong para pelaku usaha kecil menengah mau tidak mau untuk lebih kreatif dan inovatif dalam mengembangkan usahanya agar bisa bersaing di pasar bisnis, termasuk menyusun strategi pemasaran.  Dengan begitu UKM bisa bertahan dalam persaingan dunia bisnis di era sekarang ini.

Nah untuk itu UKM harus bisa melakukan beberapa strategi jitu yaitu :

  1. Tentukan target pasar anda, hal ini dimaksudkan untuk membedakan mana konsumen yang akan dibidik. Dengan begitu anda bisa lebih fokus dalam menyiapkan program-program strategi sesuai target pasar.
  2. Lakukan promosi terhadap produk yang anda jual. Promosi bisa secara online melalui internet dengan cara membuat website perusahaan, berlangganan iklan di internet, bergabung dengan situs jual beli online seperti indonetwork, bukalapak, tokopedia, dll atau secara offline dengan menyebarkan brosur, pemasangan iklan di pamflet, membuat spanduk, dll tergantung kebutuhan promosi dan pasar yang anda bidik.
  3. Konsisten dalam melakukan strategi pemasaran yang sudah anda buat. Jika anda konsisten dengan strategi untuk mengembangkan usaha anda dan menjadi salah satu ahli (spesialis) di bidang yang anda geluti, konsumen dengan sendirinya akan percaya dan beralih kepada produk anda.
  4. Lakukan selalu inovasi dan berikan nilai tambah lebih pada produk anda agar konsumen tidak bosan dalam menikmati setiap produk yang anda berikan. Membuat produk beda dan unik akan membuat konsumen juga beralih ke produk anda. Pemberian garansi juga akan membuat konsumen lebih tertarik dengan produk yang ditawarkan.
  5. Berikan layanan prima kepada konsumen anda, dan pastikan semua konsumen mendapatkan layanan tersebut agar mereka menjadi konsumen yang loyal. Buatlah database untuk data konsumen anda, mana konsumen biasa atau pelanggan setia tergantung cara anda memberikan nama terhadap konsumen anda.
  6. Membangun branding yang kuat. Branding yang kuat biasanya dibangun dari strategi promosi yang baik juga. Misalnya seperti dunia mesin pengemasan dan pengisian yang saya geluti, memperkuat brandingnya dengan memberikan pelatihan-pelatihan bagi para pelaku usaha mesin, para mahasiswa, serta orang-orang yang ingin belajar mengenai dunia mesin pengemasan dan pengisian, membuat beberapa artikel tentang dunia mesin atau menerbitkan buku, menjadi narasumber pembicara dalam seminar-seminar bisnis juga termasuk dalam rangka membangun branding.
  7. Cari dan pilihlah partner yang baik dan sesuai untuk usaha anda. Kebanyakan UKM belum begitu faham akan pentingnya partner untuk mengembangkan usaha mereka. Jika mereka menganggap partner itu penting, maka usaha yang digeluti lebih cepat berkembang dan dikenal orang. Contohnya dari sekian banyak pembeli di CV. Carmel Hill Machinery yang membeli mesin pengemasan dan pengisian merk Carmel, rata-rata usaha mereka masih tergolong UKM. Mereka menjadikan CV. Carmel Hill Machinery dengan brand nya merek Carmel menjadi salah satu partner usaha mereka. Jika ada kendala pada mesin pengemasan dan pengisian yang mereka beli, tak segan-segan CV. Carmel Hill Machinery segera berusaha memperbaiki kendala mesin yang terjadi. Dengan begitu mesin yang tadinya menghambat proses produksi, kini bisa berjalan dengan normal lagi. Begitulah seharusnya partner yang baik. Bisa memberikan sesuatu untuk kelancaran usaha partner nya. Dan CV. Carmel Hill Machinery siap untuk menjadi partner yang baik dalam pemenuhan kebutuhan usaha anda.

Semoga bermanfaat.