MERAWAT MESIN INDUSTRI DENGAN BENAR MEMBUAT UMUR MESIN LEBIH PANJANG DAN PEMAKAIAN LEBIH NYAMAN

tips dan trick merawat mesin industri

Banyak sekali pengguna mesin yang masih bingung cara perawatan mesinnya.Mendengar dari penjual mesin bahwa mesinnya harus dirawat tetapi tidak dijelaskan apanya yang harus dirawat.

Sehingga tidak jarang akhirnya dikir-kira sendiri dan maksimal hanya membersihkan mesin dari debu saja.Mesin hanya diperlakukan sebatas layaknya perabot rumah tangga yang berdebu.

Di artikel kali ini, yuk kita bahas apa saja yang mesti dilakukan dalam perawatan mesin industri.

Mesin yang dirawat dan tidak tentu akan berbeda masa penggunaannya.Banyak calon pembeli mesin yang menanyakan mesinnya akan awet berapa lama ?
Pertanyaan ini tentu harus dihubungkan dengan bagaimana mesin dirawat selama penggunaannya.Semakin sering dilakukan perawatan dengan benar, tentu semakin awet.Semakin jarang dilakukan perawatan, tentu umur mesin akan lebih pendek.

Beberapa customer kami pengguna mesin merek Carmel dan merek Mesin77 malah banyak sekali yang sudah menggunakan mesinnya selama lebih dari 68.300 jam pemakaian.Padahal mesin yang kami sebutkan ini adalah mesin buatan China dan buatan lokal kami sendiri yang sebetulnya dari buku manualnya disebutkan bahwa masa pakai mesin adalah 58.000 jam.

Kami memang tidak menjual mesin-mesin dengan type murah yang masa pakainya lebih pendek.Karena menyangkut kesulitan.Ada mesin2 yang sejenis dengan yang kami jual tapi masa pakainya hanya sekitar 20.000 jam saja.
Kami tidak tergiur menjual mesin-mesin murah yang nantinya memberi banyak masalah perbaikan untuk customer maupun untuk kami sendiri.

Mesin yang semestinya menurut iformasi pabrikannya hanya bisa dipakai selama 58.000 jam pemakaian.Namun dengan mengikuti panduan perawatan yang benar yag kami berikan di tutorial video sudah banyak bukti bahwa bahkan lebih dari 68.300 jam pemakaian masih tetap dapat beroperasi dengan baik.

Inilah peranan perawatan mesin.

Bahkan lebih baik mesin China atau Lokal yang dirawat, daripada mesin Jepang yang asal pakai, asal jalan, tidak pernah dirawat.

Ok, sekarang masuk ke tips perawatannya.Apa saja yang harus dilakukan dalam perawatan mesin ?

PERAWATAN RUTIN
Perawatan rutin ialah perawatan atau kegiatan yang harus dilakukan setiap hari dan sifatnya terus menerus dan sistematis.
Contohnya adalah pembersihan sisa-sisa material yang ada di saluran-saluran atau di hopper mesin, melepas arus listrik atau memutus hubungan dengan listrik setiap kali selesai digunakan.

PERAWATAN PERIODIC
Perawatan periodic ialah perawatan yang dilakukan pada jarak waktu tertentu dan harus dilakukan rutin dan sistematis pula.
Contohnya mengganti oli setiap jangka waktu tertentu secara rutin, melumasi bagian-bagian mesin yang memerlukan pelumasan, pengecekan bagian-bagian mesin secara menyeluruh.

PERAWATAN BERENCANA
Perawatan berencana ialah tindakan perawatan yang dilakukan atas dasar perencanaan sebelumnya sehingga segala sesuatu berjalan lancar dalam waktu singkat.
Contohnya : membuat rencana dan komitmen bahwa setiap hari sabtu mesin berhenti untuk dilakukan pengecekan dan perawatan berkala.Dan secara rutin dan konsisten dilakukan setiap hari sabtu.

PERAWATAN PENCEGAHAN
Perawatan pencegahan ialah pekerjaan yang dilakukan sebelum fasilitas mengalami kerusakan, jadi tindakan/pekerjaan perawatan ini semata-mata telah direncanakan sebelumnya.
Lebih baik mencegah daripada mengobati.Contohnya dengan memperhatikan kondisi ruangan penempatan mesin, jangan sampai terlalu lembap.Apabila kelembapan cukup tinggi karena memang tuntutan standard ruang produksi demi penanganan produk, pastikan membeli unit mesin dengan material-material logam yang sesuai.Bicarakan dengan penjual mesin sebelum membeli.

TINDAKAN PERBAIKAN
Tindakan perbaikan ialah perbaikan setelah mesin mengalami kerusakan, karena alat-alat yang di pakai dalam perbaikan ini telah siap sebelumnya maka kegiatan tersebut termasuk kategori perawatan.

OVERHAUL
Overhaul ialah perbaikan besar dalam rangka mengembalikan kondisi standard suatu mesin yang tingkat kerusakannya telah total.
Misalnya mesin yang tidak dipakai selama bertahun-tahun, lalu penempatan mesinnya di lokasi yang lembap.Atau terkena tumpaham cairan-cairan tertentu dalam waktu yang lama dan tidak diketahui selama tidak digunakan.

Semoga Bermanfaat !!

Bagi pengguna mesin merek Carmel dan mesin merek Mesin77 ….. gunakan panduan yang diberikan di member area mesin77.com untuk mengetahui cara perawatan mesin yang anda gunakan. 
Manajemen CV Carmel Hill Machinery menyediakan semuanya secara lengkap dan step by step dari pengalaman selama lebih dari 18 tahun berkecimpung di bidang mesin kemasan dan pengisian.Jadi ada banyak tambahan dari panduan yang tertulis di buku manual bawaan mesin. 

error: Content is protected !!