Rasa kuatir adalah momok bagi siapa saja yang merencanakan untuk membeli sebuah barang, apalagi harganya mahal.Belum lagi penggunaannya untuk usaha yang tentunya harus bisa terjaga life timenya.Tapi alih-alih mendapatkan yang berkualitas baik, malah mendapatkan mesin yang hancur.

Apa penyebabnya ? Itulah yang akan menjadi pokok bahasan kita kali ini.

Jauh bertahun-tahun sebelum saya menulis artikel seperti ini, mungkin sudah kesekian kalinya yang mirip-mirip pernah saya tulis.Intinya sama.Penyebab terbesar masih sama.Pola pikir mereka juga masih sama.

Apa itu ?? MEMAKSAKAN MENDAPAT MESIN READY STOCK UNTUK SEBUAH JENIS MESIN YANG TIDAK MEMUNGKINKAN UNTUK READY STOCK.

mesin berkualitas untuk usaha

Alasan ini menduduki peringkat terbesar dan nomor satu alias juaranya dalam menjadi penyebab harapan palsu.

Karena memaksakan diri, ya memang akhirnya dapat.Tapi di-PHP.Kira-kira begitulah.

Pengalaman saya sebagai pemasok mesin industri yang sudah 20 tahun lebih memberikan pelajaran bahwa mereka yang mencari mesin dengan memaksakan ready stock untuk jenis-jenis mesin tertentu yang sebetulnya memang spesifik dan harus ada penyesuaian dengan produk, adalah sumber kekecewaan terbesar di kemudian hari.

Dari jumlah sekian banyak mesin-mesin yang akhirnya tidak dpaat beroperasi sebagaimana mestinya.Yang akhirnya digudangkan dalam waktu singkat.Yang akhirnya harus dijual Kembali karena tidak menghasilkan seperti harapan.90% penyebabnya adalah pencarian yang salah ini.

Pencarian unit mesin ready stock.Keburu mau segera pakai.Tapi ingin juga yang berkualitas.Adalah sebuah tuntutan dan harapan yang tidak logis.

Dan karena tidak logis, tentu kisah berikutnya adalah kisah kecewa.

Mesin yang berkualitas tidak bisa diperoleh dengan cara demikian.Mesin yang disebut berkualitas adalah mesin yang dirancang dan dibangun dengan hati-hati dan penyesuaian dengan produk yang hendak menggunakannya.Ini tentu butuh waktu.Dan karena berurusan dengan waktu, seringkali sudah pasti anda harus mau INDENT.

Sebagai pemasok mesin yang sudah memiliki jalan cerita yang Panjang, saya juga sering memberikan masukan tentang hal ini kepada calon customer.Karena saya sudah tahu ujung ceritanya akan kemana nantinya Ketika ada calon customer yang dating atau bertanya soal ready stock dan ada kecenderungan tidak logis.

Contohnya mesin untuk pengisian produk susu.Pengusaha susu termasuk satu yang terbesar yang mengalami hal ini.

Karena diburu waktu, diburu order, dan mesin harus segera ada…. Mereka mencari kesana kemari.Termasuk beberapa diantaranya menghubungi saya juga.

Lalu saya katakana kalua tidak mungkin meisn filling susu bisa ready stock.Tetapi karea jiwa yang ulet dan terus mencari, akhirnya dapat juga.

Tidak selang waktu lama, hanya 2 minggu mesin dipaka.Mereka menghubungi saya lagi mengatakan mau indent asal boleh tukar tambah mesin.Mesin yang ready stock tadi tidak bisa digunakan.

Produk susu mudah basi (rusak).Saya cek dan lihat mesinnya.Ternyata mesin filling cairan.Penjualnya bilang bisa buat susu.
Ya memang bisa.Susunya pindah ke botol dan akurat.Tapi susunya cepat basi.

Desain mesinnya bukan diperuntukkan siap untuk proses CIP.Jadi Ketika di cleaning masih ada sisa susu yang tertinggal di dalam pompanya, di dalam pipa-pipaya, dll.

Mengapa ?? Ya memang bukan peruntukannya.Mesin itu memang untuk cairan.Dipakai mengisi susu ya bisa… mengisi saja.Penjualnya entah tidak paham atau dikejar target omzet mengatakan bisa untuk susu.

Padahal sebelumnya sudah dijelaskan kalau muter kemana aja kalau pengen dapat yang benar, tidak ada meisn filling susu itu Ready Stock.

Tapi keburu pakai,mesti bagaimana ?? Ya itu sumber masalahnya bermula.
Mau cari mesin berkualitas baik, tapi malah dapat mesin hancur.Keburu mau segera pakai.

Pengusaha kedua terbanyak yang seringkali kena makan PHP mesin berkualitas dan ready stock adalah pengusaha dengan produk serbuk.Hayoooo,sudah ada yang merasa atau sudah jadi korban PHP saat baca artikel ini ??

Tau alasannya ? kenapa pengusaha produk serbuk menempati urutan terbesar kedua setelah pengusaha susu ? Sama ….. kondisinya sama persis.Mesin untuk produk serbuk, khususnya serbuk halus benar-benar harus disesuaikan dengan kondisi tekstur produk.Mulai dari meshnya dan kadar kekeringannya.

Nahh, terus mesin yang harus disesuaikan seperti ini mau cari yang ready stock ?? Ya alamat dehhh, dapet kado PHP.

Kedua produk disebutkan diatas adalah contoh produk-produk yang membutuhkan penanganan khusus dalam proses pengisian dan pengemasannya.Satu dari Seribu kalau mencari yang Ready Stock.

Masih banyak jenis produk lainnya yang memerlukan penanganan khusus dan tidak memungkinak mesinnya bisa ready stock.Apalagi minta berkualitas.

Yuk, kita belajar logis.

Kita membeli mesin dengan tujuan mau memperbesar usaha.Kita membeli mesin itu maunya pekerjaan jadi lebih mudah dan mengurangi masalah.

Tapi tahukah kita, ada berapa banyak mesin yang justru akhirnya menjadi sumber masalah yang lebih berat ?

Mesin usaha yang berkualitas snagat diperlukan.Tanpa bantuan mesin usaha kita tidak akan maju.Tetapi tetaplah logis dalam mencari.

Kami di MESIN 77 juga ada banyak mesin yang ready stock.Namun itu adalah mesin-mesin yang umum dalam penggunaan.Contohnya mesin untuk pengisian dan pengemasan kopi, gula,beras, mesin kemasan vakum, dll yang memang unit tersebut dapat menangani banyak jenis produk.
Bukan untuk produk yang harus ditangani secara khusus.

Kelihatan sepele, tapi bukan hal sepele.
Sudah ratusan pengusaha yang kena PHP.Maukah jadi orang berikutnya ?

Konsultasikan dulu dengan kami disini :

Hits: 41

error: Content is protected !!
WeCreativez WhatsApp Support
Team Support kami siap melayani sepenuh hati