Internet of Things (IoT) untuk Mesin Filling dan Pengemas

IoT atau Internet of Things adalah sekelompok perangkat yang bekerja bersama-sama untuk memanfaatkan jaringan internet untuk melakukan kegiatan pemantauan, perekaman data, ataupun pengendalian jarak jauh untuk sebuah kebutuhan.

Kebutuhan ini bermacam-macam.Penggunaan IoT tidak terbatas hanya untuk pada industri saja.Namun dalam berbagai hal dalam bidang kehidupan.

Namun karena kami di MESIN 77 adalah perdagangan mesin filling dan pengemas, jadi kami membatasi diri hanya membahas tentang peranannya dalam bidang kami saja.

internet of things

Penerapan Internet of Things ( IoT ) pada Mesin Filling

Yang pertama akan kita coba bahas singkat sebagai dasar pengenalan terlebih dahulu penggunaan IoT pada mesin filling.

Dalam hal ini adalah meisn filling secara umum, baik untuk pengisian produk dalam bentuk butiran, bubuk, cairan, pasta, minyak, atau apa saja.

Bagi pengguna mesin, keberadaan IoT di dalam mesinnya akan sangat membantu dalam memantau hasil produksi dan efektifitas kinerja mesin.

IoT dalam mesin filling bisa diterapkan untuk membaca kecepatan aliran pengisian, mendeteksi kerja pompa, mengenali kerusakan dini komponen-komponen mesin, menampilkan hasil produksi mesin secara real time dari waktu ke waktu dan lain sebagainya.

Banyak hal yang bisa dilakukan oleh sistem IoT yang terpasang pada sebuah unit mesin.Tergantung dari pengambilan data PLC yang akan dibaca.

Teknisi profesional MESIN 77 akan membantu pemrograman dan pengambilan data ini.

Bahkan dalam proses perawatan dan perbaikan mesin, penggunaan sistem IoT pada mesin akan mengurangi biaya akomodasi.Karena tidak setiap permasalahan mesin harus diperbaiki melalui kunjungan teknisi ke lokasi.

Team teknis MESIN 77 mampu melakukan perbaikan mesin secara cepat dari jarak jauh.

Penerapan IoT pada Mesin Pengemas

Untuk mesin pengemas, teknologi IoT bisa digunakan untuk pemantauan kerja mesin seperti suhu heater, kapasitas produksi secara real time, putaran motor, pembacaan arus listrik dan tegangan, serta adanya kesalahan produksi.

Kesalahan produksi yang dapat dibaca umumnya adalah produk cacat, adanya benda asing di dalam minuman, pemasangan label yang salah. berat isi yang tidak stabil, dll.

Teknisi MESIN 77 membantu mempersiapkan mesin dengan IoT untuk melakukan tugas-tugas tersebut diatas.

Baca juga :
Mesin Packing dan efisiensi Biaya Penggunaannya

Sebuah unit mesin filling ataupun mesin pengemasan yang didalamnya ditanam teknologi IoT akan mampu menjalankan tugas lebih dari sekedar fungsi standardnya.

Kami menawarkan penambahan teknologi IoT dengan tujuan utama untuk memudahkan perawatan dan perbaikan di kemudian hari, mengurangi biaya akibat kerusakan mesin yang fatal dan terlanjur.

Teknologi IoT bukan sekedar keren-kerenan sehingga mesin terlihat canggih.

Namun memiliki fungsi yang lebih dan bisa dibandingkan dengan biaya perawatan dan perbaikan secara manual di kemudian hari.

Dengan teknologi IoT juga, mesin akan mampu melaporkan kondisi dirinya.Memberikan report adanya keausan atau penurunan kinerja komponen.

Kami tahu bahwa penerapan teknologi IoT pada meisn filling dan pengemasan ini tergolong baru bagi sebagian besar pengusaha industri, khususnya skala kecil dan menengah.

Oleh karena itu, kami membuka diri selebar-lebarnya untuk konsultasi penggunaan serta penerapan IoT tersebut pada unit mesin Bapak/Ibu.

Klik Tombol Chat Whatsapp dibawah ini untuk informasi lebih lanjut :

Hits: 25

error: Content is protected !!
WeCreativez WhatsApp Support
Team Support kami siap melayani sepenuh hati