Mesin Filling dan Kemasan merupakan jenis mesin yang paling banyak digunakan di berbagai jenis industri.Mengingat hampir semua produk hasil industri pasti dikemas.

Mesin Kemasan yang paling populer adalah mesin kemasan plastik dan mesin packing kardus.Kemasan plastik dan kemasan kardus adalah 2 jenis bahan kemasan yang memang paling banyak digunakan oleh industri.

MESIN FILLING CAIRAN

Produk cair seperti air minum, alkohol, minuman berasa,dll dimasukkan ke dalam wadah kemasan menggunakan mesin filling cairan yang umumnya tersedia dengan pilihan model manual, semi otomatis, hingga full otomatis.

Komponen utama biasanya adalah pompa dan saluran-saluran hisap dan dorong.

Sehingga garansi dan service mesin filling cairan umumnya menyangkut perbaikan pompa, pembersihan saluran, dan nozzlenya.

MESIN FILLING PASTA

Produk dalam bentuk pasta seperti mayonaise, madu, sirup, dll sejenis dimasukkan kedalam wadah kemasan menggunakan mesin filling pasta.

Mesin filling pasta umumnya menggunakan komponen utama berupa screw pendorong ataupun pompa, baik pompa piston maupun pompa dengan pengerak dinamo.

Perawatan komponen-komponen tersebut umumnya berkaitan dengan pembersihan sesudah pemakaian.Sedangkan servicenya biasanya menyangkut perbaikan pompa, ulir screw, dan motor pompa.

MESIN FILLING POWDER

Tidak jauh berbeda dengan produk cairan dan pasta.Mesin filling powder diaplikasikan untuk memasukkan produk-produk dalam bentuk serbuk ke dalam kemasan.

Umumnya powder dibedakan menjadi 2 jenis.Yaitu powder kasar dan powder halus berdebu.

Powder kasar bisa dimasukkan ke dalam kemasan dengan cara gravitasi yang dibantu oleh getaran

Sedangkan powder halus berdebu hanya bisa dimasukkan ke dalam kemasan menggunakan dorongan komponen screw.

MESIN FILLING BOTOL

Sedangkan untuk kemasan botol,mesin filling umumnya digunakan lebih fleksibel menyesuaikan dengan jenis produk yang dikemas.

Kita bisa memilih menggunakan mesin filling cairan ataupun pasta yang disebutkan diatas.Apapun produknya, selamakemasannya adalah kemasan botol, mesin filling botol bisa digunakan.

Hanya umumnya ditentukan berdasarkan jenis botolnya.Botol kaca atau botol plastik.

Sekalipun dalam proses fillingnya,botol kaca atau botol plastik memiliki mesin filling yang sama.Namun mesin penutupnya umumnya berbeda.

CARA KERJA MESIN FILLING

Mesin filling bekerja dengan cara memasukkan produk ke dalam kemasan.

Ada yang dengan cara didorong dan ditekan, ada juga dengan cara dituang atau dijatuhkan, ada juga yang memanfaatkan gaya gravitasi,dan ada pula yang dengan cara ditimbang.

MESIN KEMASAN

Mesin kemasan menjadi mesin yang bekerja setelah mesin pengisian.Sesudah produk masuk ke dalam kemasan, maka selanjutnya giliran mesin kemasan untuk menutup.

MESIN KEMASAN SACHET

Mesin kemasan sachet digunakan untuk menutup kemasan sachet.Yaitu kemasan kantong plastik atau aluminium foil.

Komponen utama yang digunakan adalah pemanas dan dinamo.

Oleh karena itu, dalam pengerjaan service dan garansinya seringkali diperuntukkan bagi kedua komponen tersebut.

Pemanas umumnya menggunakan batangan heater yang memang memiliki umur pemakaian dan ada rutinitas penggantian.Berapa lamanya tergantu dari cara pemakaian mesin dan kualitas komponen tersebut.

HARGA MESIN PENGEMAS

Belum lengkap kalau membahas mesin filling dan mesin kemasan tanpa menyebutkan harganya.

Harga mesin pengemas umumnya didasarkan pada jenis produk, isi per kemasan, dan otomatisasi yang diinginkan.

Tetapi kami bisa informasikan disini bahwa dengan mulai budget 2 jutaan sudah bisa memiliki mesin pengemas sendiri.

Pembahasan lebih detail mengenai harga ini bisa dikonsultasikan dengan kami lebih lanjut melalui Chatting Whatsapp dengan Klik Tombol dibawah ini :

Hits: 22

error: Content is protected !!