9 HAL  YANG  HARUS  ADA  DI LABEL  KEMASAN MAKANAN

Kebutuhan manusia yang tentu saja harus selalu terpenuhi untuk bertahan hidup adalah makanan. Oleh karena itu, usaha dan bisnis makanan menjadi hal yang sangat potensial untuk dijadikan peluang bisnis dan ladang usaha. Dan karena itu, bagi produsen makanan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan terkait dengan label kemasan makanan.

Tidak dapat disangkal bila bisnis makanan tidak akan pernah ada matinya. Selama manusia masih membutuhkan makanan, sampai hari terakhir pun, makanan akan selalu dibutuhkan.

Karena itu, banyak sekali macam produk makanan, mulai dari makanan cepat saji, makanan instan, makanan olahan, makanan sehat yang sangat beragam jenisnya untuk menarik perhatian konsumen.

Dalam sebuah kemasan makanan, hal yang sangat penting adalah label. Beberapa hal yang harus diperhatikan, terkait isi dan informasi yang ada di label kemasan.

NAMA PRODUK

Setiap produk harus memiliki nama produk tersendiri, yang berbeda dengan nama perusahaan dan lebih baik lagi bila bisa menjadi ciri khas agar konsumen mudah mengingat produk Anda.

Nama produk dibuat dengan tipografi atau front yang mudah dibaca dan cukup terlihat menonjol dibanding elemen visual lainnya. Buat nama produk yang terlihat eye catching dan mudah terlihat, karena nama produk adalah komponen penting untuk menarik perhatian dan menjadi pengenal untuk konsumen.

NAMA DAN ALAMAT PRODUSEN

Alamat produksi sangat penting untuk ada di label kemasan. Tempat produksi berbeda dengan alamat perusahaan. Alamat produksi dicantumkan untuk membantu konsumen yang hendak menghubungi untuk memesan ataupun untuk mengunjungi pabrik untuk keperluan-keperluan yang penting.

TANGGAL DAN KODE PRODUKSI

Selain kode expired, yang penting untuk dicantumkan juga adalah kode produksi. Agar konsumen tau kapan produk tersebut dibuat, bahkan ada beberapa produk yang juga mencantumkan jam pada kode produksinya.

TANGGAL MASA BERLAKU /EXPIRED DATE

Hal yang sangat penting untuk menjaga kemasan produk adalah informasi sampai kapan masa berlaku dan masa yang baik untuk dikonsumsi, karena produk makanan pasti akan langsung dikonsumsi oleh konsumen.

LEGALITAS

Legalitas sangat penting untuk kelangsungan usaha. Perijinan bisa berupa nomor pendaftaran atau BPOM RI. Kesahan produk bisa didapatkan dari pemerintah setelah melewati proses yang ada. 

Selain itu, juga ada ijin yang harus didapatkan dari P-IRT yang dikeluarkan oleh Dinas Kesehatan setempat. Juga masih ada persoalan kehalalan suatu produk yang didapat dari Majelis Ulama Indonesia.

KOMPOSISI PRODUK

Komposisi adalah informasi bahan baku yang digunakan dalam makanan tersebut. Mencantumkan komposisi haruslah akurat karena berhubungan dengan nilai gizi. Dan penting bagi konsumen yang bilamana memiliki alergi terhadap bahan tertentu.

INFORMASI BERAT ISI

Berat bersih / netto, harus tercantum pada kemasan produk. Berat bersih adalah berat yang ada di produk makanan,yang harus tercantum agar konsumen mengetahui berapa banyak produk yang dikonsumsi dalam satu kemasan.

INFORMASI NILAI GIZI

Informasi nilai gizi / Nutrition facts sangat penting karena berkaitan dengan kesehatan konsumen. Keberadaan nilai gizi bisa dijadikan indikator oleh konsumen untuk melihat total kalori yang dikonsumsi dalam satu kemasan. Selain itu, informasi nilai gizi juga berfungsi untuk menunjukkan bahwa produk tersebut berkualitas dan bisa memberikan gizi bermanfaat.

WARNA DASAR LABEL

Warna Label yang kontras dengan produk pesaing juga menjadi hal yang penting.Tanpa meninggalkan ciri khas produknya.Misalnya kentang dengan warna kuning, sambal dengan warna merah, dll.

spesialis mesin kemasan dan pengisian

Dapatkan aneka mesin kemasan dan pengisian lengkap merek MESIN77.

Hits: 65

error: Content is protected !!