ALASAN MEMILIH VACUUM PACKING MACHINE (MESIN KEMASAN VAKUM) merek MESIN 77

Indonesia dikenal sebagai negeri dengan hasil bumi terbaik khususnya hasil olahan produk-produk hewani.Dimana hampir setiap daerah bahkan di setiap kota selalu bisa ditemukan usaha pengolahan hasil produk hewani.

Dengan kekayaan alam seperti ini, diperlukan strategi yang baik dalam pengolahan dan penyimpanan produk-produk hasil olahan seperti daging, ikan, serta hasil laut lainnya.

Teknik penyimpanan yang sudah dikenal luas adalah dengan penyimpanan di dalam lemari pendingin.Penyimpanan olahan hewani di dalam lemari pendingin dengan suhu beku dipercaya dan terbukti sebagai cara yang terbaik untuk membuat produk-produk olahan tersebut dapat disimpan dalam jangka waktu yang lebih lama.

Tanpa menyimpan di dalam ruang beku, kita akan dihadapkan pada masalah kerusakan produk apabila tidak segera terjual dan segera dikonsumsi.

Namun berbagai kelebihan dari penyimpanan beku ini tidak serta merta menciptakan kualitas produk yang baik.Hampir semua produk yang disimpan dalam penyimpanan beku selalu memiliki kendala kerusakan tekstur produk dan penyusutan produk / berat produk akibat sifat ruang beku yang menyerap kadar air yang ada di dalam produk hasil olahan.

Sehingga produk memiliki tampilan yang buruk, dikelilingi bunga es, dan mengalami penyusutan berat dan kualitas.

 

Disinilah kehadiran sebuah mesin yang mampu mengatasi permasalahan sangat diperlukan.Mesin Vacuum Packaging menjadi sebuah solusi yang mampu memberikan perlindungan di dalam ruang beku atau ruang pendingin.

Dengan kemasan vakum, produk olahan hewani di dalam ruang beku terjaga dari efek penyerapan kadar air, perubahan bentuk dan tekstur, serta penurunan berat dan kualitas produk.

Sudah banyak pengusaha olahan hewani yang mengambil langkah membeli mesin kemasan vakum untuk memberikan perlindungan menyeluruh bagi produk olahannya.

Mesin kemasan vacum / Vacuum Packing Machine terbukti sudah banyak membantu dan dapat kita lihat sehari-hari di rak supermarket adanya produk olahan hewani yang dikemas dengan kemasan vacum.

Namun ada satu informasi yang perlu diketahui dan dipahami, khususnya bagi kita yang merencanakan untuk membeli unit mesin kemasan vakum.Bahwa banyak juga para pengusaha olahan hewani yang harus membeli mesin vacum berulang kali atau menghabiskan biaya cukup besar untuk perbaikan mesinnya.

Memang harus diakui, mesin kemasan vacum yang beredar di pasaran Indonesia, hampir seluruhnya dibuat oleh pabrikasi di China.
Seperti yang sudah diketahui oleh banyak orang, khususnya yang sudah pernah melihat pameran produk di China, baik secara virtual maupun secara langsung di lokasi-lokasi pameran.Melihat produk buatan China kita harus akui bahwa China merupakan negara industri yang berkembang pesat dan di dalamnya ada pabrik yang bagus dan pabrik yang buruk.
Ada yang mengutamakan kualitas dalam pembuatan mesinnya, namun banyak juga yang asal jadi.

Sayangnya, karena didasari keinginan cepat laku dan stock cepat habis … sebagian besar importir tanah air justru senang mendatangkan yang kualitas rendah.

Tak bisa dipungkiri, kejadian seperti ini sudah terjadi puluhan tahun sejak produk-produk China membanjiri pasar dunia.

Industri mesin di China yang memproduksi mesin-mesin berkualitas tinggi, lebih cenderung memasarkan produk mesinnya ke pasar Eropa dan Amerika.

Inilah yang menjadi penyebab timbulnya masalah-masalah serius di belakang hari di pihak pengguna mesin kemasan vacum.Komponen yang tidak umum di pasaran, mesin yang berkali-kali bermasalah, dan harga komponen yang mencekik akibat trik penjual “mesin jual murah, ambil untung dari spare part”.

Ketertarikan calon pengguna mesin kemasan vacum pada tawaran-tawaran harga murah telah menjadi pemicu awal banyaknya permasalahan di belakang hari.
Mesin yang diharapkan menjadi alat bantu kerja, justru menjadi beban kerja.

Akhirnya pengguna mesin kemasan vacum serba salah.Produk tidak di vacum akan rusak, kalau di vacum mesinnya rusak terus.

Sebegitu burukkah kondisi pasar mesin kemasan vacum di Indonesia ?

Tidak … tentu di setiap permasalahan selalu ada solusi

  1. Membeli mesin kemasan vacum buatan Eropa/Taiwan/Korea (Note : benar-benar buatan Eropa/Taiwan/Korea, bukan buatan China yang dibilang eropa oleh penjual nakal).Dengan ciri khas harga umumnya minimal 3 kali lipat harga yang buatan China (kalau ada yang sama atau lebih sedikit dari China, sudah bisa dipastikan bohong).
  2. Membeli mesin kemasan vacum merek Mesin 77. Dengan unit mesin utama dan body memang dibuat di China, namun komponen isi di dalamnya sudah dimodifikasi dengan komponen yang umum ada di pasaran di Indonesia.

Kita tidak akan membahas opsi yang pertama.Karena siapapun pasti sudah tahu.Djlaskan bagaimanapun, kita harus akui bahwa mesin-mesin kemasan vacum buatan Eropa, Taiwan, dan Korea Selatan masih menjadi yang terbaik di dunia.
Beli sambil tutup mata pun sudah pasti aman.

Yang akan kita bahas adalah yang merek Mesin 77.Bagaimana mesin vecuum packaging yang buatan China dan dibuat oleh pabrik di China dengan kualitas hampir sama dengan importir lainnya di Indonesia, namun diupgrade menjadi mesin kemasan vacum yang siap kerja keras dan tidak cengeng.

Beberapa pengguna mesin kemasan vacum di seluruh Indonesia yang tersebar dari Sabang sampai Merauke sejak tahun 2009 hingga artikel ini ditulis (September 2020) masih menggunakan mesin kemasan vacuumnya dengan baik.Kami boleh katakan bahwa 95% unit mesin yang masih digunakan oleh pemiliknya.
Darimana kami tahu ? Dari data pembelian spare part.Beberapa pengguna mesin kemasan vacum merek Mesin 77 yang membeli di tahun 2009, 2010, 2011, atau 2012 masih sesekali menghubungi kami untuk membeli spare part ataupun menanyakan cara lepas pasang spare part yang dibelinya di pasaran umum.

Awetnya produk mesin kemasan vacum merek Mesin 77 ini juga terbukti dari banyaknya pemasaran mulut ke mulut yang terjadi.Dari pengguna mesin menginformasikan keberadaan kami kepada kawannya yang membutuhkan mesin kemasan vacum.
Sampai hari ini, sekian tahun berdiri … Mesin kemasan vacuum merek Mesin 77 lebih banyak dipasarkan dari mulut ke mulut oleh pengguna yang puas.

Pertanyaannya, apa yang membuat mereka puas dan bahkan mau mereferensikan mesin kemasan Vacuum Mesin 77 ke kerabatnya ?

Yang pertama, utama, dan diatas yang lain adalah karena support teknis yang diberikan oleh manajemen CV Carmel Hill Machinery di Malang, Jawa Timur.

Yang kedua, tentu karena mesin yang awet.Khususnya pengguna mesin kemasan vacum yang sudah pernah membeli merek lain kemudian mencoba membeli merek Mesin 77, mereka memiliki kemampuan membandingkan ketika mesin-mesin tersebut digunakan bersama. Menggunakan merek mesin yang berbeda di dalam satu area kerja dan jam kerja yang sama adalah cara membandingkan yang paling fair.Bunyi mesin, tingkat kerusakan, kekuatan vacuum, dll bisa dibandingkan secara langsung.

Yang ketiga, tentu yang yang sudah dijelaskan diatas.Ketersediaan komponen di pasaran umum.Bahkan di marketplace seperti tokopedia, shopee, bukalapak, dll. Mudahnya mendapatkan komponen dan tidak perlu dipermainkan harga oleh penjual mesin karena semua harga terbuka di pasaran umum. Manajemen CV Carmel Hill Machinery sebagai support teknis bagi mesin-mesin merek Mesin 77 telah menambahkan beberapa komponen dan mengganti beberapa komponen asli buatan China sebelum mesin dijual.
Data list komponen juga tersedia di halaman layanan pelanggan yang disediakan oleh CV Carmel Hill Machinery dimana data tersebut dapat digunakan untuk membeli komponen di pasaran umum.

 

Bagi yang tidak mau terkecoh oleh kesalahan memilih mesin kemasan vacum yang hendak dibeli, membeli mesin buatan Eropa/Taiwan/Korea Selatan ATAU membeli mesin kemasan vacum merek Mesin 77 adalah pilihan mutlak.

Membeli mesin adalah upaya menyelesaikan masalah yang ada dalam produksi dan distribusi, Jangan justru dibuat menjadi sebuah masalah baru dengan membeli mesin yang terus menerus bermasalah dan menghabiskan banyak biaya untuk pembelian komponen.