Tergantung pada jenis makanan yang dikemas, kemasan tersedia dalam berbagai jenis. Untuk mengemas bahan makanan tersebut digunakan berbagai mesin pengemas makanan. Gaya pengemasan juga berubah tergantung pada masa penyimpanan produk.

Makanan yang mudah rusak seperti daging olahan segar dan makanan beku adalah yang terbaik jika dikemas dengan vakum karena dapat memperpanjang masa penyimpanannya. Ada jenis terpisah dari mesin pengemasan makanan atau peralatan pengemasan makanan yang digunakan untuk melakukan pengemasan vakum produk.

Berikut macam-macam mesin pengemas makanan :

Mesin Pengemas Vakum Makanan

Merupakan salah satu mesin pengemas yang paling efisien untuk mengemas makanan karena menghindari udara yang membuat makanan tetap segar. Karena mikroorganisme aerobik bertanggung jawab atas kerusakan makanan yang cepat, mereka hampir tidak berkembang atau tidak dapat bergerak dalam kondisi ini.

Mesin pengemas vakum makanan membantu memperpanjang masa simpan produk makanan sehingga membuat produk sangat cocok untuk dijual di freezer atau unit penyimpanan display dingin di beberapa toko ritel.

Mesin Pengemas Biskuit

Mesin pengemas biskuit adalah jenis lain dari peralatan pengemasan makanan. Biasanya dilengkapi dengan pengontrol suhu digital elektronik untuk menjaga presisi tinggi dalam mencapai suhu yang diinginkan selama proses pengemasan makanan.

Ini membantu tetap menjaga kesegaran makanan yang optimal. Aspek yang paling menarik dari mesin ini adalah produk yang dikemas dipantau secara ketat dengan penghitung umpan otomatisnya yang menunjukkan jumlah barang yang ditempatkan dan dikemas oleh mesin. Hal ini memudahkan perusahaan manufaktur makanan untuk memantau output pabrik setiap hari.

Mesin Kemasan Makanan Bundling

Peralatan Pengemasan Makanan Bundling cukup umum dan banyak digunakan oleh banyak pemasok makanan. Ia mampu menyimpan makanan dalam jumlah besar sebelum diikat atau dibungkus menjadi satu bundel.

Ini juga disebut sebagai mesin banding. Dapat digunakan juga untuk mengemas barang-barang kecil seperti permen tongkat atau produk lainnya yang dikemas secara individual yang perlu dibundel bersama untuk tujuan ekonomi.Sehinga Produk yang dijual dalam kondisi paket tidak terpisah satu sama lain di rak penjualan.

Mesin Pengemas Kantong Plastik/Alu Foil

Ini populer hampir di semua pabrik pengolahan makanan. Makanan dalam hal ini dikemas dalam tas, karung dan kantong. Mesin bagging ini biasa digunakan untuk mengemas sereal dan makanan bubuk seperti susu bubuk dan gula.

Mesin Pengikat Kantong Kemasan

Mesin penutup ini juga umum di banyak pabrik makanan. Peralatan ini digunakan untuk mengikat kabel logam untuk melampirkan kantong makanan atau kantong.

Mesin Penutup Botol

Mesin capping populer di kalangan pemasok makanan sirup makanan dan minuman. Peralatan ini tidak hanya digunakan untuk mengemas bahan makanan tetapi biasanya digunakan bersama dengan peralatan pengemasan makanan lainnya.

Fungsi utama dari peralatan ini adalah untuk menutup makanan kemasan dengan menempatkan tutup kedap udara. Ini biasa terjadi di perusahaan manufaktur soda.

Mesin Counter Penghitung

Mesin akumulasi digunakan bersama dengan mesin capping. Mesin ini memungkinkan penyelarasan botol yang tepat untuk pengisian makanan yang sistematis dan terorganisir. Ini digunakan di perusahaan soda dan perusahaan air minum kemasan.

Ada berbagai jenis mesin pengemas makanan. Penting untuk menyesuaikan pilihan saat Anda membeli salah satu mesin ini menurut jenis makanan yang dikemas untuk memastikan produk berkualitas optimal dengan masa penyimpanan yang diperpanjang sepenuhnya.

Hits: 6

error: Content is protected !!