Kerja Tim, Gampang Gampang Susah

Selamat pagi Sahabat, bagaimana anda memulai pekerjaan hari ini? Pasti dengan semangat yang luar biasa bukan? Ditemani setumpuk pekerjaan individual yang sudah menanti dengan senyuman dan juga pekerjaan tim yang harus segera di meeting kan.

Nah kali ini kita akan membahas mengenai kerja tim. Apa itu kerja tim? Team work / Kerja tim bisa kita artikan sebagai suatu pekerjaan yang dilakukan oleh dua orang atau lebih untuk tujuan yang ingin dicapai bersama dalam suatu perusahaan. Kerja sama yang dilakukan oleh tim akan lebih efektif dan efisien daripada kerja secara perorangan. Kerja sama dalam tim akan menjadi kunci kesuksesan kinerja dan prestasi kerja dari suatu perusahaan. Cara kerja tim yang baik diharuskan adanya kesamaan, kesepahaman, keselarasan, komitmen bersama dalam bekerja agar tujuan dan keinginan bersama dapat tercapai.

Bagi kebanyakan orang, kerja tim (teamwork) kadang dianggap sebagai sesuatu yang gampang gampang susah untuk dilakukan. Pasalnya jika kita bekerja dalam sebuah tim, maka segala ego dan emosi pribadi kita harus benar-benar disingkirkan agar hal-hal yang bisa menghambat kinerja dalam tim bisa diatasi dan tidak menjadi suatu masalah yang mengakibatkan gagalnya kerja dalam suatu tim.  Berbeda dengan kerja secara individual yang dituntut sendiri dalam mengerjakan dan penyelesaian nya.

Kerja tim itu kadang bisa dibilang susah karena menyatukan ego dan emosi antara satu orang dengan yang lain tidaklah mudah. Harus benar-benar ada tekad dan niat dalam menyatukan setiap perbedaan individu yang lain. Di sisi lain dibilang gampang karena nantinya setiap pekerjaan yang kita kerjakan akan menjadi lebih mudah dan cepat pencapaiannya. Dengan begitu sesulit apapun pekerjaan kita jika kita kerjakan dalam kerja tim akan bisa diatasi bersama.

Sisi positif yang dapat kita ambil dari kerja sama tim adalah :

  1. Dapat menyatukan berbagai pendapat dalam sebuah diskusi kerja, dengan begitu akan melatih juga menghargai setiap pendapat orang lain.
  2. Saling mengisi ilmu jika salah satu dari tim ada yang tidak bisa.
  3. Target perusahaan bisa cepat terpenuhi dan realisasi kerja tidak butuh waktu yang lama.
  4. Timbul rasa pengertian dan tanggung jawab dalam diri masing-masing individu karena sejak awal sudah dilatih dalam menghargai setiap orang

5.Mempercepat keberhasilan tim dan kesuksesan dalam perkembangan perusahaan.

Untuk itu, kerja tim sangat dibutuhkan demi tercapainya tujuan bersama dalam perusahaan.