Masa Depan Mesin Pengisian UKM

Pada awal saya memulai usaha perdagangan mesin di tahun 2002 silam, sering mendapat permintaan dan harapan dari para pelaku usaha UKM akan adanya mesin pengisian namun dengan sistem timbang.

Pada masa itu, mesin pengisian dengan sistem timbang hanya dapat dibeli dengan dana minimal 75 juta rupiah.Tidak memungkinkan bagi UKM yang hanya menyediakan dana pembelian mesin sebesar 20 jutaan.Apalagi dibawah 20 juta.

Satu-satunya solusi bagi Industri kecil dan menengah dengan produk berbentuk butiran atau sebruk adalah mesin pengisian dengan sistem Volumetrik.Yaitu sistem pengisian dengan takaran berupa mangkok dimana isi 1 mangkok adalah 1 takaran isi per kemasan.
Kelemahan dari sistem pengisian ini adalah pada akurasinya.Secara umum untuk hasil takaran sebesar 50 gram, akan ada selisih antara 47,5 s/d 53 gram yang harus diterima.

Namun sejak tahun 2013 yang lalu, ada sebuah kabar baik … dimana beberapa perusahaan di China berhasil membuat mesin pengisian dengan sistem timbang yang cukup akurat.
Tidak main-main, akurasinya hampir mendekati nilai takaran yang diminta.Misalnya pada pengisian 50 gram, selisih yang terjadi hanya antara 49 s/d 51 gram.

Bersama CV Carmel Hill Machinery, dengan merek dagang mesin77 ….. tidak perlu dikuatirkan sekalipun mesin ini buatan China.Ada beberapa kriteria yang menjadi took ukur kami dalam melakukan impor barang dari China.

Bahkan ketika akurasi ini masih menjadi kendala di beberapa industri, team teknis kami akan membantu merubah dengan sistem timbang buatan Korea yang lebih akurat, bahkan akurasinya mencapai 2 digit di belakang koma.Dengan contoh yang sama, untuk hasil timbang 50 gram, selisih akurasinya hanya berkisar diantara 49,95 s/d 50,05 gram
Kami sudah mencoba modifikasi ini di beberapa industri.

mesin pengisian timbang

Semoga kabar baik ini dapat dimanfaatkan oleh rekan-rekan industri kecil dan menengah yang benar-benar menghitung kerugian sedikit demi sedikit akibat lolosnya kelebihan timbang pada isi kemasan.
Katakanlah setiap isi kemasan ada kelebihan timbang akibat kegagalan akurasi sebesar 1 gram saja.Apabila dalam setiap jam menghasilkan 1500 kemasan, artinya ada lost sebesar 1500 gram per jam.Bila sehari 8 jam kerja, artinya ada 12.000 gram per hari.
Mau dikalikan 1 bulan ?? atau bahkan 1 tahun ??
Sekarang berapa harga bahan baku Anda per kg ? Bila sehari ada lost 12 kg seperti ilustrasi diatas ….. bisa dibayangkan berapa total kerugian dalam sebulan atau bahkan setahun ?

Yuk … beralih ke mesin pengisian sistem timbang !! Dengan harga mulai 7,5 juta rupiah