Pertanyaan diatas sudah cukup mewakili banyak calon pengguna mesin label botol yang labelnya terbuat dari bahan plastik PVC.

Pertanyaan lanjutannya adalah : Mengapa harga steam tunnel lebih mahal daripada heater tunnel ?

Seperti yang mungkin sudah diketahui oleh sebagian besar industri, steam tunel menggunakan uap yang dihembuskan dengan tekanan tertentu ke body label dan botol untuk proses shrink atau pengetatan label ke body botol.
Sedangkan heater tunnel menggunakan lampu-lampu pemanas infra merah yang terpasang di sekeliling bagian dalam tunnel untuk memanaskan label hingga mengetat ke body botol.

PERBEDAAN MENDASAR PENGGUNAAN HEATER TUNNEL DAN STEAM TUNNEL UNTUK LABEL BOTOL

Perbedaan paling mendasar adalah pada penggunannya menyangkut bentuk botol.

Untuk menentukan apakah sebuah botol dan label lebih baik menggunakan steam tunnel machine atau shrink heating tunnel machine adalah dengan memperhatikan model atau bentuk botolnya, kemudian melihat ukuran labelnya,dan di bagian botol sebelah mana label tersebut akan dipasang.

Bentuk botol yang lebih banyak lekukan atau tulangan, dengan ukuran label memenhi seluruh badan botol akan memerlukan mesin shrink label yang memiliki pemanasan rata serta tidak mengikat plastik di salah satu titik sudut pada tulangan botol.
Teknologi ini hanya dimiliki oleh Mesin Steam tunnel.

Sedangkan bentuk botol yang cenderung polos dan tidak menampakkan adanya banyak tulangan lebih cocok menggunakan mesin shrink tunnel label dengan heater.Sekalipun dengan mesin steam tunnel juga tidak masalah, namun akan sedikit membuang uang untuk membeli mesin steam tunnel.

Lalu bentuk botol yang juga memiliki banyak tulangan dan lekukan, namun penempatan label hanya di bagian tertentu.Alias tidak menyeluruh pada bagian body botol, umumnya juga tidak memerlukan penanganan dengan mesin steam tunnel.

Jadi kesimpulannya dasar pemilihan kapan mesti menggunakan mesin shrink label dengan heater tunnel atau steam tunnel ditentukan oleh bentuk botol dan ukuran label.

Sebagai salah satu pemasok mesin shrink tunnel untuk label botol, kami memiliki riwayat pengalaman yang panjang dalam menangani berbegai bentuk botol dan labelnya.Ada kalanya cukup difoto saja dalam proses konsultasi awal bersama kami.Ada kalanya pula sample botoldan label harus dikirim ke alamat kami untuk kami pelajari lebih lanjut.

Namun jaminan bahwa mesin yang nantinya kami pilihkan untuk anda adalah yang terbaik.
Kami sampaikan apa adanya.

Kedua gambar diatas menunjukkan kedua model mesin shrink label botol yang dibahas pada tulisan kita kali ini.
Secara fisik keduanya tampak hampir sama.

Namun pada mesin steam tunnel akan ada tambahan steam generator yang berfungsi untuk memanaskan air merubah air menjadi uap bertekanan.

Untuk memahami cara kerjanya lebih detail dari kedua jenis mesin shrink label botol ini, kita simak sebentar video dibawah ini :

Yang diatas video untuk mesin shrink label yang menggunakan heater.Sedangkan yang dibawah adalah video mesin shrink label botol yang menggunakan heater.

Setelah melihat kedua video ini, semakin jelas tampak fisik yang berbeda.

MESIN SHRINK LABEL BOTOL MODEL STEAM TUNNEL

Satu lagi kelebihan steam tunel dibanding heating tunnel adalah pada kecepatan atau speed.
Siapa pengguna mesin yang tidak mencari mesin yang speednya bagus ?

Selain kemampuannya bekerja dengan opsi bentuk botol dan ukuran label yang lebih bervariasi, mesin shrink label model steam juga memiliki kecepatan yang lebih tinggi.

Bahkan untuk penggunaan pada kecepatan diatas 100 botol per menit, tanpa peduli dengan bentuk botol dan ukuran labelnya, sudah pasti wajib hukumnya menggunakan steam tunnel.

Hal lain lagi yang perlu diperhaikan dalam penggunaan mesin steam tunnel label botol adalah mesin shrink steam ini terdapat 2 opsi pilihan daya yang umum digunakan.Yaitu 9 KW dan 18 KW untuk mesin steam medium speed.Dan 24 KW untuk yang model high speed.

Sedangkan kekurangannya adalah karena menggunakan uap bertekanan untuk proses pemanasan label, hasil label seringkali basah embun sesaat setelah keluar dari tunnel.
Ada beberapa opsi untuk mengatasi basah embun ini.
Bisa dengan menunggu beberapa saat sambil botol didiamka atau dibiarkan berjalan di konveyor.Karena masih membawa temperature hangat, umumya akan mengering dengan sendirinya.

Namun bagi yang menginginkan pengeringan cepat, penggunaan mesin steam tunnel label botol bisa dikombinasikan dengan mesin dry blower.

Dengan mesin steam dry blower ini dipasang setelah mesin steam tunnel, maka label botol akan langsung kering dan siap masuk karton atau kemasan berikutnya.

Sekarang yang mana yang menjadi pilihan anda ?
Silahkan Chat Whatsapp dengan kami dengan Klik Link dibawah ini :

Hits: 19

error: Content is protected !!