Perkembangan teknologi di era digitalisasi akhir-akhir ini menuntun dunia industripun tak lepas dari perkembangan teknologi yang ada.
Disamping karena memang adanya tuntutan kebutuhan, namun juga penawaran hal baru yang dirasa membuat kinerja semakin lebih baik, lebih efisien, lebih cepat, lebih terkendali merupakan hal wajib bagi yang ingin eksis dalam jangka panjang.

Kehadiran IoT atau Internet of Things atau penggunaan internet pada mesin industri kini menjadi tren yang terus berkembang.Industri tidak lagi hanya dituntut untuk memiliki mesin-mesin yang bekerja serba cepat.Namun dibalik kecepatan itu, kegagalanpun harus diminimalisir.

Sebelum lahirnya IoT dan di-boomingkan seperti sekarang, manajemen CV Carmel Hill Machinery sudah terlebih dahulu menggunakan IoT pada beberapa mesin.Hanya karena waktu itu istilah IoT belum ada, kami sering menyebutnya sebagai Report Online System.
Yaitu pelaporan secara otomatis yang dikirimkan oleh mesin yang berupa laporan jumlah hasil produksi dan laporan pantauan keadaan mesin.

Waktu itu kami dan kita semua belum mengenal istilah IoT seperti sekarang.Sehingga pengembangan hanya berupa hal sederhana yang kami lakukan untuk membantu customer kami menerima report / laporan kerja mesin.

Kini di saat IoT sudah mulai banyak dikenal dan dikembangkan dimana-mana, kamipun di CV Carmel Hill Machinery semakin mengembangkan lebih lagi.Didkung dengan kehadiran vendor-vendor peralatan yang kami butuhkan untuk mengembangkannya, dimana ketika saat IoT masih belum ada, kami harus develop sendiri peralatannya.

Hari ini pengembangan IoT semakin didukung oleh kehadiran banyaknya pilihan peralatan pendukung yang dihadirkan oleh industri-industri komponen mesin.
Kami hanya perlu melakukan sedikit pengembangan saja dan berpikir agar IoT yang kami gunakan di mesin kami malah semakin menyulitkan customer yang menggunakannya.

Salah satu jenis mesin yang sudah kami kembangkan teknologi IoT-na adalah mesin pencuci pengisi penutup botol otomatis.Kerjanya yang serba cepat dan ruang kerja monoblok yang menuntut higienisasi dengan tidak banyak operator bisa bebas memasukkan tangannya ke dalam mesin, memungkinkan bagi kami untuk menawarkan fitur IoT yang dapat membantu pemantauan kerja mesin khususnya di titik-titik yang sulit dijangkau oleh operator.

Bahkan menjelang adanya kerusakan, mesin dapat mendeteksi dirinya sendiri dan melaporkannya.

Apa saja fitur IoT yang ditawarkan pada mesin pencuci pengisi penutup botol otomatis monoblok merek CARMEL ?

Yang pertama adalah fitur pemantauan kinerja mesin.Seperti jumlah hasil kerja, jumlah kegagalan produk, jumlah jam kerja mesin.Dan semua hal yang berhubungan kinerja mesin yang dibutuhkan.Fitur ini bisa kami sesuaikan dengan kebutuhan masing-masing customer.Data laporan apa yang mau diminta dari mesin.

Yang kedua adalah fitur deteksi.Salah satunya adalah deteksi cacat produk.Seperti danya serpihan logam di dalam air, atau label yang miring, atau tutup botol yang tidak terpasang dengan benar.

Yang ketiga adalah fitur deteksi.Fitur ini memberikan keamanan pada operator yang bekerja.Umumnya mesin berhenti ketika ada operator membuka pintu monoblok mesin atau membuka tutup panel.Agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan pada operator, mesin dihentika ketika bagian-bagian tersebut terdeteksi ada orang.

Ini adalah sekilas fitur IoT yang saat ini kami tawarkan untuk mesin pencuci pengisi penutup botol otomatis.
Kami sangat bangga menyadari bahwa apa yang kami kembangkan ini telah banyak membantu industri customer kami.

Hits: 11

error: Content is protected !!