Kompresor Torak Kerja Tunggal

Pada awal langkah hisap, torak berada di titik mati atas, engkol bergerak berputar menarik batang engkol sehingga torak bergerak dari titik mati atas ke titik mati bawah.

Hal ini menyebabkan di dalam silinder terjadi pembesaran volume dan pengecilan tekanan sehingga katup hisap terbuka dan udara luar masuk ke dalam silinder melalui katup hisap.

Hasil gambar untuk kompresor torak kerja tunggal

 

 

Pada akhir langkah hisap atau pada awal langkah tekan, kedua katup hisap dan katup tekan dalam keadaan tertutup.

Torak bergerak dari titik mati bawah ke titik mati atas sehingga di dalam silinder terjadi pengecilan volume atau pembesaran tekanan yang menyebabkan katup hisap tertutup dan katup tekan terbuka.

Udara masuk dari silinder ke saluran tekan melalui katup tekan.

Udara akan dihisap melalui katup intake dan melewati filter yang akan membersihkan udara sebelum masuk kedalam silinder. Di dalam silinder Kemudian piston akan bergerak dari titik mati bawah ke titik mati atas dan terjadi proses pemampatan udara (kompresi) sehingga volume udara mengecil dan bertekanan tinggi. Udara bertekanan tersebut kemudian akan disimpan di dalam tangki penyimpanan.

1. Hisap
Poros engkol akan berputar kemudian piston bergerak dari Titik Mati Atas (TMA) ke Titik Mati Bawah (TMB) sehingga ruangan di dalam silinder akan mengalami kevakuman, oleh karena itu katup hisap akan terbuka oleh adanya perbedaan tekanan antara ruang silinder dan udara sehingga udara akan terhisap masuk ke dalam silinder.
 
2. Kompresi
Setelah udara masuk kedalam silinder kemudian akan terjadi langkah kompresi yang terjadi pada saat piston bergerak dari TMB ke TMA, pada proses kompresi sebelum piston mencapai titik ati atas katup hisap dan katup keluar akan tertutup sehingga udara dapat dimampatkan (dikompress) di dalam silinder.
 
3. Keluar
Piston meneruskan gerakannya hingga ke titik mati atas katup keluar akan terbuka sehingga udara bertekanan di dalam silinder akan keluar silinder dan disimpan didalam tangki penyimpanan.

spesialis mesin kemasan dan pengisian

Hits: 726

error: Content is protected !!