Karyawan Jujur adalah Aset yang Berharga

Hasil gambar untuk honest employee

Selamat pagi Sahabat, wah sepertinya menarik sekali ya kalau kita dengar soal karyawan, manarik sekali untuk diusut dan dibahas. Kenapa? Karena perbedaan lah yang mambuat hal itu menarik. Betul tidak?

Setiap atasan ingin sekali mempunyai karyawan yang jujur dan dapat menguntungkan bagi perusahaan jauh lebih besar. Sering sekali karena karyawan tidak jujur, membuat perusahaan banyak rugi, banyak keluar uang, banyak kejahatan dalam perusahaan, dan masih banyak lagi. Namun bagaimana cara mengetahui karyawan tersebut jujur atau tidak?
Mungkin ini yang menjadi masalahnya, apa yang harus dilakukan untuk test kejujuran karyawan ini. Anda dapat menggunakan cara di bawah ini untuk mengetahui apakah karyawan anda termasuk orang yang jujur dan juga bagimana cara membuat karyawan anda menjadi jujur.

Berikut ini tips dan trik membuat karyawan menjadi jujur :
1. Saat Interview
Saat interview ini adalah hal yang menentukan untuk kedepannya. Anda harus perhatikan saat dia menjawab pertanyaan anda, karena ada ciri khas ketika seseorang sedang berbohong ataupun melakukan kesalahan.
2.Beritahu akan ditest
Dengan memberitahukan akan di test, karyawan anda akan waspada dan juga akan mencoba untuk jujur. Ini hanya gertakan saja dan jika karyawan tidak jujur atau sedang melakukan kesalahan, ia akan tidak konsentrasi atau takut dengan sendirinya ketika sedang anda ajak bicara.
3.Membuat Perjanjian Tertulis
Jika Anda bekerjasama dengan seseorang, ada baiknya membuat perjanjian yang tertulis. Begitu juga ketika merekrut karyawan agar mereka tahu batasan-batasan yang jelas dalam perusahaan.
4.Sistem Reward & Punishment
Dalam masalah Punishment Anda dapat mengampuninya jika barang yang hilang adalah 0,25% dari omset yang didapatkan. Dan jika 0,25% tersebut tidak ada yang hilang, Anda dapat membagikannya kepada karyawan anda. Lalu jika barang yang hilang lebih dari 0,25%, Anda dapat memotong bonus karyawan anda.

Buat karyawan Anda menjadi jujur diawal atau saat interview.Yang paling sulit adalah mengeluarkan karyawan, karena ketika kita salah mengeluarkan karyawan, atau bahkan yang kita keluarkan adalah karyawan yang jujur. Ini adalah hal yang fatal bagi seorang pemimpin. Selamat mencoba unuk para pemimpin.