Memasang Motor 3 Phase di lokasi dengan sumber tegangan listrik 1 phase

Satu minggu yang lalu, teknisi kami bertugas instalasi mesin di Bandung-Jawa Barat.Di sebuah perusahaan AMDK yang telah kesekian kalinya membeli unit mesin dari kami.

Ada sebuah pengalaman yang yang diperoleh dalam instalasi mesin cup sealer kali ini, dimana mesin kami beroperasi di tegangan kerja 380V (3 phase), namun pembeli meminta kami memasang mesin tersebut di sebuah ruangan dengan sumber tegangan 220V (1 phase)

Karena teknisi kami yang lain sedang padat job order, pada tugas kali ini kami mengirimkan seorang teknisi yang sebetulnya minim pengalaman dan masih dalam proses pendidikan.
Dengan sedikit pembekalan kerja sebelum berangkat ke Bandung, teknisi kami sudah memahami apa yang harus dikerjakan selama di lokasi.

Setibanya di lokasi, teknisi yang tergolong minim pengalaman ini dihadapkan dengan tugas yang cukup unik.Dia harus memasang motor 3 phase pada sumber tegangan listrik 1 phase.
Dengan dukungan teknisi senior yang bersamaan waktu sedang bertugas di Palu-Sulawesi Tengah, akhirnya motor 3 phase berhasil dipasang di sumber tegangan 1 phase.

Apa yang dilakukan ?
Seperti yang kita ketahui, pada motor terdapat 3 buah pole yang terhubung dengan sumber tegangan … yaitu U, V, dan W
Sumber tegangan 1 phase dihubungkan langsung dengan U dan W.
Lalu U dan V diberi kapasitor ELCO dengan perhitungan 25-30 mikroFarad untuk setiap HP

Gambar diatas mengilustrasikan hal ini