Lingkaran Setan Pembelian Mesin

Om, koq serem banget tuh judulnya ? Apa sebegitu seremnya sihh kalau mau beli mesin saja ?

Tergantung dari kita ….. kalau ada duit lebih dan kita adalah orang yang punya cadangan dana yang cukup besar, mungkin tidak begitu serem-serem amat.
Tetapi kalau kita pakai uang yang memang direncanakan bertahun-tahun untuk modal usaha, dan tiba-tiba saja kita mendapatkan mesin yang salah, mesin yang tidak bisa dipakai, dan mesin yang tidak ada komponen penggantinya atau penjualnya tidak mampu menangani alias hanya jualan saja …. tentu akan menjadi serem banget.

Tetapi di artikel kali ini, kita tidak ingin membahas mereka yang memang punya dana cadangan besar yang ketika mesin yang dibeli tidak bisa digunakan, tinggal meminta karyawannya untuk menempatkan mesin tersebut di gudang kosong dan tidak digunakan lagi.

Yuk !!! kita mulai pembahasan kali ini dengan koleksi beberapa pertanyaan yang sering diajukan oleh calon pembeli :
1. Ada garansi ? Berapa lama garansinya ?
2.Spare partnya tersedia di pasaran ?
3. Ada ready stock ?

Jujur saja, pertanyaan nomor 1 dan 2 sering dijawab ngawur oleh marketing penjual mesin.
Mengapa ? Garansi dan keberadaan spare part di pasaran itu kan maih jauh …. nanti habis beli baru terasa.
Marketing ditarget penjualan, harus tutup omzet tiap bulan.Kejar target, yang penting laku dulu …. urusan belakang dipikir belakang saja
Setuju ???

Yahh, harus setuju … kenyataannya seperti itu.

Lalu di CV Carmel Hill Machinery apa tidak seperti itu juga ? Perusahaan manapun kan pasti inginnya jualan sebanyak-banyaknya ? termasuk CV Carmel Hill Machinery kan ?
Betul, siapa yang tidak ingin dapat uang banyak setelah membuka sebuah usaha ? Pasti itu menjadi target juga.
Tetapi perlu diketahui, bahwa selama ini CV Carmel Hill Machinery tidak bisa menjual mesin dalam jumlah besar.
Loh, mengapa ??? Lah tergantung dengan jumlah supplier yang terbatas.

Kenapa memilih supplier yang terbatas ? Bukan memilih, tetapi demi menjaga kualitas, standardisasi komponen, dan jaminan keberadaan komponen di Indonesia ….. CV Carmel Hill Machinery memilih supplier dari negara asal mesin dibuat dengan kesepakatan tertentu.
Nahh, karena ada kesepakatan, tentu CV Carmel Hill Machinery terikat kontrak kerja yang tidak bisa dilanggar dengan pihak supplier.
Supplier bersedia memenuhi permintaan order dari CV Carmel Hill Machinery, tetapi kami tidak boleh membeli dari supplier lain.Ini adalah hal yang wajar dalam sebuah kesepakatan bisnis.

Sehingga sekaligus menjawab pertanyaan ke-3 …. ready stock ? Hampir kami tidak pernah bisa ready stock.Keterbatasan jumlah unit mesin menjadi kendala bagi CV Carmel Hill Machinery untuk Ready Stock

Mari kita tengok / lihat kembali ke-3 pertanyaan dasar yangs ering ditanyakan calon pembeli tadi …… garansi, spare part , dan ready stock adalah 3 hal yang yang tidak dapat disatukan dalam industri mesin pabrik.
Tetapi mengapa masih banyak pembeli yang meminta ketiganya harus terpenuhi ? Sama saja dengan bahasa guyonan begini : mintanya muda foya-foya, tua kaya raya, setelah mati masuk surga …… Ayo dijawab jujur , APAKAH MUNGKIN ????

Impossible lahhhh …..

Begitu juga minta garansi,  spare part gampang, dan ready stock …… di industri perdagangan mesin seperti kami, ketiga hal ini adalah yang tidak mungkin bisa dilakukan bersamaan

Lah terus gimana ??? pembeli kan mintanya itu …. normal kan sebagai pembeli ingin semuanya yang terbaik ….
Nah itu yang jadi penyebab mengapa banyak mesin bahkan di pabrik besar sekalipun yang akhirnya tidak dapat digunakan
Saya juga inginnya muda foya-foya, tua kaya raya, tapi mati masuk surga …… tetapi koq juga tidak bisa ?????????

Ada yang masih ngotot …. ahh, masak cuma urusan garansi, spare part lengkap, dan ready stock tidak bisa dilakukan ?? bahkan di pusat penjualan mesin yang besar sekalipun ,,, benarkah tidak bisa ???

Hubungi kami sekarang yuk untuk rencana pembelian mesin ….. atau coba beli langsung di penjual yang bisa man-JANJI-kan ketiganya sekaligus, sambil menunggu setelah mesin 2-3 bulan digunakan apa yang akan terjadi