Merubah Mesin ATAU Mengganti Komponen ?

MERUBAH MESIN ATAU MENGGANTI KOMPONEN ?

Salah satu problematika dalam instalasi awal unit mesin ataupun perawatan mesin, ada kalanya perdagangan mesin dan pengguna mesin dihadapkan pada persoalan serius ketidakcocokan mesin dan produk ATAU mesin dan material ATAU mesin dan kebiasaan operator setempat.

Banyak perdagangan mesin yang tidak siap menghadapi persoalan ini dan akhirnya pengguna mesin seringkali menjadi korban.

Calon pengguna mesin juga sering beranggapan bahwa garansi adalah sesuatu yang akan diterimanya hingga puluhan tahun menggunakan mesin.Tidak menyadari bahwa garansi yang dibutuhkannya adalah justru pada awal proses instalasi mesin.

Di awal proses instalasi seringkali dibutuhkan penyesuaian antara mesin, material, dan lingkungan serta kebiasaan kerja.

Beberapa persoalan yang sering dihadapi adalah ketidakcocokan antara material dan mesin.Apalagi ketika awal pembelian unit, informasi yang diterima oleh perdagangan mesin tidak lengkap.

Dalam beberapa kasus mesin-mesin otomatis, kami di CV Carmel Hill Machinery seringkali meminta sample produk dan sampla bahan kemasan yang akan digunakan.Khususnya apabila bentuk kemasan atau tekstur produk memiliki ciri khas tersendiri.Atau customer agak sulit memberikan penjelasan yang dibutuhkan.
Tujuannya tidak lain adalah untuk memproteksi hal-hal yang tidak diinginkan/ di luar perkiraan ketika instalasi unit dilakukan nantinya.
Sekaligus untuk memastikan kepada customer bahwa mesin yang akan dibelinya memang benar-benar dapat digunakan sesuai yang diminta/dibutuhkan.

Sekalipun proses ini seringkali kurang pas dengan calon customer yang tidak mau direpotkan dengan berbagai hal sebelum pembelian.Beberapa customer yang mau instant dalam membeli mesin, bahkan memaksakan diri untuk mendapatkan unit ready stock untuk jenis mesin yang memiliki spesifikasi khusus dan penyesuaian khusus terhadap produk.
Dalam banyak kasus, kami mengalami kesulitan dalam melayani type customer seperti ini.
Namun seringkali customer seperti ini masih menyimpan nomor kami dan meminta bantuan kami ketika akhirnya mesin yang dibelinya dari vendor lain tidak dapat beroperasi dengan baik.

Akhirnya disinilah keputusan antara Merubah Mesin atau Mengganti Komponen harus dilakukan.

Merubah Mesin seringkali memiliki efisiensi dan biaya yang lebih murah daripada mengganti komponen.

Merubah Mesin dapat didefinisikan dengan tetap mempertahankan komponen yang ada atau hanya mengganti sedikit sekali komponen.Sehingga yang dibutuhkan hanyalah skill teknisi saja yang memang sudah terlatih dengan baik di jenis mesin yang dimaksud.

Sedangkan Mengganti Komponen memiliki arti mengganti sebagian besar komponen untuk mendapatkan unit mesin yang dapat bekerja sesuai dengan kebutuhan.

Kedua opsi ini antara merubah mesin dan mengganti komponen juga ada kalanya harus dilakukan bersamaan dan tidak ada pilihan ketika unit mesin mengalami disfungsi.
Ada seorang calon customer yang pernah mencoba membeli unit mesin sendiri dari luar negeri setelah melihat pameran di negara tersebut.Tanpa pengetahuan yang baik terhadap pabrik mesin tersebut dan tidak mengenal sama sekali jenis komponen yang digunakan oleh mesin.
Sesaat setelah unit mesin tiba di Indonesia dan mendatangkan tenaga teknisi dari pabrik pembuatnya di luar negeri, mesin tampak berjalan normal dan tidak ada masalah.Namun setelah 1 minggu digunakan, mesin mulai memperlihatkan gejala-gejala kerusakan.Dimulai dari yang kecil dan dipaksakan beroperasi terus hingga akhirnya berhenti total hanya 3 minggu setelah digunakan.
Calon customer yang sebelumnya pernah menghubungi kami tersebut akhirnya menghubungi kami kmbali.Namun kali ini untuk meminta bantuan service dan menjalankan mesin normal kembali.

Teknisi kami pun berangkat ke lokasi dan melihat mesin yang bersangkutan.Semua komponen yang ada di dalam mesin tidak bisa diperbaiki.Kami mengenal komponen-komponen yang digunakan tersebut, tidak ada di Indonesia dan ketika coba diperbaiki akan terulang kembali hal yang sama setelah 2-3 minggu.

Akhirnya kami tawarkan untuk mengganti seluruh komponen mesin.Mengapa bukan sebagian saja ? Karena kerja komponen yang ada saling sinkron dan berantai satu sama lain.

Selama lebih dari 18 tahun kami menjadi pemasok mesin-mesin kemasan dan pengisian di Indonesia, kasus yang sama sudah berulang kali kami jumpai.
Sudut pandang bahwa membeli mesin dari luar dan impor sendiri itu mudah yang diajarkan oleh banyak perusahaan jasa impor untuk tujuan mendapatkan order, tidak jarang membuat celaka pengguna mesin.Karena mesin bukan barang seperti asesoris mobil, baju, mainan anak, dll yang cukup diimpor saja lalu dijual.Akan ada cerita berkelanjutan dari mesin ketika nantinya membutuhkan perbaikan dan perawatan.

Memang mudah impornya.Tinggal bayar dan semua proses hingga tiba di Indonesia dibantu dan tahu beres.Sesudah itu ??????????? Ketika rusak ????????

Mesin seringkali dihadapkan pada kegagalan material dan tekstur produk yang tidak sesuai.Lipatan atau kemiringan pada label, volume isi produk yang tidak stabil, plastik kemasan yang berkerut, botol yang jatuh, pengisian yang gagal, dan masih banyak lagi.Ini adalah problem-problem yang biasa terjadi dalam proses instalasi unit baru.

Tidak hanya pada mesin-mesin buatan negara-negara Asia seperti China, Korea, Jepang, dll.Mesin buatan Eropa dan Amerika pun yang pernah kami jual juga mengalami hal yang sama.
Karena ini bukan persoalan mesin atau persoalan bahan/material.Namun lebih pada setting yang harus disesuaikan di awal penggunaan.
Keduanya, antara mesin dan material harus dapat berjalan dalam sinkronisasi yang baik.

Segala kondisi bisa saja terjadi dalam proses instalasi unit baru.Tidak selalu berjalan mulus sesuai rencana.Perdagangan mesin harus selalu siap menghadapi kondisi ini guna memberikan support layanan pelanggan yang baik.

Oleh karena itu, sejak awal berdiri hingga kini CV Carmel Hill Machinery tetap konsisten dan fokus di bidang mesin kemasan dan pengisian saja.
Karena dibutuhkan keahlian untuk dapat menangani mesin.Khususnya menyangkut merubah mesin ataupun mengganti komponen yang bahkan dimulai pada saat unit mesin masih berada di workshop kami.