MESIN BERJALAN NORMAL DIMULAI DARI PROSES AWAL PEMBELIAN

MESIN BERJALAN NORMAL BUKAN DIMULAI SEJAK MENGALAMI KERUSAKAN PERTAMA

vacuum packaging machine
vacuum packaging machine

Banyak pengguna mesin berharap mesin yang dibelinya tidak buang-buang uang.Dapat berjalan normal ketika digunakan.Bisa sinkron dengan produk.Mudah dioperasikan dan mudah dalam perawatan.Mudah dan murah mendapatkan spare partnya.

Namun membeli mesin dengan cara yang salah.
Mempersoalkan hal-hal yang tidak mungkin didapat pada awal pembelian.

MASALAH 1 : LOKASI PERDAGANGAN MESIN HARUS DEKAT DENGAN LOKASI USAHA

Logikanya ketika lokasi perdagangan mesin dekat dengan lokasi usaha akan membuat mesin aman selama penggunaan.Harapan mendapatkan service dan layanan cepat dari penjual mesin karena lokasinya dekat dan satu kota.

Namun faktanya, banyak pengguna mesin yang sudah berusaha membeli mesin dari toko terdekat tidak mendapatkan garansi sesuai kebutuhan dan harapan.

Banyak toko mesin yang lokasinya dekat tidak memiliki kemampuan service yang dapat diandalkan.Teknisinya hanya status saja sebagai teknisi tapi tidak paham persoalan mesin.

Akhirnya banyak sekali mesin yang tidak dapat beroperasi lagi karena kerusakan yang tidak mampu ditangani oleh penjualnya yang satu kota tadi.

Dari pengalaman panjang menjadi pemasok mesin industri di Indonesia, kami menjumpai bahwa ini adalah masalah yang paling banyak.Jumlah mesin yang tidak dapat beroperasi normal lagi karena berpikir toko mesin yang dekat akan dapat melayani dengan baik menduduki peringkat satu terbesar yang mengakibatkan mesin tidak lagi dapat digunakan.

MASALAH 2 : BELI MESIN HARUS READY STOCK

Pada posisi kedua menjadi penyebab terbesar mesin tidak lagi dapat berjalan normal adalah asumsi bahwa membeli mesin harus ready stock.
Beberapa penipuan di perdagangan mesin akhirnya memberikan mesin yang ready stock sekalipun mesin tersebut tidak cocok untuk digunakan.Dimana ada permintaan, disitu ada pasar …. begitulah beberapa penjual mesin yang salah konsep dapat melayani pembeli yang mati-matian mencari mesin ready stock untuk jenis mesin yang harus ada banyak penyesuaian dengan produk.

Hampir semua mesin, khususnya mesin yang bekerja secara otomatis.Membutuhkan penyesuaian antara produk, bahan kemasan, dan mesin.Yang semuanya harus disesuaikan sejak awal pembelian hingga mesin sudah siap.Hampir tidak ada mesin otomatis yang tidak perlu dipersiapkan dulu dan disesuaikan dulu dengan produk.

Penyesuaian antara produk, mesin, dan bahan kemasan adalah hal penting yang akan menjamin bahwa nantinya mesin dapat berjalan dengan baik dan normal.

Mau menunggu 2-3 bulan untuk mendapatkan mesin yang benar-benar sudah disesuaikan ? atau yang penting ready stock, nanti 2-3 bulan dipakai ada masalah dan selamanya mesin tidak dapat digunakan ? Ini dilema bagi pencari mesin ready stock.

Kami menjumpai selama 18 tahun dari waktu ke waktu, bahwa 90% pembeli mesin yang mencari mesin dengan  cara ready stock untuk jenis mesin yang harus ada penyesuaian dengan produk ini menduduki peringkat kedua terbesar yang menyebabkan banyak mesin tidak lagi dapat digunakan setelah beberapa waktu, bahkan kurang dari 3 bulan.

MASALAH 3 : MESIN BUATAN LOKAL DAN IMPORT

Import disini mungkin boleh kami asumsikan sama artinya dengan buatan China.

Kami adalah pabrikasi dan importir mesin yang sekali lagi sudah banyak makan asam garam kehidupan perdagangan mesin di Indonesia.Kami sudah mengenal jenis-jenis komponen yang mana yang tersedia dan mudah diperoleh di pasaran umum dan mana yang tidak ada di Indonesia.

Dan tak jarang terhadap calon pembeli yang mempermasalahkan buatan mana ini kami menjelaskan bahwa pilih yang terbaik buat digunakan nanti.Jangan semata-mata mempermasalahkan buatan mana.
Untuk apa buatan import kalau nantinya tidak bisa digunakan ? Untuk apa buatan lokal kalau nantinya komponennya harus ada ketergantungan besar dengan pabrik mesinnya ?
Pentingkah buatan mana tersebut bagi usaha Bapak/Ibu ?? Atau lebih penting bahwa mesin yang dibeli dapat berjalan normal, komponennya mudah dan murah, servicenya mudah, umur penggunaannya panjang ???? Yang mana yang lebih penting ??

Mesin apa yang mau dibeli ?? Ada yang lokal sudah cukup baik, dan ada yang China lebih baik.Tergantung mesin apa yang mau dibeli ?

Banyak industri mesin di China adalah industri besar yang sudah puluhan tahun fokus di pembuatan mesin jenis tertentu.Bukankah mesin dari mereka bisa dipastikan jauh lebih baik daripada pembuat mesin lokal yang baru pertama kali belajar membuat mesin karena ada pesanan dari Anda ?
Atau sebaliknya, banyak pembuat mesin lokal yang justru lebih memiliki skill daripada mesin import untuk jenis-jenis mesin tertentu.Beberapa jenis mesin buatan China justru banyak bermasalah.

Oleh karena itu, ijinkan pengalaman dan jam terbang kami yang membantu memilih untuk Anda.Jangan memaksakan harus lokal atau harus import.Mesin apa dulu yang mau dibeli ?? Ada yang import jauh lebih baik dan ada yang lokal justru jauh lebih baik.

Ambil contoh satu jenis mesin, yaitu mesin pengemas sachet.Untuk produk sejenis granul dan tepung banyak mesin lokal lebih murah dan lebih baik.Tetapi mesin yang sama namun untuk produk pasta kental seperti mayonaise, lem putih, madu cair …. justru mesin lokal seringkali banyak mengalami kendala dalam pemakaiannya dibanding mesin China (import).
Banyak pabrik produsen pasta dalam kemasan sachet awalnya menggunakan mesin lokal, kini beralih ke mesin China dan mengatakan bahwa yang China lebih baik.Namun berbalik kondisinya ketika mesin sachet untuk produk kopi, gula, tepung, dll …. justru banyak yang mengatakan bahwa lokal yang baik.
Padahal masih dalam kategori mesin yang sama, yaitu mesin pengemas sachet.Belum contoh dari mesin-mesin jenis lainnya.

MASALAH 4 : BISA IMPORT SENDIRI, BELI SENDIRI SAJA DARI CHINA

Penyebab lainnya mesin tidak berjalan normal adalah sudut pandang bahwa punya uang kenapa gak import sendiri saja.Tohh banyak pelatihan impor dan jasa import yang bisa membantu.

Mau tahu kenyataannya ?? Hampir semua mesin yang dibeli sendiri dengan cara import sendiri bermasalah dalam 2 minggu pertama penggunaannya.

“Saya punya uang, saya bisa beli dan import sendiri.Saya punya kenalan importir terkenal yang sudah biasa import barang-barang dari China.Saya sudah sering import barang dari China.”

Baiklah.Cuma kalau boleh kami sedikit komentar,”Bapak/Ibu punya uang, tapi tidak punya pengetahuan dan tidak biasa bermain di industri mesin.”
Ini sumber masalahnya.

Sekedar sharing, Bp Yanuar direktur CV Carmel Hill Machinery sudah menjadi pemasok mesin kemasan dan mesin pengisian di Indonesia sejak tahun 2002.Namun baru tahun 2011 menemukan pabrik mesin di China yang tepat dan berhubungan dengan kami hingga sekarang.
Kalau membeli mesin memang mudah, tapi mengenali mesin dan mengenali pabrik mana yang mesinnya baik dan tidak …. perlu waktu yang sangat panjang.Melalui proses waktu dan proses belajar yang sangat panjang.
Apa pabrik yang saat ini berhubungan dengan kami ini 100% baik ? Tidak, kami sering harus mengingatkan kembali beberapa hal dalam setiap order yang kami buat.
Namun karena sudah berhubungan lama dan sudah saling mengenal satu sama lain, mereka mau menurut dengan permintaan dan aturan main kami.
Pabrik ini tidak berani memberikan mesin dengan program PLC diproteksi password.Mereka sudah tahu bahwa kami akan marah ketika kami menjumpai mesin yang PLC-nya diproteksi password.
Pabrik ini selalu mau mengikuti banyak aturan main yang kami tentukan sekalipun itu tidak biasa mereka lakukan pada mesin-mesin ke importir lain yang umumnya harus mengikuti standard produksi mereka.

Bagaimana anda bisa sekedar punya uang dan mampu import mendapatkan mesin seperti cara kami ?? Berapa lama dan berapa jumlah mesin yang sudah Anda beli dari pabrik di China ?? Baru membeli satu kali apakah mereka mau anda dikte ?

Inilah penyebab terbesar keempat yang membuat mesin tidak berjalan normal dan kerusakan kecil saja bisa menghabiskan banyak biaya.