Tabung udara atau tangki udara berfungsi untuk menampung udara yang bertekanan yang dihasilkan oleh kompresor sebelum disalurkan ke unit mesin yang memerlukannya.

Sebuah kompresor biasanya dilayani oleh satu atau lebih tabung udara.

Ukuran tabung udara juga disesuaikan dengan kebutuhan supply udara ke mesin yang dibutuhkan.

Hasil gambar untuk air tank

Selain berfungsi sebagai penampung udara bertekanan, tabung udara juga merupakan tempat pendinginan udara dan mencegah denyutan tekanan pada jaringan distribusi udara yang menggunakan kompresor torak.

Salah satu unit mesin yang sering menggunakan tabung udara seperti ini adalah Mesin Automatic Blow Molding atau mesin pembuat botol otomatis.

Mesin ini membutuhkan tekanan dan volume udara yang benar-benar stabil.Sehingga keberadaan tabung udara atau air tank sangat membantu proses kerjanya. 

Ada banyak sekali jenis mesin lainnya yang membutuhkan supply angin bertekanan yang stabil.Bahkan di industri menengah dan besar, hampir semua unit mesinnya menggunakan komponen-komponen yang digerakkan oleh angin bertekanan.

Peranan penting dari tabung udara atau tabung tekanan adalah untuk menampung angin bertekanan untuk didistribusikan ke mesin.Karena kompresor umumnya digerakkan oleh dinamo dan adanya getaran yang menyertai pengisian angin ke dalam tabung bawaan kompresor, seringkali tekanan yang dikeluarkan ada gangguan dalam hal kestabilan.

Oleh karena itu pada mesin industri yang membutuhkan tekanan angin yang selalu stabil, diperlukan kehadiran tabung udara bertekanan tersebut.

spesialis mesin kemasan dan pengisian

Hits: 679

error: Content is protected !!