Bagi sebagian besar pengguna mesin merek Carmel dan merek Mesin77 sudah terbiasa melihat mesin-mesin yang panelnya disajikan dalam bahasa Indonesia.Umumnya mesin-mesin yang menggunakan panel layar sentuh.

Mengapa ? Mesin-mesin merek Carmel dan Mesin77 digunakan di seluruh Indonesia.Dengan berbagai skill operator yang mengoperasikannya.Baik yang pernah belajar bahasa Inggris maupun yang sama sekali tidak mengenal bahasa asing.
Bagi yang mengenal bahasa Inggris mungkin tidak menjadi masalah besar mengoperasikan mesin dengan panel layar sentuh dalam bahasa Inggris.Tetapi bagaimana dengan operator yang bahkan tidak pernah menyentuh bahasa Inggris sama sekali ?

Karena itulah kami sediakan dalam bahasa Indonesia agar operator nyaman dalam mengoperasikan mesin.

Ada kompetitor kami yang pernah mengatakan cuma keren-kerenan aja.
Yahhh, namanya orang gak bisa lalu iri hati pasti bisa bicara apa saja.
Tetapi ada satu kisah nyata begini :
Sebuah mesin memberikan peringatan bahwa angin kompresor kurang dengan kalimat : “Air Compressor is low”
Berhubung sang operator tidak bisa bahasa Inggris, kata-kata itu diabaikan begitu saja.Dan mesin terus dilanjutkan berjalan.Hingga suatu hari tiba-tiba mesin macet total.

Ternyata pabrik pembuat mesin itu memberikan peringatan “Air compressor low” itu sebagai indikator bahwa ngin kompresor yang masuk ke mesin kurang.Dan karena dilanjutkan terus bekerja hanya karena operator tidak tahu arti “Air compressor low” maka pisau mesin terbentur dengan mould dan patah.Mesin akhirnya macet tidak bisa bekerja.
Dan harus mengganti pisau seharga 12 juta rupiah.

Ada yang masih mau bilang perubahan ke Bahasa Indonesia ini cuma keren-kerenan dari mesin merek Carmel dan merek Mesin77 ??

error: Content is protected !!