Di jaman modern seperti sekarang ini, pabrik Air Minum Dalam Kemasan ( AMDK ) menjadi salah satu industri yang menjadi primadona. Modal yang dibutuhkan juga tidak terlalu besar, Return Of Investment ( ROI ) nya yang cukup tinggi dan disertai dengan waktu Break even Point ( BEP ) yang cukup singkat membuat bisnis ini banyak diminati oleh para pelaku bisnis.

AMDK / Air Minum Dalam Kemasan adalah air yang diolah dengan menggunakan teknologi filtrasi tertentu, yang kemudian dikemas dalam bentuk gelas 100-240 ml, botol 330 ml, botol 600 ml, botol 1500 ml dan galon 19 liter. 
Bahkan terbaru ini menjadi tren kemasan galon 5 liter dan 6 liter.

Berbagai jenis pabrik AMDK bermunculan, mulai dari skala kecil hingga skala besar untuk memenuhi kebutuhan air yang layak dikonsumsi. Sebelum munculnya air minum dalam kemasan, masyarakat masih mengolahnya sendiri dengan memasaknya terlebih dahulu untuk membunuh bakteri / virus yang terkandung dalam air.

Ada 5 jenis air kemasan:

  1. Air Mineral / Air yang memiliki kandungan mineral secara alami / buatan
  2. Air Minum Embun / Proses penguapan dan kemudian di kondensasi menjadi air
  3. Air Minum Demineral / Air minum yang mengandung sedikit sekali mineral
  4. Air Mineral Alami / Pembuatan air mineral pada air minum yang berasal dari alam
  5. Air Minum dengan kondisi khusus / dibuat dengan kondisi khusus untuk menarik minat konsumen

Sumber bahan baku yang akan diolah menjadi air minum kemasan hendaklah dipilih dari kualitas terbaik dan kapasitas yang mencukupi. Dan agar sebuah pabrik dapat berjalan dengan baik, semua proses produksi harus dikontrol dengan baik dan dibuatkan sebuah SOP ( Standar Operation Procedure ), antara lain :

  1. Proses Filtrasi / proses awal dimana air harus dilakukan filtrasi agar kotoran ddan kontaminan terbuang dari dalam air.
  2. Proses Sterilisasi Awal / untuk membunuh bakteri yang ada di dalam air.
  3. Proses Sterilisasi Lanjutan / proses pembunuhan bakteri dalam air.
  4. Proses Pengadukan / menggunakan agitator (tangki pengadukan) jika ingin menambahkan beberapa mineral atau perasa lainnya.
  5. Proses Pengisian 
  6. Proses Pemberian Label / diberi segel dengan menggunakan stiker, bisa dengan cara manual atau automatic.
  7. Proses Pemberian Expired Date / agar konsumen mengetahui jangka waktu kadaluarsa produk.
  8. Proses Pengepakan / dimasukkan ke dalam kardus atau media pembungkus lainnya dan disegel.
  9. Proses Penyimpanan 

MENGENAL MESIN-MESIN KEMASAN DAN PENGISIAN UNTUK PABRIK AIR MINUM DALAM KEMASAN (AMDK)

Mesin kemasan dan pengisian untuk pabrik air minum kemasan atau AMDK yang paling umum dibagi menjadi 3 besar, yaitu :
Mesin Cup Sealer untuk pengisian dan kemasan gelas / cup
Mesin Cuci Isi Tutup Botol
Mesin Cuci Isi Tutup Galon

Proses pencuci plus pengisi plus penutup adalah proses yang menjadi tuntutan higienisasi.Kemasan galo atau botol seringkali dikemas oleh pabrik botol dan pabrik galon dalam kondisi terbuka.Sehingga dikuatirkan adanya debu-debu yang menempel mengingat sifat plastik yang bisa menjadi magnet statis.

Sedangkan kemasan cup umumnya tidak memerlukan pencucian karena standard distribusinya menggunakan plastik kemasan isi 50 cup per slop.Ketika menempatkan cup di Feeding Mesin cup sealer juga direkomendasikan operator tidak menyentuh cup.Cukup buka ujung bawah kemasan slop-nya dan cup ditempatkan di selongsong feeder mesin cup sealer sambil menarik / melepas plastik slop keatas.

MESIN CUP SEALER

Mesin cup sealer yang umum digunakan adalah mulai 2 line dengan kapasitas 2500 cup per jam, 4 line dengan kapasitas 5000 cup per jam, 8 line dengan kapasitas 9600 cup per jam, dan 16 line dengan 18.000 cup per jam.

Ini adalah kapasitas dari mesin cup sealer merek Mesin 77.Tidak berlaku untuk mesin cup sealer merek lain.

MESIN CUCI ISI TUTUP BOTOL

Mesin cuci isi tutup botol memiliki lebih banyak pilihan lagi.Ada mulai kapasias 2000 botol per jam, 3000 botol per jam, 5000 botol per jam, 10.000 botol per jam, 24.000 bool per jam, hingga 36.000 botol per jam.

MESIN CUCI ISI TUTUP GALON

Sedangkan mesin cuci isi tutup galon tersedia pilihan mulai 80 galon per jam, 200 galon per jam, 400 galon per jam, 600 galon per jam,dan 900 galon per jam.

Hits: 25

error: Content is protected !!