Seperti yang pernah diuraikan di artikel sebelum-sebelumnya, mesin continuous sealer merupakan salah satu mesin sealer yang cukup populer di Indonesia.

Tidak hanya tersedia dalam banyak type dan puluhan pilihan harga.Namun juga kualitas yang masih sering kabur di mata calon penggunanya.

Akhirnya banyak juga kisah sedih pengguna mesin continuous sealer yang harus gigit jari ketika mengetahui mesin yang dibelinya tidak lagi dapat digunakan.

Kerugian pun tidak sekedar membuang uang membeli mesin, namun juga kehilangan pelanggan akibat kapasitas produksi yang dijanjikan terhambat karena adanya masalah pada mesin.

Oleh karena itu, menjadi wajib hukumnya bagi siapa saja yang mumpung belum memutuskan untuk membeli merek tertentu.Untuk mengenal dan memahami hal-hal sederhana yang menjadi ciri khas mesin continuous sealer yang berkualitas.

Kualitas bagus bukan seperti yang dikatakan penjual mesinnya.Karena semua penjual mesin pasti mengatakan bahwa mesinnya yang terbaik, yang nomor satu, bla bla bla,dst.

Tetapi kualitas bagus yang didasarkan oleh pengetahuan yang Anda miliki sebelum membeli.

Apa saja itu ?

Sebelum melangkah lebih jauh, ada satu kata sepakat yang wajib juga dipahami bersama.Mesin adalah sebuah barang teknik.Termasuk mesin continuous sealer.

Perlakukan sebagai barang teknik.Jangan membeli mesin tetapi memperlakukan mesin seperti makanan, dompet, makanan, hewan piaraan, dll.

Karena sebuah barang teknik, mesin terdiri dari komponen-komponen teknik.Ada komponen mekanik, ada komponen listrik, dan ada komponen elektronika.

Menurut definisi di Wikipedia, Mesin adalah suatu alat atau peralatan yang cara kerjanya didasarkan kepada perubahan dua bentuk energi pada suatu sistem tertentu.

Dihubungkan dengan mesin continuous sealer, berarti continuous band sealer adalah suatu alat atau peralatan yang kerjanya didasarkan kepada perubahan bentuk energi listrik dan elektronika untuk menggerakkan komponen mekanik pada suatu sistem sealer.

Ini menurut Wikipedia. Bagaimana menurut kita ?

Seharusnya sama.Ini adalah dasar penting sebelum membeli mesin continuous sealer yang berkualitas baik.Kualitas baik karena komponennya baik.Kualitas buruk karena komponennya buruk.

Jadi baik buruknya mesin berasal dari komponen yang digunakan oleh mesin tersebut.

Kami memiliki sebuah gambar pembanding dibawah ini antara mesin continuous sealer merek MESIN77 dan merek-merek lainnya yang banyak beredar di pasaran di Indonesia :

sealer-ban-berjalan
merek MESIN77
mesin continuous sealer
merek lain yang masih agak lumayan.
mesin continuous sealer
merek lain

Tanpa kami banyak menjelaskan, Anda perhatikan dan bandingkan sendiri kedua foto komponen di bagian dalam mesin continuous sealer berbeda merek tersebut.

Kami tidak perlu bertanya kepada Anda mana yang bagus? Betul ??

100% kami yakin bahwa hati nurani Anda sudah berbicara kepada pikiran Anda dan sudah memilih mana yang bagus.

Dari sini nampak jelas bahwa kita dengan pengetahuan yang awam sekalipun tentang mesin, kita sudah bisa mengenali menggunakan insting yang kita miliki mana bagus dan mana tidak.Mana berkualitas dan mana tidak.

Dengan insting inilah, kami mencoba memaparkan :

5 Hal yang wajib diketahui sebelum membeli Mesin Continuous Sealer.

Bukan dengan apa kata penjual.Tetapi apa kata insting Anda sendiri.

BODY MESIN CONTINUOUS SEALER

Yang nampak jelas dari luar tanpa harus cek apapun adalah Body mesin.Bagian ini langsung bisa dilihat dengan mata telanjang tanpa pengetahuan teknis sekalipun.

Sama seperti kata pepatah “Jatuh cinta pada pandangan pertama” …. atau “dari luar masuk ke dalam”.Maka body adalah kulit terluar dari mesin continuous sealer yang berbicara kepada kita bahwa mesin ini bagus atau tidak.

Umumnya di pasaran di Indonesia ada mesin continuous sealer dengan body plat besi di coating atau diwarna atau di cat.Ada pula yang body terbuat dari Stainless Steel.

Bagus mana Plast Besi di Cat dan Stainless Steel ?? Coba tanyakan kembali kepada insting Anda.

TOMBOL MESIN CONTINUOUS SEALER

Yang kedua yang juga masih kelihatan dari luar mesin adalah Tombolnya.

Berbeda dengan body, melihat tombol insting kita mungkin bisa jadi salah memilih.Karena tombol bentuk dan warnanya mirip-mirip.

Ok, tidak apa.Dari sekian banyak tombol yang ada di mesin continuous sealer, cukup 1 saja yang kita lihat.Karena ini yang harganya paling mahal kalau nantinya rusakdan perlu ganti baru.

Yaitu Temperature Controlnya.
Temperature Control adalah komponen yang digunakan untuk mengatur suhu pemanas.

Biasanya kita cenderung tergiur dengan Temperature Control yang Digital.Ada tampilan angkanya seperti jam digital.

Tahukah kita ??? bahwa temperature control model digital ini lebih rentan rusak daripada model yang diputar manual ?
Dan kalau rusak, harga penggantinya umumnya diantara 650 ribu sampai 750 ribu rupiah.

Sedangkan temperature control manual yang diputar, harga penggantinya antara 200 ribu sampai 350 ribu rupiah.

Mesin continuous sealerhanya menggunakan temperature control ini sekali saja ketika awal instalasi pemakaian.Setelah setting suhu diperoleh, temperature control ini tidakdi setting-setting lagi.

Tombol digital tadi tidak dipakai lagi. Tetapi kalau rusak, harganya lebih mahal. Bisa coba cek sendiri di Shopee atau Tokopedia.

Jangan percaya kalau di youtube ada yang bilang yang digital itu canggih.
Kecanggihan itu tidak diperlukan lagi setelah setting suhu diperoleh.

KOMPONEN PEMANAS + PENGERING + PENGEPRES

Fungsi ketiganya pada mesin continuous sealer adalah untuk proses sealer yang baik.

Adanya ketika proses inilah yang akhirnya membuat mesin continuous sealer disebut sebagai yang terbaik diantara alat sealer jenis lainnya yang umumnya hanya ada pengepresan dan pemanasan saja.

Pemanasan dan pengepresan adalah hal biasa pada semua jenis meisn sealer.Semua mesin atau alat sealer memiliki fungsi ini.

Yang menjadi nilai tambah bagi continuous sealer adalah adanya pengeringan.

Pada proses pengeringan inilah sebenarnya kerapian hasilsealer terbentuk.

Tetapi sampai detik ini sangat jarang sekali penjual mesin continuous sealer sendiri peranan utama dari pengeringan.

Kalau ditanya calon konsumennya,jawaban paling umum adalah untuk mengeringkan hasil sealer dari pemanasan agar siap di press.

Tidak salah jawaban itu.Di tutorial youtube pun tentang “Tips memilih mesin continuous sealer terbaik” dengan segala penjelasan panjang lebarnya juga masih berkutat menjelaskan seperti itu.

Namun saat ini Anda berada di portal online milik MESIN 77.Spesialis dan ahlinya mesin kemasan.Tentu jawaban seperti itu terlalu umum.Dan belum menyentuh fungsi utama.

Fungsi utamanya adalah untuk merapikan hasil sealer.Kalau hasil sealer mesin continuous sealer Anda tidak atau kurang rapi, bukan pemanas dan pengepresan yang diutak-atik.

Tapi bagian pengering inilah yang harus diutak-ataik.Disinilah penyebab banyak teknisi mesin yang gagal menghadapi problem tebal tipisnya plastik.

Karena yang berusaha mereka perbaiki adalah setting suhu dan pengepresannya saja.

Dengan mengetahui hal ini, diharapkan insting Anda untuk memilih mesin terbaik semakin terbuka.

Kini kita telah masuk sedikit ke dalam bagian mesin continuous sealer.Melihat peranan pengering.

KEMUDAHAN PENGGANTIAN TEFLON BELT MESIN CONTINUOUS BAND SEALER

Komponen teflon belt atau belt yang mengitari pemanas adalah komponen yang akan paling sering diganti selama menggunakan mesin continuous sealer.

Karena sifat komponen ini memang habis pakai.Seperti ban pada mobil.

Memang ada masanya harus ganti.

Nahh,sebagian besar mesin continuous sealertidak memiliki pengunci adjusting block yang menarik Teflon belt tersebut.

Sehingga ketika melakukan penggantian teflon belt seringkali membutuhkan waktu lebih lama karena harus setting ulang lagi jalannya belt.

Berbeda dengan Mesin continuous sealer merek MESIN 77 yang memiliki pengunci adjusting block.Penggantian teflon belt cukup menekan pengunci ini saja.

Lalu lepas teflon belt yang rusak dan pasang penggantinya.Selesai … dan mesin langsung bisa dioperasikan lagi.

Cara penggantian semudah ini tersedia di Member Area Mesin Continuous Sealer MESIN77 yang bisa diakses oleh Anda yang menggunakan mesin merek MESIN77.

KOMPONEN DALAM MESIN CONTINUOUS SEALER

Dan yang terakhir dan boleh dibilang paling penting adalah komponen bagian dalam mesin continuous sealer.

Bagus atau tidaknya mesin berawal dari komponen yang digunakannya.

Tidak ada mesin dengan deretan komponen yang asal pasang asal jadi, lalu di blow up dengan bahasa sales menjadi mesin yang bagus serta merta membuat dia menjadi mesin continuous sealer yang bagus.

Point ini sempat disinggung sedikit dibagian awal tulisan ini melalui gambar pembanding antara mesin continuous sealer merek MESIN77 dan beberapa merek lain.

Point ke 5 dari Hal yang Wajib diketahui dari mesin continuous sealer ini hanya akan menambahkan 1 kalimat penutup saja :


Kompleksitas komponen dari gambar komponen bagian dalam mesin merek MESIN77 menunjukkan juga bahwa mesin ini dibuat dengan serius dan bukan asal jadi, asal murah, asal laku.

Mulai dari pengkabelan yang sesuai standard keamanan kelistrikan mesin hingga komponen mekaniknya yang tersusun dalam jumlah dan fungsi yang saling bersinergi.

Fitur dan Spesifikasi Detaildari mesin continuous sealer merek MESIN77 bisa dilihat disini !!

atau mau berkomunikasi langsung dengan team kami, silahkan Klik Tombol Chat Whatsapp dibawah ini :

Baca juga :
Mudahnya sealer kemasan dengan Mesin Continuous Sealer – Alat Sealer dengan Ban Berjalan / Konveyor

Hits: 26

error: Content is protected !!
WeCreativez WhatsApp Support
Team Support kami siap melayani sepenuh hati