Mngenal Mistar Baja

Mistar baja sering kita jumpai di bengkel-bengkel mesin. Tak hanya itu anak sekolahpun biasanya memakai alat ini untuk penggaris. Selain kuat dan tidak mudah patah, keawetannya pun tahan lama karena terbuat dari baja. Teknisi biasanya memakai alat ini hanya untuk penggunaan yang tidak membutuhkan presisi tinggi. Mistar baja adalah alat ukur dasar pada bengkel kerja mesin. Alat ukur ini dapat dikatakan alat ukur yang kurang presisi, karena ia hanya melakukan pengukuran paling kecil sebesar 0,5 mm tidak dapat dilayani oleh mistar baja. Dengan demikian alat ukur ini tidak dapat digunakan untuk melakukan pengukuran sampai seperseratus milimeter (0,01 mm). Jenis mistar baja yang dipakai pada bengkel kerja mesin mempunyai ukuran yang berbeda-beda, tetapi pada umumnya panjang mistar baja adalah 150 mm sampai 300 mm, dengan skala ukur terdiri dari satuan setengah milimeter dan satuan satu milimeter.

Hasil gambar untuk mistar baja

Dalam bengkel kerja mesin mistar baja ada dua sistem, yaitu sistem metrik dan sistem imperial. Pada sistem imperial untuk satuannya dinyatakan dengan inchi, sedangkan pada sistem metrik satuan dinyatakan dengan milimeter

Mistar baja sistem imperial mempunyai ketelitian dari 1/8 inchi,  1/16 inchi, 1/32 inchi dan 1/64 inchi. Dalam bengkel kerja bangku  dan kerja mesin biasanya hanya terdapat sampai ketelitian 1/32  inchi.