Buka Pabrik Air Minum - Mesin Kemasan Apa Saja yang Wajib Ada ?

Ada rencana bikin pabrik air minum dalam kemasan atau AMDK ?

Di negara kita sudah biasa dikenal kemasan air minum dalam 3 bentuk.Yaitu kemasan cup atau gelas plastik, kemasan botol, dan kemasan galon

Hampir setiap pabrik air minum kemasan atau AMDK yang sudah berjalan saat ini memiliki ketiga jenis kemasan tersebut.Baik kemasan cup atau gelas, kemasan botol, dan kemasan galon.

Mangapa harus ada ketiga produk dengan kemasan yang berbeda ini ? Yang paling umum dibicarakan adalah masalah margin dan masalah kecepatan penetrasi pasar.

Dalam berbagai kesempatan berkomunikasi dengan para pengusaha air minum dalam kemasan, baik yang hendak membeli unit meisn kami maupun yang dalam tahap pencarian dan pertimbangan pembelian unit mesin, kami sering bercengkrama dengan kalimat demikian : Botol dan galon itu buat cari duit, gelas itu buat penetrasi pasar.

Tidak salah alias benar.Sebuah pabrik air minum yang hanya memiliki kemasan botol dan galon, setiap penjualan pasti bisa meraup keuntungan.Tetapi karena tidak punya produk dalam kemasan cup, mereknya tidak begitu dikenal.Penetrasi pasarnya sangat lambat.Tidak banyak yang mau pakai produk air minumnya sekalipun sudah promosi kemana-mana, karena mereknya kurang dikenal.

Sebaliknya yang hanya produksi kemasan cup saja, begitu cepat produknya dikenal oleh masyarakat luas.Tetapi keuangan perusahaan merugi terus karena ada kalanya kemasan cup harus dijual dengan keuntungan sangat tipis demi bisa bersaing harga dengan merek lain.

Inilah alasan klasik yang sudah banyak diceritakan oleh pengusaha yang bergerak di bidang usaha air minum kemasan.Akhirnya, ketiga bentuk kemasan harus ada.Dan wajib hukumnya memiliki ketiga jenis mesin :
1. Mesin Pengisian dan Kemasan Cup / Gelas
2. Mesin Pengisian dan Kemasan Botol
3. Mesin Pengisian dan Kemasan Galon

 

 

MESIN KEMASAN CUP / GELAS PLASTIK

 

Sebuah tantangan siPilihan Seperti yang diceritakan sebelumnya, kemasan cup atau gelas plastik berperan penting dalam penetrasi pasar.Hampir setiap usaha air minum tentu wajib memproduksi air minum dalam kemasan cup.

Unit mesin yang paling dibutuhkan adalah Mesin Cup Sealer.Atau dalam bahasa aslinya disebut sebagai Cup Filling and Sealing Machine.

Mesin cup sealer yang bagaimana ? Tentu karena kita berbicara tentang pabrik air minum yang digunakan adalah yang jenis otomatis.

Mulai dari tumpukan gelas kosong diletakkan di mesin hingga keluar dari mesin dalam bentuk cup yang sudah terisi produk dan sudah ditutup.Siap masuk kemasan kardus.

Pilihan mesin kemasan cup atau mesin cup sealer yang umum digunakan terdiri dari :

1. Mesin Cup Sealer 2 Line dengan kapasitas 2500 gelas per jam.

2. Mesin Cup Sealer 4 Line dengan kapasitas 5000 gelas per jam

3. Mesin Cup Sealer 8 Line dengan kapasitas 9600 gelas per jam

4. Mesin Cup Sealer 16 Line dengan kapasitas 18.000 gelas per jam 

Kami di CV Carmel Hill Machinery karena alasan teknis dan kemudahan maintenance, perbaikan, penggantian spare part, dan akurasi mesin …. hanya menjual unit mesin cup sealer dengan model pneumatic.

Memilih hanya menjual yang model pneumatic dan tidak menyediakan model mekanik memang memberikan tantangan tersendiri bagi kami.Sebagian besar calon pembeli yang mengutamakan harga dan tidak melihat sisi-sisi lain dari sebuah unit mesin, jarang sekali yang berminat dengan model pneumatic.Umumnya hanya calon pembeli yang memiliki pengetahuan teknikal lebih atau yang sebelumnya sudah berpengalaman menggunakan model mekanik, yang akhirnya memutuskan membeli dari kami.

Sebuah tantangan yang tentu tidak mudah.Namun memang kami sendiri yang memilih untuk tidak semata-mata menjual mesin dan dapat uang.Sehingga kami hanya menyediakan yang model pneumatic dengan akurasi tinggi dan life time mesin lebih baik.

Baca juga : Mesin Cup Sealer Mekanik VS Pneumatic

 

Mesin Pengisian dan Kemasan Botol

Mesin Kemasan Air Minum yang kedua adalah kemasan botol.Dengan kemasan botol, sebuah pabrik air minum kemasan dapat melayani pasar yang luas.

Kelebihan kemasan botol adalah distribusinya yang mudah.Bahkan saat ini sudah menjadi tren kemasan luar botol tidak lagi menggunakan kardus / karton box, tetapi menggunakan plastik LDPE Shrink untuk menghemat biaya kemasan.
Ini semakin memudahkan kemasan botol dalam proses distribusi dan pengangkutan.

Butuh Mesin Pembungkus Botol dengan LDPE Shrink ? Klik Disini !!

 Terdapat berbagai pilihan mesin kemasan botol yang lebih banyak daripada pilihan mesin untuk kemasan cup gelas plastik.
Selain menyangkut kapasitas mesin, mesin kemasan botol juga dibedakan berdasarkan jenis tutup botol yang digunakan.Tutup short neck atau long neck dan diameter tutup botol.

Sehingga jarang sekali mesin ini tersedia dalam kondisi ready stock.Kalaupun ada, mesin harus ketemu dengan calon pembeli yang kebutuhannya sesuai.

Yang paling banyak digunakan adalah seri CHM 8-8-3 dengan kapasitas 2000 botol per jam.Type ini adalah type terkecil dari model Rotary Monoblok yang merupakan standard kemasan botol industri AMDK.

Diatasnya lagi tersedia seri CHM 14-12-6 dengan kapasitas 3000 botol per jam, CHM 18-18-6 dengan kapasitas 6000 botol per jam, hingga yang terbesar adalah seri CHM 80-80-15 dengan kapasitas 40.000 botol per jam.

 

Mesin Pengisian dan Kemasan Galon

Mesin Air yang berikutnya yang sebetulnya boleh ada, boleh juga tidak adalah mesin pengisian dan kemasan galon.Di awal artikel ini dijelaskan bahwa pabrik air sebaiknya memproduksi ketiga bentuk kemasan, yaitu gelas, botol, dan galon.Namun sekarang dikatakan bahwa kemasan galon boleh ada dan boleh juga tidak.

Mengapa dikatakan demikian ? Kemasan Galon seringkali diperlakukan sebagai kemasan sekunder, yang kalaupun tidak membuat kemasan galon pabrik air tetap bisa beroperasi dengan baik.Kebutuhan untuk penetrasi pasar sudah didapat dari kemasan cup.Dan kebutuhan untuk mendapatkan laba sudah diperoleh dari kemasan botol.

Jadi kemasan galon kami katakan bahwa boleh ada dan boleh tidak.

Namun ada akan jauh lebih baik.Dalam arti sudah produksi air, mengapa tidak sekalian ? Hanya ada perbedaan di awal ketika investasi pembelian mesin pengisian dan kemasan saja.Mesin pengisian dan kemasannya juga dalam satu rangkaian unit.Tidak perlu membeli mesin pengisian galon sendiri dan mesin kemasan galon-nya sendiri.Unit filtrasi air tidak perlu menambah lagi kecuali kapasitasnya memang tidak mencukupi.

Sudah produksi kemasan gelas dan botol, nambah sedikit sudah bisa produksi galon juga.Mengapa tidak sekalian ? Itulah yang kami maksudkan dalam penjelasan di awal artikel ini.

Mesin pengisian dan kemasan galon umumnya dibuat dalam rangkaian kerja otomatis mulai mencuci galon, mengisi galon, dan menutup galon.

Terdapat berbagai pilihan kapasitas produksi yang umumnya dikenal dengan sebutan 1 line, 2 line 3 line, 4 line, 5 line, dan yang paling besar adalah 7 line.Variasi ini menentukan kecepatan kerja mesin.

Tonton video dibawah ini ! Ini adalah salah satu jenis mesin pencuci pengisi penutup galon otomatis. 

 

Mesin-mesin Pendukung

aiatas sudah dibahas mengenai 3 jenis mesin utama dalam pengisian dan kemasan di industri air minum.

Saat ini kita akan masuk ke mesin-mesin pendukung.Sesuai namanya, mesin pendukung ini membantu dalam beberapa hal berikut :

1. Otomatisasi pabrik.Mengurangi tenaga manusia dalam pengoperasian mesin.Tenaga manusia dapat dialihkan untuk hal lain.
2. Mengurangi cost produksi.Membuat keseluruhan produksi menjadi lebih hemat dan lebih cepat, proses distribusi yang lebih mudah, dll.
3. Memudahkan alur kerja di pabrik.

Maksudnya apa ? Dengan 3 mesin utama yang sudah ada, kita sudah bisa membuat pabrik air minum yang mampu beroperasi.
Namun dengan adanya mesin pendukung, kita akan mampu membuat pabrik air minum yang memiliki kekuatan tersendiri dalam persaingan.

Apa saja Mesin Pendukung Pabrik Air Minum ?

Yang pertama dan paling banyak digemari adalah Konveyor.
Yahh betul, konveyor merupakan mesin untuk mentransfer atau memindahkan kemasan produk dari satu titik ke titik lainnya.Perpindahan ini tentu dibuat agar tugas operator dan proses produksi semakin lancar dan aman.

Yang kedua adalah Mesin Blow Molding Botol dan Mesin Blow Molding Galon
Mesin Blow Molding berfungsi untuk membuat atau memproduksi botol atau galon.Dengan produk botol sendiri atau produksi galon sendiri, kendala klasik yang sudah menjadi lingkaran setan pabrik air minum yaitu Biaya kirim bahan baku menjadi berkurang drastis.Hemat polll ….. mesin pendukung yang satu ini telah terbukti amat sangat membantu sekali dalam penghematan biaya secara signifikan.Benar-benar terasa hasil dari penghematannya.

Yang ketiga adalah Mesin Carton Sealer
Mesin Carton Sealer berfungsi untuk memasang lakban atau isolasi pada kardus.Manfaat yang didapat adalah penggunaan lakban yang dapat dihitung dan proses pengepakan kardus lebih terkendali dan lebih cepat.
Perbedaan penghematan biaya penggunaan lakban atau isolasi yang dapat dilakukan oleh mesin carton sealer umumnya BEP dalam 4 sampai dengan 5 bulan.

Yang keempat adalah Mesin Shrink Bundling untuk Kemasan Bundle Botol
Mesin shrink bundling digunakan untuk membungkus botol dalam kemasan ikat.Sebuah plastik shrink digunakan untuk mengikat beberapa botol menjadi satu kesatuan.Umumnya adalah 6 botol atau 12 botol menjadi satu.Nilai tambah mesin ini adalah penghematan yang dilakukan dibanding menggunakan kemasan kardus / karton box.Harga plastik untuk mengikat 6 buah botol dibanding harga kardus seukuran 6 buah botol bisa 6 kali lebih murah dan lebih hemat.

Yang kelima adalah air compressor.
Air compressor adalah kebutuhan unit mesin utama yang harus ada.Jadi bisa membantu penghemanat ataupun tidak, air compressor wajib dibeli.Hampir semua unit mesin kemasan cup, botol, dan galon membutuhkan keberadaan air compressor untuk penggunaannya.

 

error: Content is protected !!